FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MASYARAKAT BALIKPAPAN DALAM MENGGUNAKAAN PRODUK DAN JASA BRILINK
Abstract
PT.Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Kantor cabang Balikpapan merupakan salah satu kantor cabang dari PT.Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk. Tugasnya adalah menjalankan segala perintah yang telah ditetapkan oleh kantor pusat dan memberikan layanan produk perbankan, termasuk menjadi pengelola BRILink untuk wilayah Balikpapan dan sekitarnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengatahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat masyarakat Balikpapan dalam menggunakan produk dan jasa BRILink, dengan menggunakan variabel tempat, variabel pelayanan dan variabel harga sebagai variabel independen dan variabel minat sebagai variabel dependen.Jenis data yang digunakan adalah data primer melalui metode penyebaran kuisioner.Sumber data dalam penelitian ini adalah nasabah agen BRILink yang tersebar di Kota Balikpapan. Hasil penelitian variabel tempat(X1), pelayanan(X2), dan harga(X3) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat nasabah(Y) melakukan transaksi di BRILink.Variabel tempat(X1) dan harga(X3) berpengaruh signifikan dan berhubungan positif terhadap minat nasabah(Y) melakukan transaksi di BRILink.Variabel pelayanan(X2) tidak berpengaruh dan berhubungan negatif terhadap minat nasabah(Y) melakukan transaksi di BRILink.variabel tempat (X1) merupakan variabel yang paling dominan mempengaruhi minat nasabah dalam melakukan transaksi di agen BRILink dengan angka sumbangan efektif sebesar 35% dan sumbangan relatif sebesar 75,9% di antara variabel pelayanan (X2) dan variabel harga (X3).
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
A. Faisol, “Pengaruh budaya, harga dan lokasi terhadap minat belanja konsumen di pasar soponyono,” J. Ilmu dan Ris. Manejemen, vol. 5, no. L, 2016.
Bank BRI, “2016 Laporan Tahunan Kerja Nyata Bagi Negeri Membangun UMKM Unggu di Era Digital,” 2016.
Faradiba and S. R. T. Astuti, “Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Lokasi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen (Studi pada Warung Makan ‘Bebek Gendut’ Semarang),” Diponegoro J. Manag., vol. 2, no. 3, pp. 1–11, 2013.
H. Fure, “LOKASI, KEBERAGAMAN PRODUK, HARGA, DAN KUALITAS PELAYANAN PENGARUHNYA TERHADAP MINAT BELI PADA PASAR TRADISIONAL BERSEHATI CALACA,” J. Clin. Oncol., vol. 32, no. 27, p. 3083, 2014, doi: 10.1200/JCO.2014.56.8501.
J. Andoko and P. Devina, “ANALISIS PENGARUH MARKETING MIX (PRODUK, HARGA, PROMOSI, LOKASI) TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA GUEST HOUSE DI SURABAYA,” J. Hosp. dan Manaj. Jasa, vol. 3, no. 2, pp. 55–69, 2015, doi: 10.1017/CBO9781107415324.004.
Muntasir, “ANALISIS PENGARUH LOKASI DAN PELAYANAN PEGADAIAN SYARIAH TERHADAP MINAT NASABAH PADA PT. PEGADAIAN SYARIAH (PERSERO) CABANG CIKARANG,” J. Lentera Akunt., vol. 2, no. 2, pp. 61–79, 2016.
N. L. Amita, “Pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, Persepsi Risiki Terhadap Minat Menggunakan Layanan Produk BRILink (Studi pada Masyarakat di Kota Kediri),” pp. 1–15, 2016.
O. Rakhmindyarto, P. Badan, K. Fiskal, and K. Keuangan, Keuangan Inklusif dan Pengentasan Kemiskinan. 2012.
P. RI, Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 82 Tahun 2016 Tentang Strategi Nasional Keuangan Inklusif. Indonesia, 2017.
R. M. Reshita, “PENGARUH PROMOSI, LOKASI, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT MENABUNG NASABAH DI BANK BNI DI SIDOARJO,” 2015.
R. M. Kurniawan, H. Soesanto, and J. Sugiarto, “PENGARUH DAYA TARIK PRODUK, DAYA TARIK PELAYANAN, DAN DAYA SAING TARIF TERHADAP KEPUASAN NASABAH YANG BERDAMPAK PADA KEPUTUSAN BERTRANSAKSI (Studi pada Agen BRILink Bank BRI Cabang Pati),” pp. 1–20, 2017.
DOI: https://doi.org/10.21107/kompetensi.v14i2.8955
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Nurul Musfirah Khairiyah, Dessy Handa Sari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.