ANALISA FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH DALAM MENINGKATKAN KINERJA BISNIS UKM BATIK MADURA

Fathor AS

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kinerja bisnis UKM batik Madura. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan lokasi penelitian sentra industri batik di Kabupaten Pamekasan. Populasi penelitian ini adalah pemilik UKM batik sebanyak 1.160 unit yang tergabung dalam kelompok sentra industri. Sampel yang digunakan sebanyak 92 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampling proporsional dan teknik simple random sampling. Variabel Penelitian terdiri dari variabel bebas (Sarana dan prasarana (X1), Perlindungan pemerintah (X2), Pembinaan pemerintah (X3), Asosiasi usaha (X4), Kewirausahaan korporasi (X5), Pengembangan produk (X6), System informasi usaha (X7), Strategi pemasaran (X8), Kemitraan usaha (X9)), dan variabel terikat yaitu Kinerja bisnis (Y). Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa 1). Variabel sarana dan prasarana berpengaruh positif terhadap kinerja bisnis, 2). Variabel perlindungan pemerintah berpengaruh positif terhadap kinerja bisnis, 3). Variabel pembinaan pemerintah berpengaruh negatif terhadap kinerja bisnis, 4). Variabel asosiasi usaha berpengaruh positif terhadap kinerja bisnis, 5). Variabel kewirausahaan korporasi berpengaruh positif terhadap kinerja bisnis, 6). Variabel pengembangan produk berpengaruh positif terhadap kinerja bisnis, 7). Variabel system informasi usaha berpengaruh positif terhadap kinerja bisnis, 8). Variabel strategi pemasaran  berpengaruh positif terhadap kinerja bisnis, dan 9). Variabel kemitraan usaha berpengaruh positif terhadap kinerja bisnis.


Keywords


Batik; Asosiasi; Pemasaran; Kemitraan; Kinerja

Full Text:

PDF

References


Afiah, Nunuy Nur. 2009. Peran Kewirausahaan Dalam UKM Indonesia Menghadapi Krisis Global, Working Paper In Accounting, Center For Accounting Development Department Of Accounting, Padjajaran University.

Arikunto, Suharsini. 1998. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan

Praktik, PT. Bina Aksara, Jakarta.

Dipta, I. Wayan. 2008. Strategi Penguatan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UKM) Melalui Kerjasama Kemitraan Pola CSR, Infokop Vol. 16.

Dirjen Pemerintahan Umum Departemen Dalam Negeri. 2009.

Djamhari, Choirul. 2006. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Sentra UKM Menjadi Klaster Dinamis, Infokop Nomor 29 Tahun XXII.

Effendi, Ishak. 2005. Peranan Informasi Bagi Kemajuan UKM. Artikel. Kedaulatan Rakyat, Yogyakarta.

Eva, Fathor dkk. 2011. Kajian Model Kemitraan Kelompok Petani Tembakau Di Kabupaten Sumenep

Farrel, Mark A. 2000. Developing a Marked Oriented Learning Organization. Australian Journal of Management , Vol. 25, No. 2

Fathor. A.S dan Arief. 2009. Analisis SWOT dan Kebijakan Pengembangan Usaha Mikro dan Home Industry di Pamekasan. P2M FE Universitas Trunojoyo.

---------------------- . 2012. Model Pemberdayaan UKM Melalui Intensifikasi Dan Integrasi Sistem Komunikasi Sebagai Dasar Untuk Mempercepat Penguatan Pada Kelompok Sentra Di Kabupaten Bangkalan

Ferdinand, Augusty. 2002. Marketing Strategy Making : Proses dan Agenda Penelitian”. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, Vol. I, No. 1 (Mei), pp : 1-22.

Hafizah, Evi. 2003. Strategi Penguatan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UKM) Melalui Kerjasama Kemitraan Pola CSR. Agrisep Vol. 2 No. 1.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Kuncoro, Mudrajad. 2000. The Economics of Industrial Agglomeration and Clustering, 1976-1996: the Case of Indonesia (Java), disertasi Ph.D, Department of Management, University of Melbourne, Melbourne.

---------------. 2000. Usaha Kecil Di Indonesia: Profil, Masalah Dan Strategi Pemberdayaan. Makalah Studium Generale di STIE Kerja Sama, Yogyakarta, 18 Nopember 2000.

Narver, J.C. dan Stanley F. Slater. 1990. The Effect of Market Orientattion on Business Provitability, Journal of Marketing , 36, January

Porter, Michel E. 1993. Keunggulan Bersaing : Menciptakan dan Mempertahankan Kinerja Urtggul, terjemahan, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Porter, Michael. 2000. Location, Clusters and Company Strategy,

Oxford University Press.

Rahardjo, Budi. 2006. Cybercity, Klaster Industri dan Inovasi, Bulletin ITPIN.

Scorsone, Industrial Clusters : Enhancing economics through business linkage, SRDC Publication.

Shipley, David dan Colin Egan, 1992. Power, Conflict and Co-operation inBeetwer- Tenant Distribution Channels, internatinal

Journal of Service Industry Management,Vol 3.No.4 pp 44-62

Situmorang, Jannes. 2008. Strategi UKM Dalam Menghadapi Iklim Usaha Yang Tidak Kondusif. Infokop Volume 16.

Suarja, W. 2007. Prospek Pengembangan Kredit Usaha Rakyat dalam Mendukung Pemberdayaan UKM dan Koperasi, Harian Media Indonesia, Jakarta

Soetrisno, Noer. 2001. Science and Technology Policy and Strategy For Establishing ST Business Program : The Indonesia’s SME Perspective, The International Journal of IIFTIHAR, January 2001.

Syarif, Teuku. 2009. Kajian Efektifitas Model Promosi Pemasaran Produk UKM, publikasi.

Tambunan, Tulus. 2010. Ukuran Daya Saing Koperasi Dan UKM, Background Study RPJM Nasional Tahun 2010-2014 Bidang Pemberdayaan Koperasi dan UKM, Bappenas.

Thoreli, Hans B, (1996).” Network : Between Markets and Herarchies.” Strategic Management journal 7 : 37-51

Tjiptono, Fandy (2008). Strategi Pemasaran, Penerbit ANDI, Yogyakarta.

Umar, Husein, 2003, Metode Riset Perilaku Konsumen Jasa, Ghalia Indonesia, Jakarta.

-----------------. 2008. Strategic Management in Action; Konsep, Teori dan Teknik Menganalisis Manajemen Strategis. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah

www.depkop.go.id. 15 Januari 2010.

www.http://disperindag.pamekasankab.go.id/?page_id=113.

www. Jawa Pos, Senin, 19 Feb 2007

www ml.scribd.com/doc/80248247/Makalah-PDKM-Memasok-Ritel-Besar.




DOI: https://doi.org/10.21107/kompetensi.v13i2.6830

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Fathor AS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Competence : Journal of Management Studies 
by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2541-2655 (Online) dan ISSN: 1907-4824 (Print)


Indexed by: