Manajemen Humas Rebranding Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) ‘Aisyiyah Yogyakarta Menjadi Universitas ‘Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta

Medi Trilaksono Dwi Abadi, Sinta Maharani

Abstract


Brand atau merek adalah serangkaian entitas yang bisa dilihat dan tidak terlihat yang diatur tata kelolanya untuk membangun identitas dan reputasi terkait produk, jasa, seseorang, serta organisasi yang khas dan mudah dikenali dalam benak pikiran terdalam seseorang. Rebranding adalah proses pengaturan ulang entitas merek yang sudah ada menjadi bertambah dan atau berkurang elemen-elemennya bertujuan untuk meningkatkan daya saing pasar yang ketat. Kajian studi pustaka tentang rebranding organisasi memberikan wawasan bahwa kesuksesan rebranding dipengaruhi oleh perilaku personil internal organisasi terhadap berbagai elemen-elemen yang diatur ulang, dan dipengaruhi juga oleh peran pemangku kepentingan eksternal dalam merespon positif program rebranding organisasi tersebut. Personil internal organisasi menjadi aktor utama yang merepresentasikan nilai-nilai entitas merek termasuk janji utama organisasi yang tersusun dalam visi organisasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami tahapan-tahapan yang dilakukan untuk pelaksanaan rebranding dan dampak rebranding terhadap organisasi. Pengumpulan data dilakukan dengan pendekatan studi kasus dan wawancara mendalam terstruktur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keputusan untuk rebranding atau merubah nilai-nilai entitas merek organisasi dipicu oleh perubahan bentuk organisasi yang sekaligus merubah tatanan struktural. Perubahan tersebut memiliki pengaruh mendasar pada identitas organisasi dan strategi inti dalam menjalankan tugasnya. Rebranding STIKes ‘Aisyiyah Yogyakarta (SAY) menjadi Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta (UNISA) berpengaruh pada jumlah mahasiswa baru yang diterima dan nilai-nilai dasar organisasi sehingga terbentuklah penciri baru bagi organisasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah rebranding organisasi bisa sukses terlaksana jika dilakukan dengan hati-hati, terstruktur, dan terukur dengan dukungan penuh dari para aktor penentu kebijakan serta kepedulian personil internal organisasi.

Keywords


corporate rebranding, manajemen humas, peran humas, ekuitas merek, citra merek

References


Abrudan, M. (2009). Research Methods in Communication Sciences. Studia Universitatis Babes-Bolyai - Ephemerides, 54(1), 117–142.

Beresford, S., & Schwarz, A. (2014). Managing public relations. In Entertainment Management: Towards Best Practice (pp. 60–76). https://doi.org/10.2307/j.ctv5jxpgx.10

Broom, G. M., & Sha, B.-L. (, 2013). Cutlip & Center’s Effective Public Relations - Eleventh Edition.

Depag, R. (2007). Alquran pdf terjemahan. Al-Qur’an Terjemahan, 1–1100.

Flecknoe, S. J., Choate, J. K., Davis, E. A., Hodgson, Y. M., & Johanesen, P. A. (2017). Redefining academic identity in an evolving higher education landscape. Journal of University Teaching and Learning Practice, 14(2).

Goi, C., & Goi, M.-T. (, 2011). Review of Models and Reasons for Rebranding. International Conference on Social Science and Humanity, 5, 445–449. http://www.ipedr.com/vol5/no2/99-H10243.pdf

Keller, K. L. (2007). Marketing Management - 12. vydání. January 2006, 1–5. http://books.google.cz/books?id=pkWsyjLsfGgC

Miller, D., Merrilees, B., & Yakimova, R. (2014a). Corporate rebranding: An integrative review of major enablers and barriers to the rebranding process. International Journal of Management Reviews, 16(3), 265–289. https://doi.org/10.1111/ijmr.12020

Miller, D., Merrilees, B., & Yakimova, R. (2014b). Corporate rebranding: An integrative review of major enablers and barriers to the rebranding process. International Journal of Management Reviews, 16(3), 265–289. https://doi.org/10.1111/ijmr.12020

Muzellec, L., & Lambkin, M. (2008). Corporate rebranding and the implications for brand architecture management: The case of Guinness (Diageo) Ireland. Journal of Strategic Marketing, 16(4), 283–299. https://doi.org/10.1080/09652540802264124

Nicoli Nicholas and Marcos Komodromos. (, 2013). Principles and Practice of Public Relations. In Practice.

Paasi, A. (2018). Borderless worlds and beyond: Challenging the state-centric cartographies. Borderless Worlds for Whom?: Ethics, Moralities and Mobilities, January, 21–36. https://doi.org/10.4324/9780429427817-2

Prayudi. (2019). Public Relations Stratejik. In Komunikasi UPN Press (Vol. 80, Issue 20).

Rakhmat, J. (2004). Metode penelitian komunikasi. In International Journal of Adolescence and Youth (Vol. 3, Issue 1). http://dx.doi.org/10.1016/j.appdev.2016.03.001%250Ahttps://www.bertelsmann-stiftung.de/fileadmin/files/BSt/Publikationen/GrauePublikationen/MT_Globalization_Report_2018.pdf%250Ahttp://eprints.lse.ac.uk/43447/1/India_globalisation%252C society and inequality

Sharma, S. K., Palvia, S. C. J., & Kumar, K. (2017). Changing the landscape of higher education: From standardized learning to customized learning. Journal of Information Technology Case and Application Research, 19(2), 75–80. https://doi.org/10.1080/15228053.2017.1345214




DOI: https://doi.org/10.21107/ilkom.v15i1.10049

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Medi Trilaksono Dwi Abadi, M.A., Sinta Maharani, S.Sos

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Indexed by: