VIRAL MARKETING SEBAGAI MEDIA PEMASARAN SOSIAL DALAM MENDONGKRAK KESADARAN MASYARAKAT UNTUK BERPERAN AKTIF DAN BERGABUNG DENGAN ORGANISASI NON PROFIT/NIARLABA

Yoshua Glennardo

Abstract


In the meantime, people’s concern for each other and environment has been decreased so drastically. People are become individualistic because people are race each other to become succed. People which good at business are thinking of themselves without any concern in the environment. Right now in Indonesia there are so much non profit organization that keep the environment safe. Not only the environment, they care about health, education, norm, etc. To aware participating in this non profit organization, a marketing strategy that effective are neede. Viral mraketing will be the marketing strategy that can be used to aware people be active and resolve that social problem.


Keywords


viral marketing, social marketing, non profit organization

References


Andini, Natasya P.2014.Pengaruh Viral Marketing Terhadap Kepercayaan Pelanggan dan Keputusan Pembelian (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan 2013 yang Melakukan Pembelian Online Melalui Media Sosial Instagram.

Anonym. 2015. “Rilis Pers: Hasil Survey Profil Pengguna Internet di Indonesia 2014 oleh APJII bekerjasama dengan Pusat Kajian Komunikasi Universitas Indonesia”. http://puskakomui.or.id/publikasi/rilis-pers-hasil-survey-profil-pengguna-internet-di-indonesia-2014-oleh-apjii-bekerja-sama-dengan-pusat-kajian-komunikasi-universitas-indonesia.html.as.

Arramdhani, J.2015.Strategi Komunikasi Kampanye Asi Eksklusif AIMI Jateng (Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia) Di Kota Semarang.

Bernhardt, M Jay.2012.Social Marketing At The Right Place and Right Time with New Media.

Chaffey, Dave, et all. 2000. Internet Markeitng. England: Pearson Education Limited.

Fansuri, Muhammad F.2016.Pengaruh Viral Marketing Melalui Media Sosial Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan di Pantai Dato Majene. Universitas Hassanundin Makssar.

Habibullah.2011.Pemasaran Sosial Program Asuransi Kesejahteraan Sosial Oleh Lembaga Pelaksanaan. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Kesejahteraan Sosial, Vol. 166 No. 01, Tahun 2011.

Hartoyo, Nunik M.2014.Konstruksi Makna Media Sosial Pengurus Asosiasi ibu Menyusui Indonesia (AIMI) Dalam Mendorong Aktivisme Sosial.

Kotler Philip. 2005. Manajemen Pemasaran. Edisi Kesebelas. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Kotler, Philip, dan Kevin, Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid Satu. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip, dan Alan, R. 1995. Strategi Pemasaran Untuk Organisasi Niarlaba. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Kurniawan, B, Novelia, dan Zhukrhufa, S.2013.Membangun Pemasaran Viral (Studi Kasus: Twitter@Soyjoy).

Nurlaela, Tresna S.2013.Efektivitas Viral Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen PT.ABC. Universitas Widyatama.

Renata, Miyume.2013. Menggunakan “MEME” Dalam Word Of Mouth (WOM) Untuk Meningkatkan Brand Awareness.

Sutisna. 2001. Perilaku Konsumen: Teori Dan Aplikasi. Jakarta: PT. Remaja.




DOI: https://doi.org/10.21107/kompetensi.v10i2.3524

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Yoshua Glennardo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Competence : Journal of Management Studies 
by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2541-2655 (Online) dan ISSN: 1907-4824 (Print)


Indexed by: