ANALISIS IMPLEMENTASI TOTAL QUALITY MANAGEMENT PADA PERUSAHAAN KIMIA

Dwi Indah Lestari, Dinda Ni Sekar Ramadhani

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi Total Quality Management di suatu perusahaan. Metode yang dipakai adalah metode deskriptif kualitatif dengan wawancara dan observasi sebagai teknik pengumpulan data. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dari total 10 unsur dalam TQM, Perusahaan telah mengiplementasikan 6 unsur TQM yang meliputi Fokus pada pelanggan, obsesi terhadap kualitas, kerjasama tim, perbaikan sistem secara berkesinambungan, pendidikan dan pelatihan, adanya keterlibatan dan pemberdayaan karyawan. Meskipun demikian, perwujudan penerapan TQM dalam setiap perusahaan akan berbeda-beda, meskipun unsur TQM  yang dipenuhi merupakan unsur yang sama. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa TQM merupakan suatu sistem yang sangat melekat dengan proses bisnis dari suatu perusahaan.


Keywords


Impelementasi, kinerja perusahaan, proses bisnis , TQM.

References


Adhiputra, M. W. (2019) ‘Analisis Penerapan Tqm Terhadap Kinerja Manajerial Pada Rumah Sakit Umum Di Denpasar’, Jurnal Ilmiah Akuntansi, 3(1), pp. 49–60. doi: 10.23887/jia.v3i1.16628.

Chaerunisak, U. H. and Aji, A. W. (2020) ‘Penerapan Total Quality Management Terhadap Dampak Kinerja Manajerial dan Laba Perusahaan pada UMKM Yogyakarta’, Moneter - Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 7(1), pp. 10–14. doi: 10.31294/moneter.v7i1.6811.

Dewinta, I. and Setiawan, P. (2016) ‘Pengaruh Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, Dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Tax Avoidance’, E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 14(3), pp. 1584–1615.

Haryono, S. (2018) MANAJEMEN KINERJA SDM TEORI & APLIKASI. LUXIMA METRO MEDIA.

Hondro, D. L., Budiarso, N. and Mawikere, L. M. (2021) ‘Analisis Penerapan Total Quality Managent (TQM) untuk Meningkatkan Kinerja Manajerial Pada PT. Bumi Selaras Asri (Golden Spring dan Meeting Point) Manado’, 16(1), pp. 86–94.

Jamaludin (2017) Manajemen Mutu Teori dan Aplikasi pada Lembaga Pendidikan. Pusat Studi Agama dan Kemasyarakatan (PUSAKA). doi: 10.32493/abmas.v1i2.p42-55.y2020.

Mulyani, S. and Wijayani, D. R. (2017) ‘PENERAPAN TQM DAN KINERJA INOVASI TERHADAP KINERJA MANAJERIAL INDUSTRI ROKOK KABUPATEN KUDUS’, Jurnal Kajian Akuntansi, 1(2), pp. 101–115.

Muttaqin, G. F. and Dharmayanti, R. (2017) ‘Pengaruh Implementasi Total Quality Management Terhadap Kinerja Keuangan Dengan Kualitas Kinerja Sebagai Variabel Intervening’, Jurnal Akuntansi, 19(1), p. 68. doi: 10.24912/ja.v19i1.114.

Ratnasari, S. L. et al. (2016) Kinerja Karyawan. Forum Pemuda Aswaja.

Ridwan, M. and Yogi, S. (2018) ‘Pengaruh Penerapan Total Quality Management, Sistem Pengukuran Kinerja, Gaya Kepemimpinan, dan Komitmen Pimpinan Terhadap Kinerja Manajerial (Studi Empiris Pada Perusahaan Jasa Titipan Kilat Di Kota Jambi)’, Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan, 7(03), pp. 263–273.

Sugiyono (2019) Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, Bandung.

Sundari, S. (2019) Manajemen Kinerja, Journal of Chemical Information and Modeling. Universitas Pertahanan.

William, J. and Sanjaya, R. (2017) ‘Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Perusahaan Pada Perusahaan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia’, Jurnal Bisnis dan Akuntansi, 19(1a), pp. 152–162.




DOI: https://doi.org/10.21107/kompetensi.v17i2.24097

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 dwi indah lestari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Competence : Journal of Management Studies 
by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2541-2655 (Online) dan ISSN: 1907-4824 (Print)


Indexed by: