Pengaruh Etika Bisnis Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan (Studi di KSPPS BTM Sang Surya Pamekasan)

Khairul Jannah, Erwin Yuli Handayani

Abstract


Istilah et ika dalam bahasa Indonesia sebenarnya berasal dari  bahasa Yunani: ethos, yang berarti kebiasaan atau watak. Etika juga berasal dari bahasa Perancis: etiquette atau dalam bahasa  Indonesia dengan kata etiket yang berarti juga kebiasaan  atau cara bergaul, berperilaku yang baik. Etika bisnis adalah aturan-aturan yang menegaskan suatu bisnis boleh bertindak dan tidak boleh bertindak, dimana aturan-aturan tersebut dapat bersumber dari aturan tertulis maupun aturan yang tidak tertulis. Penelit ian ini merupakan penelit ian penjelasan (explanatory research) yang akan membuktikan hubungan kasual antara variabel bebas (independen variabel), yaitu variabel etika bisnis yang diprosikan denga norma sopan santun, norma hukum, dan norma moral dengan variable terikat (dependen variabel) yaitu prodiktifitas kerja karyawan. Produktifitas adalah perbandingan antara keluaran/output dan masukan/input. Produktifitas kerja merupakan sikap mental, yang selalu mencari perbaikkan
terhadap apa yang telah ada. Suatu keyakinan bahwa seseorang dapat melakukan pekerjaan lebih baik hari ini dari pada hari kemarin dan hari esok lebih baik dari hari ini. Secara normat if etika bisnis menciptakan hubungan yang erat antar perusahaan baik pimpinan maupun karyawan membentuk kerjasama yang adil dan sehat serta membangun kerjasama yang erat.


Keywords


Etika; Etika Bisnis; Produktivitas Kerja; Karyawan; KSPPS BTM Sang Surya Pamekasan

Full Text:

PDF

References


Arijanto Agus, 2011, Etika Bisnis bagi Pelaku Bisnis (Cara cerdas dalam memahami konsep dan faktor-faktor etika bisnis dengan beberapa contoh

praktis).Jakarta:Rajawali Pers

Fahmi Irham, 2015, Etika Bisnis (Teori, Kasus, dan Solusi). Bandung:Alfabeta.

Hartman Laura P, Desjardins Joe, 2008, Etika Bisnis (Pengambilan

keputusan untuk integritas dan tanggung jawab sosial). Jakarta:Erlangga.

Akhyadi Sadikin, Kaswan, 2015, PengembanganSumberDayaManusia (Dari Konsepsi, Paradigma, danFungsiSampaiAplikasi). Bandung:Alfabeta.

Edison Emron, dkk, 2016, Manajemen Sumber Daya Manusia (Strategi dan 16 perubahan dalam rangka meningkatkan kinerja pegawai dan organisasi).

Bandung: Alfabeta

Marwanto. 2010. Pengaruh pengawasan kerja dan disiplin kerja terhadap produktivitas kerja karyawan bagian produksi perusahaan “Manufaktur”: Jurnal Jurusan Akutansi Politeknik Negeri Samarinda.vol 6, no 1, p. 13801381.

Ahmad Roziq. 2010. Pengaruh Etika Bisnis Islami terhadap kinerja pembiayaan mudharabah melalui informasi asimetri pada Bank Syariah di Jawa Timur: Jurnal fakultas ekonomi universitas jember.vol IX, no 1, p. 5758.

Fauzan. 2013. Pengaruh religiusitas terhadap etika berbisnis: Jurnal fakultas

ekonomi universitas kanjuruhan malang.vol 15, no 1, p. 54-55

Bambang Widjanarko. 2016. Pengaruh motivasi instrinsik, pengawasan dan budaya kerja terhadap produktivitas kerja karyawan PTPN IV Dolok Ilir: Jurnal STIM Sukma Medan.vol 2, no 1, p. 7.

Desi Rahmawati. 2013. Pengaruh motivasi terhadap produktivitas kerja karyawan PR Fajar Berlian Tulungagung: Jurnal fakultas ekonomi universitas tulungagung.vol 1, no

, p.




DOI: https://doi.org/10.21107/kompetensi.v13i1.6818

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Khairul Jannah, Erwin Yuli Handayani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Competence : Journal of Management Studies 
by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2541-2655 (Online) dan ISSN: 1907-4824 (Print)


Indexed by: