Penerapan Komitmen Pertanggungjawaban Sosial (CSR) Pada UMKM Qo’im Barokah Kabupaten Blitar

Arif Wahyudi, Endah Masrunik, Henni Indarriyanti, Nikmatul Jalilah

Abstract


Pertanggung jawababn social (CSR) merupakan salah satu startegi yang diterapkan oleh suatu perusahaan guna meningkatkan citra atapun reputasi suatu perusahaan. Begitupun di UMKM Qo’im Barokah, juga melaksanakan pertanggung jawaban social. Sehingga tujuan dari penelitan ini yaitu untuk mengetahui penerapan Komitmen Pertanggungjawaban Sosial  yang dilakukan oleh UMKM Qo’im Barokah  diKabupaten Blitar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif, dimana data dari penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara dari narasumber yang kemudian diintreprestasikan hasilnya dan kemudia dicocokan dengan laporan keuangan yang disusun oleh UMKM qo’im Barokah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa UMKM Qo’im Barokah menerapkan pertangungjawaban social (CSR) pada 3 aspek atau sering disebut triple bottom line, yaitu people, planet dan profit. Penerapan komitmen CSR ini membawa dampak yang baik bagi Qo’im Barokah. Produk Qo’im barokah diterima masyarakat sehingga keberlangsungan usaha dapat bertahan hingga saat ini, selain itu juga komitmen CSR yang diterapkan qo”im barokah membawa kebermanfaatan untuk masyarakat sekitar Qo’im barokah dengan memberikan lapangan usaha bagi masyarakat sekitar dan Qo’im barokah menyisihkan sebagian keuntungan daru usahanya yang kemudian digunakan untuk membantu masyarakat yang kurang mampu.


Keywords


Komitmen CSR, 3P, Kualitatif

References


Asmara, T. T. P., & Murwadji, T. (2020). Telaah Yuridis Penerapan Konsep Quadruplehelix Pada Pelaksanaan Csr Bagi Umkm. Jurnal Legislasi Indonesia, 17(1), 38. https://doi.org/10.54629/jli.v17i1.579

Astiti, N. P. Y., & Saitri, P. W. (2016). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Dan Citra Perusahaan. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 12(2), 94–104.

Dewi, I. C., & Cahyaningtyas, F. (2020). Determinan Pengungkapan Corporate Social Responsibility : Studi Empiris Pada Perusahaan Makanan Dan Minuman Di Bei. Jurnal PETA, 7(2), 179–189. https://journal.stieken.ac.id/index.php/peta/article/view/561

Endah Masrunik, Henni Indarriyanti, Arif Wahyudi, Bambang Septiawan, I. P. (2023). Corporate Social Responsibility (CSR) Pada UMKM Pia AM Bakery Kecamatan Kesamben Kabupaten Blitar Endah. Ekuivalensi: Jurnal Ekonomi Bisnis, 9(1), 1–14. https://www.scribd.com/doc/16870363/Corporate-Social-responsibility-CSR

Hakim, D. A., & Ispriyarso, B. (2016). PEMENUHAN HAK-HAK TENAGA KERJA MELALUI PENERAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PADA SUATU PERUSAHAAN (Studi Penerapan CSR Di PT. Great Giant Pineapple, Provinsi Lampung). Law Reform, 12(2), 197. https://doi.org/10.14710/lr.v12i2.15874

Indah Kusumawardhany, S. (2022). Strategi Green Accounting Sebagai Bagian Penerapan Etika Bisnis Pada Umkm. Jurnal Akuntansi Dan Bisnis, 2(2), 82–89. https://doi.org/10.51903/jiab.v2i2.185

Keraf, S. (2015). Etika Bisnis Tuntutnan dan Relevansinya”. Kanisius.

Marnelly, T. R. (2012). CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR): Tinjauan Teori dan Praktek di Indonesia. Jurnal Aplikasi Bisnis, 3(1), 49–59.

Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif, cet. In XI. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nayenggita, G. B., Raharjo, S. T., & Resnawaty, R. (2019). Praktik Corporate Social Responsibility (Csr) Di Indonesia. Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial, 2(1), 61. https://doi.org/10.24198/focus.v2i1.23119

Rambu Leki, & Y. Jogi Christiawan. (2013). Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Penjualan dan Biaya Operasional Perusahaan di Bursa Efek Indonesia Tahun 2007-2011. Business Accounting Review, 1(2).

Retnaningsih, H. (2015). Permasalahan Corporate Social Responsibility (CSR) dalam Rangka Pemberdayaan Masyarakat. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 6(2), 177–188. https://jurnal.dpr.go.id/index.php/aspirasi/article/view/512

Said, A. L. (2018). Corporate Social Responsibility Dalam Perspektif Governance. Deepublish.

Sejati, B. P., & Prastiwi, A. (2015). Pengaruh Pengungkapan Sustainability Report Terhadap Kinerja Dan Nilai Perusahaan. Diponegoro Journal of Accounting, 0(0), 195–206.

Tenriwaru. (2019). Kesejahteraan Tanpa Sekat (Sebuah Praktik Terhadap Akuntansi (CSR).CV. CV. Tohar Media.




DOI: https://doi.org/10.21107/kompetensi.v17i2.22816

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Arif Wahyudi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Competence : Journal of Management Studies 
by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2541-2655 (Online) dan ISSN: 1907-4824 (Print)


Indexed by: