Corporate Social Responsibility (Csr) Dan Good Corporate Governance (Gcg) Sebagai Indikator Dalam Menilai Nilai Perusahaan

Vidi Hadyarti, Tubagus M Mahsin

Abstract


Berbagai macam pendekatan dalam pengukuran nilai perusahaan sudah banyak digunakan dalam berbagai penelit ianpenelitian ilmiah. Hal ini menunjukkan berbagai pemikiran tentang nilai perusahaan, suatu nilai perusahaan yang menggambarkan kondisi suatu perusahaan selama beroperasi. Nilai perusahaan pent ing diketahui karena semakin t inggi nilai perusahaan menunjukkan kemakmuran para pemegang saham.  Tulisan ini memcoba untuk menulis kembali pemaparan tentang Corporate Social Responsibilit y (CSR) dan Good Corporate
Governance (GCG) sebagai salah satu indikator pengukuran nilai perusahaan. Suatu pendekatan yang bisa mempresentasikan makna yang lebih besar dari gambaran kondisi suatu perusahaan, sehingga sampai saat ini CSR dan GCG masih menjadi indikator bagi penelit i dalam pengukuran nilai perusahaan.


Keywords


Corporate Social Responsibility; Good Corporate Governance; Tobin’s Q

Full Text:

PDF

References


Adawiyah, Ira Robiah, 2013. Pengaruh Tipe Industri, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Dan Leverage Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Studi empiris Pada Perusahaan Go Public yang Terdaftar Di Jakarta Islamic Index Periode 2008- 2012). Jakarta: Universitas islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Andayani, Wiryan. 2008. Tanggung jawab sosial perusahaan, GCG

dan kekayaan intelektual dan sebuah strategi pengolahan

eksternal untuk meningkatkan nilai perusahaan. Skripsi.

Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia. Yogyakarta.

Antonius, YosepAnalisis. 2012. Pengaruh CSR Terhadap Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Pertambangan dan Perkebunan Yang

Terdaftar di BEI Tahun 2006– 2010. Tesis.Universitas Indonesia.

Ardimas ,Wahyu dan Wardoyo. 2014. Pengaruh Kinerja Keuangan dan CSR Terhadap Nilai Perusahaan pada Bank Go Public Yang Terdaftar di BEI. jurnal. Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma, Jakarta. ISBN: 978602-70429-1-9

Brigham, Eugene F and Joel F.Houston, 2006. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan, alih bahasa Ali Akbar Yulianto, Buku satu, Edisi sepuluh, PT. Salemba Empat, Jakarta

Dahlia, D. dan Siregar. 2008. Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Skripsi. Program S1 Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro. Semarang.

Elkington, John. 1998. Canibals With Forks: The Triple Bottom Line in 21st Century Business, Gabriola Island, BC: New Society

Publisher.

FCGI. 2003. Seri Tata Kelola Perusahaan (Corporate Governance)

Jilid II. Jakarta: FCGI.

Ghozali, Imam, 2006. Aplikasi Multivariate dengan Prograsm SPSS,

Semarang: Universitas Diponegoro: Semarang.

Hadianto, Muhammad Lutfi. 2013. A nalisis Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Pengungkapan

CSR dan GCG Sebagai Variabel Pemoderasi (Studi Empiris

Pada Perusahaan Consumer Goods yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2008-2011). Skripsi. UNDIP.

Harahap, Sofyan Safri, 2008. Analisa Kritis atas Laporan Keuangan, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

https://muhariefeffendi.files.wordpress.com/2009/12/fcgi_booklet_ii.pdf

Husnan dan Pudjiastuti. 2002. Dasar- Dasar Manajemen Keuangan. UPP STIM YKPN . Yogyakarta.

Indrawan, Danu Candra. 2011. Pengaruh CSR Terhadap Kinerja Perusahaan. Fakutas Ekonomi Universitas Diponegoro

Semarang. Skripsi.

Jensen, Michael C. dan Clifford W. Smith, Jr. 1984. The Theory of Corporate. Finance: A Historical Overview. New York: Mc

Graw Hill.

Kasmir, 2012, Analisis Laporan Keuangan, PT.Raja Grafindo Persada, Jakarta

Lestari, Maharani Ika dan Toto Sugiharto. 2007. Kinerja Bank Devisa dan Bank Non Devisa Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Proceeding PESAT (Psikologi, Ekonomi, Sastra, Arsitek & Sipil).

Kusumadilaga, Rimba. 2010. Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Skripsi Fakultas Ekonomi. Universitas Dipenogoro. Semarang

Kusumajaya, Dewa Kadek Oka. 2011. Pengrauh Struktur Modal dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Profitabilitas dan Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur di BEI. Program Pasca Sarjana Universitas Udayana Denpasar.

Sawir, Agnes, 2009. Analisis Kinerja Keuangan dan Perencanaan Keuangan Perusahaan, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Sayekti, Yosefa dan Ludovicus Sensi Wondabio. 2007. Pengaruh CSR Disclosure Terhadap ERC. Simposium Nasional Akuntansi X. Makassar.

Septia, Ade Winda. 2015. Pengaruh Profitabilitas, Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, dan Kebijakan Deviden

Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Ayng Terdaftar di BEI. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi

Universitas Negeri Yogyakarta.

Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.

Bandung Alfabeta.

Sukamulja, Sukmawat i. 2004, “Good Corporate Governance di Sektor Keuangan: Dampak Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan”. Vol.8.No.1. Juni 2004. Hal 1-25.

Syamsudin, Lukma, 2001. Manajemen Keuangan Perusahaan, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Tumirin. 2007. Analisis Penerapan Good Corporate Governance dan

Nilai Perusahaan. Jurnal BETA (Bisnis, Ekonomi, dan Akuntansi).6.

Van Horne, James C. dan M. Jhon Wachowicz, 2005. Prinsip – prinsip Manajemen Keuangan, Diterjemahkan oleh Aria Farahmita, Amanugrani, dan Taufik Hendrawan, edisi kedua belas, PT. Salemba Empat, Buku Satu, Jakarta. Veronica, Thedora

Martina. 2012. Pengaruh Kinerja Keuangan, Good Corporate

Governance dan Corporate Social Responsibility terhadap Nilai

Perusahaan. Tesis Fakultas Ekonomi. Universitas Gunadarma.

Depok.

Weston, J.F. dan Copeland T.E., 1992. Dasar – Dasar Manajemen

Keuangan, Erlangga

Wahyudi, Isa dan Busyari Azheri. 2001. Corporate Social Responsibility: Prinsip, Pengaturan dan Implementasi.

Malang: Setara Pers (Group Penerbit Intrans).

www.csrindonesia.com).

Yuniasih, Ni Wayan dan Wirakusuma, Made Gede, 2007, ”Pengaruh

Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Dan Good Corporate

Governance Sebagai Variabel Pemoderasi”, Universitas

Udayana




DOI: https://doi.org/10.21107/kompetensi.v13i1.6819

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Vidi Hadyarti, Tubagus M Mahsin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Competence : Journal of Management Studies 
by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2541-2655 (Online) dan ISSN: 1907-4824 (Print)


Indexed by: