PERAN PRICE DISCOUNT, HEDONIC SHOPPING MOTIVATION, SHOPPING LIFESTYLE TERHADAP IMPULSE BUYING PADA MARKETPLACE SHOPEE DI WILAYAH JAWA TIMUR

Khariza Ramdhania Putri Mustajib, Misti Hariasih, Alshaf Pebrianggara

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peran Price Discount, Hedonic Shopping Motivation, Shopping Lifestyle terhadap Impulse Buying pada Marketplace Shopee di Wilayah Jawa Timur. Menggunakan pendekatan kuantitatif sebagai metode penelitian. Para konsumen yang pernah melakukan pembelian di Marketplace Shopee di Wilayah Jawa Timur yang menjadi populasi.  Teknik pemilihan sampel yang digunakan yaitu Teknik Non Probability Sampling dengan pendekatan purposive sampling, ditetapkan sebanyak 100 responden dengan menggunakan  rumus Lemeshow. Data dari penelitian ini terdiri dari data primer, yang didapat melalui penyebaran kuesioner kepada responden. Teknik analisis data kuantitatif dengan menggunakan metode statistik digunakan untuk menganalisis data. Metode statistik yang digunakan adalah IBM SPSS 25. Berdasarkan hasil penelitian, dinyatakan bahwa price discount berpengaruh signifikan terhadap impulse buying, hedonic shopping motivation berpengaruh signifikan terhadap impulse buying, shopping lifestyle berpengaruh signifikan terhadap impulse buying pada Marketplace Shopee di Wilayah Jawa Timur.


Keywords


Price Discount; Hedonic Shopping Motivation; Shopping Lifestyle; Impulse Buying

References


H. D. Herdiany, C. W. Utomo, P. N. Aryandha, dan A. Jadi, “Pengaruh Store Atmosphere, Display Product, Dan Price Discount Terhadap Impulse Buying,” JCOMENT (Journal Community Empower., vol. 3, no. 2, hal. 98–109, 2021, doi: 10.55314/jcoment.v3i2.257.

M. Barkhiya, “Peran Positive Emotion Memediasi Website Quality Dan Hedonic Shopping Motivation Terhadap Online Impulse Buying Pada Zoya,” 2022, [Daring].

Rahmawati, “Pengaruh Hedonic Shopping Motivation, Promotion, Dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying Pada Konsumen Shopee (Studi Empiris pada Mahasiswa UMMagelang),” Univ. Muhammadiyah Magelang, 2018.

S. Artamevia, E. Setyariningsih, dan B. Utami, “Pengaruh Price Discount Dan Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce (Studi Kasus Pada Konsumen Shopee Di Wilayah Mojokerto),” JCI J. Cakrawala Ilm., vol. 1, no. 11, hal. 2887–2900, 2022, [Daring]. Tersedia pada: http://bajangjournal.com/index.php/JCI

I. N. Pai, D. A. N. Budi, P. Subject, A. T. Smpn, dan G. Banyuwangi, “ICHES : International Conference on Humanity Education and Social,” Int. Conf. Humanit. Educ. Sos., vol. 2, no. 1, hal. 11, 2023.

N. P. S. Deviana dan I. G. A. Kt.Giantari, “Pengaruh Shopping Lifestyle Dan Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying Behaviour Masyarakat Di Kota Denpasar,” E-Jurnal Manaj. Univ. Udayana, vol. 5, no. 8, hal. 250317, 2016.

A. Renaldi dan R. Nurlinda, “Pengaruh Hedonic Shopping Motivation dan Sales Promotion terhadap Impulse Buying melalui Positive Emotion,” J. Adv. Digit. Bus. Entrep., vol. 2, no. 1, hal. 46–61, 2023.

A. Nisa, as Safitra, A. Rizal, dan U. Stikubank Semarang, “The Impact Of Brand Image, Celebrity Endorser And Shopping Lifestyle On Purchase Decisions At E-Commerce Shopee Pengaruh Brand Image, Celebrity Endorser Dan Shopping Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Di E-Commerce Shopeeid 2 *Corresponding Author,” Manag. Stud. Entrep. J., vol. 4, no. 5, hal. 5229–5238, 2023, [Daring]. Tersedia pada: http://journal.yrpipku.com/index.php/msej

Mega Usvita, Mukhlis Yunus, dan Afridatul Ukhra, “Pengaruh Shopping Lifestyle Dan Store Atmosphere Terhadap Impulse Buying Pada Konsumen Transmart Padang,” J. Soc. Econ. Res., vol. 3, no. 2, hal. 139–145, 2022, doi: 10.54783/jser.v3i2.27.

Wulansari, Z. Miraza, dan A. S. Suyar, “Pengaruh Store Environment, Price Discount, Dan Bonus Pack Terhadap Impulse Buying (Pembelian Impulsif) yang Dimoderasi Oleh Positive Emotion Pada Konsumen The Body Shop di Sun Plaza Medan,” J. Akuntansi, Manaj. dan Ilmui Ekon., vol. 2, no. 1, hal. 236–247, 2022.

A. R. H. Thalib, “Peran Hedonic Shopping Motivation, Penggunaan Paylater, dan Price Discount Terhadap Perilaku Impulsive Buying,” STIE Ekon., vol. 33, no. 1, hal. 1–12, 2022.

Z. Umboh, L. Mananeke, dan R. Samadi, “Pengaruh Shopping Lifestyle , Fashion Involvement dan Sales Promotion Terhadap Impulse Buying Behaviour Konsumen Wanita di MTC Manado,” Pengaruh Shopping…… 1638 J. EMBA, vol. 6, no. 3, hal. 1638–1647, 2018.

Muhammad Rizki Maulana Putra, M. Alimul Kabir Albant, Laeli Novita Sari, dan Vicky F Sanjaya, “Pengaruh Promosi, Fashion Involvement, Dan Shopping Life Style, Dan Impulse Buying Di E-Commerce Shopee,” Revenue J. Ekon. Pembang. dan Ekon. Islam, vol. 3, no. 02, hal. 21–29, 2020, doi: 10.56998/jr.v3i02.16.

I. D. Desty, H. Wijayanto, dan T. Purwaningrum, “Pengaruh Shopping Lifestyle, Fashion Involvement Dan Hedonic Shopping Value Terhadap Impulse Buying Pembelian Hijab Merek Rabbani Di Kecamatan Sawoo Kabupaten Ponorogo Pada Masa Pandemi,” Bussman J. Indones. J. Bus. Manag., vol. 2, no. 2, hal. 331–343, 2022, doi: 10.53363/buss.v2i2.62.

C. O. S. Patricia, “pengaruh shopping lifestyle dan hedonic shopping motivation terhadap impulse buying pada shopee.co.id,” vol. 3, no. 2, hal. 6, 2021.

C. V. Hursepuny dan F. Oktafani, “Pengaruh Hedonic Shopping Motivation Dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying Pada Konsumen Shopee_Id,” e-Proceeding Manag., vol. 5, no. 1, hal. 1041–1048, 2018.

A. Serliani, S. Nurdin, dan Y. S. Rahayu, “Pengaruh Fashion Involvement dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying Behaviour Pada Produk Sophie Paris,” J. Sains Manaj., vol. 1, no. 1, hal. 28–39, 2019, [Daring]. Tersedia pada: www.fe.unisma.ac.id

M. S. Setiyani, pengaruh price discount, bonus pack dan kualitas pelayanan terhadap impulde buying konsumen di fashion ritel suzuya mall Banda Aceh. 2020.

U. S. Kuala, U. S. Kuala, M. F. Syahputra, dan U. S. Kuala, “Jurnal Bisnis dan Manajemen Analisis Hedonic Shopping , Lifestyle Shopping dan E-Impulse Buying Bagi Pengguna Platform Shopee,” vol. 10, no. 2, hal. 273–282, 2023.

A. A. istri S. Kharisma dan I. G. A. K. S. Ardani, “Pengaruh Personality Dan Shop Enjoyment Terhadap Impulse Buying Behavior Yang Dimediasi Impulse Buying Tendency,” E-Jurnal Manaj. Univ. Udayana, vol. 7, no. 6, hal. 3320, 2018.

P. M. Guarango, “Pengaruh Hedonic Shopping Motivation, Brand Equity Dan Shopping Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Di Shopee Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Prodi Manajemen Angkatan 2017/2018 Universitas Muhammadiyah Ponorogo,” ekonomi, no. 8.5.2017, hal. 2003–2005, 2022.

P. E. P. Setiawan, “Analisis Pengaruh Perubahan Harga Komoditas Kopi dan Perubahan Kurs Valuta Asing Terhadap Return Saham Perusahaan Kopi Yang Go Public pada tahun 2014-2019,” J. Manaj. UNIKA Soegijapranata Semarang, hal. 20–26, 2020.

H. Muhamad, “Metodologi Penelitian,” hal. 34–44, 2019.

Z. Wafiroh, S. Sumowo, dan ..., “Peran Hedonic Shopping Motives dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying pada Konsumen Produk Fashion Umama di Kabupaten Jember,” J. Kaji. …, 2020.




DOI: https://doi.org/10.21107/kompetensi.v18i1.25312

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Khariza Ramdhania Putri Mustajib, Misti Hariasih, Alshaf Pebrianggara

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Competence : Journal of Management Studies 
by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2541-2655 (Online) dan ISSN: 1907-4824 (Print)


Indexed by: