Resistensi Perempuan Tandhak Madura: Berjuang dari Dalam

Farida Nurul Rahmawati, Emy Susanti, Pinky Saptandari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis resistensi perempuan tandhak Madura melalui pengalaman komunikasi di tengah relasi kuasa yang terjadi atas nama tubuhnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif denagn pendekatan Etnografi Feminis. Selain itu, teknik penelitian yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi literatur. Hasil penelitian terhadap pengalaman komunikasi perempuan tandhak Madura di tengah relasi kuasa yang terjadi atas nama tubuhnya menunjukkan adanya resistensi yang dilakukan oleh perempuan tandhak Madura baik di lingkungan privat maupun publik. Resistensi yang dilakukan dalam bentuk umpatan dalam hati yang tidak ditunjukkan atau diketahui orang lain, penolakan yang ditunjukkan melalui tingkah laku yang kurang baik, tangisan yang tidak ditunjukkan kepada orang lain. Namun resistensi juga ada yang dilakukan dengan cara mengikuti perbuatan yang diinginkan pemilik kuasa tersebut. Hal ini bukan menunjukan kepatuhan dan tidak berdaya namun merupakan stategi agar tetap survive. 

Keywords


resistensi, perempuan tadhak Madura, pengalaman komunikasi, relasi kuasa.

References


Anoegrajekti, Novi. (2006). “Gandrung Banyuwangi Pertarungan Pasar, Tradisi, dan Agama memperebutkan Representasi Identitas Using”. Disertasi Tidak Diterbitkan. Depok: Program Pascasarjana Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia.

Anoegrajekti, Novi. (2007). Biarkan dia mendefinisikan Diri” dalam SRINTIL: Media Perempuan Multikultural edisi 13. Jakarta: kajian Budaya Desantara.

Bourdiue, Pierre. (1991). Languange and Simbolic Power. Cambridge: Polity Press

Bouvier, H. (2002). Lebur! Seni Musik dan Pertunjukan dalam Masyarakat Madura. Jakarta: Obor.

Foucault, Michel. (1979). Discipline and Punish. New York: A Division of Random House, Inc. vintage Books.

Kendal, D dan Wickham G. (2003). Using Foucault Methods. London: Sage Publisher

Langellier, K, (1989). Women personal narratives: Strategies of Resistence. Annual Meeting, Speech Communication Association. San Francisco.

L.R. Gay, Geoffrey E. (2009). Mills&Airasian, Educational Research: Competencies for analysis and application. New Jersey: Merril-Pearson Education

Scott, James C. (1985). Weapons of the Weak: Everyday Fors of Peasant Resistance. New Haven & London: Yale University Press.

Scott, James C. (2000). Senjatanya Orang-Orang Yang Kalah. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Spradley, James P. (2007). Metode Etnografi (terjemahan). Yogyakarta: Tiara Wacana




DOI: https://doi.org/10.21107/ilkom.v15i1.10046

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 farida nurul rahmawati, Emy Susanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Indexed by: