SISTEM MANAJEMEN MUTU ISO 9001:2015 DALAM MEMPENGARUHI BUDAYA KUALITAS DAN KINERJA PERUSAHAAN INTERNATIONAL FREIGHT FORWARDING DI TANJUNG PERAK SURABAYA

Dyah Setyawati, Aris Siswati, Lilik Kustiani, Fatmasari Endayani, Resanti Lestari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Budaya Kualitas dalam memediasi pengaruh perencanaan sertifikasi ISO 9001:2015 dan penerapan prosedur terhadap kinerja perusahaan. Responden penelitian ini berjumlah 105 karyawan di perusahaan international freight forwarding yang berlokasi di Tanjung Perak Surabaya. Penarikan sampel dilakukan dengan purposive sampling untuk memudahkan penyebaran data. Analisis data menggunakan analysis SEM. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa Sertifikasi ISO 9001:2015 berpengaruh terhadap budaya kualitas, perencanaan sertifikasi berpengaruh terhadap budaya kualitas, budaya kualitas berpengaruh terhadap kinerja karyawan dan secara bersama-sama perencanaan sertifikasi ISO 9001:2015 serta penerapan prosedur berpengaruh terhadap kinerja perusahaan melalui budaya kualitas. Berdasarkan penelitian yang dilakukan maka diberikan beberapa rekomendasi berupa saran yang dapat di gunakan sebagai bahan perbaikan berkekelanjutan yaitu tinjauan secara berkala terhadap pelaksanaan penerapan ISO di setiap departemen, meningkatkan kemampuan auditor dalam proses evaluasi, penilaian dan pelaporan sistem manajemen mutu.

 

This study aims to analyze Quality Culture in mediating the effect of planning for ISO 9001:2015 certification and the application of procedures on company performance. Respondents of this study found 105 employees in international freight forwarding companies located in Tanjung Perak Surabaya. Sampling was done by purposive sampling to facilitate data dissemination. Data analysis using SEM analysis. The research results show that ISO 9001:2015 certification significant influence cultural quality, certification planning significant influence cultural quality, cultural quality significant influence employee performance and together with ISO 9001:2015 certification planning and application of procedures that significant influence company performance. Based on the research conducted, several recommendations are given in the form of those that can be used as material for continuous improvement, namely periodically on the implementation of ISO implementation in each department, increasing the ability of auditors in the process of evaluating, evaluating and reporting quality management systems.


Keywords


Perencanaan Sertifikasi ISO 9001:2015, Penerapan Prosedur, Budaya Kualitas, Kinerja Perusahaan

References


A Anwar Prabu. Mangkunegara, A. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan,. PT. Remaja Rosdakarya.

Adam, S., Priyono, H., Setyawati, D., Setyadi, M. C. S., & ... (2021). Building Company Performance and Employee Performance: The role of HRM Practices Management as an Initial Trigger. Review of International …, 11(6), 1094–1102. https://doi.org/10.48047/rigeo.11.06.126

Astuti, M. D., Adawiyah, W. R., & Iriantoko, B. S. (2020). Pengaruh Budaya Kualitas Terhadap Kinerja Organisasi Dengan Quality Function Deployment Sebagai Mediator Pada Ikm Sektor Logam Di Jawa Tengah. Jurnal Ekonomi, Bisnis, Dan Akuntansi, 21(4). https://doi.org/10.32424/jeba.v21i4.1543

Bintoro dan Daryanto. (2017). Manajemen Penilaian Kinerja Karyawan. Penerbit Gaya Media,.

Briscoe, J.A., Fawcett, S.E. & Todd, R. . (2015). The Implementation and Impact of ISO 9000 Among Small Manufacturing Enterprises. The Implementation and Impact of ISO 9000 Among Small Manufacturing Enterprises, 43(3): 309-330.

Brown, A. (2012). The Quality Management Research Unit Industry Experience with ISO 9000. Paper presented at the second National Research Conference on Quality Management, Australia.

Fahat, M.A. & Munawaroh, M. (2016). Pengaruh Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 : 2008 Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Budaya Kualitas Perusahaan (Studi Kasus Pada Puskesmas Mantrijeron Yogyakarta). Ekonomi, Manajemen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, 1–13.

Feng, M., Terziovski, M., & Samson, D. (2011). Relationship of ISO 9001:2000 quality system certification with operational and business performance. Journal of Manufacturing Technology Management, 19(1), 22–37. https://doi.org/10.1108/17410380810843435

Gary Dessler. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. Salemba Empat.

Goetsch, David I., dan S. B. D. (2010). Quality Management. PearsonInternational.

Hardjosoedarmo, S. (2014). Total Quality Management. Penerbit Andi.

Huda, M. (2020). Analisis Penyerapan Budaya Kualitas Terhadap Keberhasilan Penerapan Sistem Manajemen Mutu Iso 9001 Di Perusahaan …. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & …, 4(3). http://www.journal.stiemb.ac.id/index.php/mea/article/download/488/301

IPRA AMARTI, R. (2016). Pengaruh Total Quality Management Terhadap Budaya Kualitas Serta Dampaknya Pada Kinerja Organisasi Di Pt. Duta Nichirindo Pratama Tangerang. Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 4(3), 1–13.

Ismaini, R., & Gunawan, H. (2019). Implikasi Penerapan Sistem Manajemen Mutu terhadap Kinerja Karyawan dan Budaya Organisasi. Journal of Applied Accounting and Taxation, 4(1), 44–48. https://doi.org/10.30871/jaat.v4i1.1165

Mikha, T. A. (2018). Pengaruh Tata Kelola Perusahaan, Ukuran Perusahaan, dan Umur Perusahaan Terhadap Kinerja Perusahaan. Diponegoro Journal of Accounting, 7(1), 1–10.

Parncharoen, C., Girardi, A. & E. (2013). The Impact of Cultural Values on the Succesful Implementation of Total Quality Management: A Comparison between the Australian and Thai Models. Total Quality Management, 5(1): 597–.

Semuel, H., & Zulkarnain, J. (2012). Pengaruh Sistem Manajemen Mutu Iso Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Budaya Kualitas Perusahaan (Studi Kasus PT. Otsuka Indonesia Malang). Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 13(2), 162–176. https://doi.org/10.9744/jmk.13.2.162-176




DOI: https://doi.org/10.21107/kompetensi.v16i1.14231

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dyah Setyawati, Aris Siswati, Lilik Kustiani, Fatmasari Endasari, Resanti Lestari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.