PENGARUH PENERAPAN STRATEGI CSR (CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY) DALAM MENINGKATKAN CITRA PERUSAHAAN PADA PT. PERTAMINA (PERSERO) TAHUN 2018

Dina Anggresa Oktina, Eka Septiana Sari, Intan Angelina Sunardi, Laili Nurul Hanifah, Vicky F Sanjaya

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari penerapan strategi CSR yang dilakukan oleh PT. Pertamina (Persero) melalui berbagai program yang dimiliki terhadap citra perusahaan tersebut. Metode yamg dilakukan dalam penelitian ini adalah metode/pendekatan kualitatif. Penelitian ini dibuat bukan untuk menguji hipotesis antara kedua variabel, melainkan untuk mendeskripsikan sejauh manakah program CSR yang sudah dijalankan oleh PT. Pertamina (Persero) dapat berperan dalam meningkatkan citra perusahaan tersebut. Data yang dikumpulkan merupakan data yang diperoleh dari annual report PT. Pertamina (Persero) pada tahun 2018 yang diambil dari IDX, artikel, dan dokumen lainnya. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis komparatif (membandingkan hasil temuan peneliti dengan teori yang digunakan) dan meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis pada data yang diperoleh, strategi yang diwujudkan ke dalam program CSR PT. Pertamina (Persero) sudah dilakukan sesuai dengan visi, misi, prinsip dan strategi perusahaan yang ditetapkan oleh perusahaan itu sendiri. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan penerapan strategi CSR yang dilakukan oleh PT. Pertamina (Persero) pada dasarnya memiliki pengaruh dan berperan aktif dalam meningkatkan citra, reputasi serta kredibilitas perusahaan. Dalam hal ini, hal yang harus dilakukan oleh PT. Pertamina (Persero) adalah mempertimbangkan untuk memperluas cakupan wilayah penerima program CSR yang mereka miliki, agar bukan hanya masyarakat yang berada di sekitar kantor pusat atau anak perusahaan saja yang bisa menerima manfaat dari setiap program CSR yang dijalankan, tetapi juga masyarakat secara keseluruhan.

Keywords


CSR (Corporate Social Responsibility), citra perusahaan

References


Anggoro, Linggar M. 2000. Teori-teori dan Profesi Kehumasan: Serta Aplikasinya di Indonesia. Terbitan Pertama. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Hardiani. 2016. Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Brand Image (Citra Perusahaan)Studi Pada PT. Bank BRI Tbk (Persero) Cabang Makassar. Jurnal Imiah BONGAYA (Manajemen & Akuntansi). April 2016, No.XIX.

Hawkins, D. I. et.al. 2000. Marketers Guide to Public Relation. New York: John Willyand Son.

https://www.idx.co.id: AnnualReport PT. Pertamina (Persero) Tahun 2018 (diakses pada tanggal 10 April 2020, pukul 14.35 WIB).

https://www.pertamina.com(diakses pada tanggal 12 April 2020, pukul 15.03 WIB).

Irawan, Handi. 2003. Indonesian Customer Satisfaction: Membedah Strategi Kepuasan Pelanggan Merek Pemenang ICSA. Yogyakarta: Elex Media Komputindo.

Jasfar, Farida. 2005. Manajemen Jasa Pendekatan Terpadu. Cetakan Pertama. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kasali, Rhenald. 2003. Manajemen Public Relation: Konsep & Aplikasi di Indonesia. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.

Prasiska, Yosa Vega., Pertiwi, Bunga., Nabila, Yosi Rizky., Indah, Kristin., dan Safitri, Dian. 2017. CSR dan Citra Perusahaan. Jurnal Bisnis dan Ekonomi (JEB). Vol. 24, No. 1 Maret 2017. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Magelang.

Rachman, Nurdin M, Asep Efendi dan Emit Wicaksana. 2011. Panduan Lengkap Perencanaan CSR. Cetakan 1. Jakarta: Penebar Swadaya.

Rachmawati, Tine Silvana. Program Corporate Social ResponsibilitySebagai Strategi Manajemen Kesan Perusahaan. 2019. Jurnal MetaKom. Vol. 3 No. 1 Juli 2019.

Rahadhini, MD. 2010. Peran Public Relations dalam Membangun Citra Perusahaan Melalui Program Corporate Social Responsibility. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan. Vol. 10, No. 1 April 2010.

Rusdianto, Ujang. 2013. CSR Communucation A Framwork for PR Practitioners. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Satya, Darma., dan Hidayatullah, Deden Syarif. 2018. Pengaruh Program Corporate Social Responbility Terhadap Citra Perusahaan (Studi pada PT. SUCOFINDO Tahun 2017). e-Proceeding of Management. Vol. 5, No. 2 Agustus 2018.

Ulum, Bahrul., Arifin, Zainul.,dan Fanani, Dahlan. 2014. Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Citra (Survei Pada Warga Sekitar PT. Sasa Inti Gending- Probolinggo. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol. 8, No. 1 Februari 2014.

Untung, Hendrik Budi. 2008. Corporate Social Responsibility. Jakarta: Sinar Grafika.

Vegawati, Silvania Mira., Kumadji, Srikandi., dan Fanani, Dahlan. 2015. Pengaruh Program Corporate Social Responsibilty (CSR) Terhadap Citra Perusahaan (Survey pada Warga di Desa Sidodadi Kelurahan Kalirejo Kecamatan Lawang Kabupaten Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB).Vol. 20 No. 1 Maret 2015.




DOI: https://doi.org/10.21107/kompetensi.v14i2.8962

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Dina Anggresa Oktina, Eka Septiana Sari, Intan Angelina Sunardi, Laili Nurul Hanifah, Vicky F Sanjaya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Competence : Journal of Management Studies 
by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2541-2655 (Online) dan ISSN: 1907-4824 (Print)


Indexed by: