Digitalisasi UMKM pada Sektor Pariwisata Laut Pesisir Utara Madura di Masa Pandemi Covid-19

Alvin S Prasetyo, ahmad Kamil

Abstract


Era globalisasi ekonomi seperti saat ini sangat membutuhkan peran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) juga dirasakan oleh wilayah Madura, terutama bagi pelaku UMKM yang ada di sektor pariwisata laut seperti pantai biru di kecamatan Tanjung Bumi, Kabupaten Bangkalan. Hal ini karena UMKM pantai biru di kecamatan Tanjung Bumi, Kabupaten Bangkalan yang melakukan transaksi dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) belum ada. Padahal di masa pandemi, transaksi dengan mengoptimalkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) menjadi solusi untuk menjalankan usaha. Secara akademik, hasil penelitian dapat dijadikan sebagai hasil riset akademik dalam rangka mendorong kemajuan UMKM pantai biru di kecamatan Tanjung Bumi, Kabupaten Bangkalan, disamping itu hasil penelitian dapat di publikasikan kedalam jurnal nasional terakreditasi atau jurnal internasional yang terakreditasi. Secara praktis, hasil penelitian nantinya akan dijadikan sebagai bahan rekomendasi kebijakan Pemerintah daerahtertutama terkait dengan UMKM. Guna mendorong digitalisasi UMKM maka studi ini perlu dilakukan analisis lebih lanjut. Metode yang digunakan dalam studi ini yaitu regresi berganda. Hasil estimasi menunjukkan bahwa Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) tidak berpengaruh signifikan terhadap penjualan UMKM. Hal ini menandakan bahwa Digitalisasi UMKM pada pantai biru di kecamatan Tanjung Bumi, Kabupaten Bangkalan perlu dikembangkan, sehingga strategi supaya digitalisasi terlaksana.

References


Bangun, Wilson. 2007. Teori Ekonomi Mikro. Bandung: Penerbit PT. Refika Aditama

Case, K.L dan Fair, R.C. (2005). Prinsip-Prinsip Ekonomi Mikro. Edisi ketujuh. Jakarta: Indeks Kelompok Gramedia.

Chun-Chien, K., & Chih-Hai, Y. (2008). Knowledge capital and spillover on regional economic growth: evidence from China. China Economic Review, 19(4), 594–604.

Harris, R. G. (2001). The knowledge-based economy: intellectual origins and new economic perspectives. International Journal of Management Reviews, 3(1), 21–40.

Law, S. H., Sarmidi, T., & Goh, L. T. (2020). Impact of Innovation on Economic Growth: Evidence from Malaysia. Malaysian Journal of Economic Studies, 57(1), 113–132.

Louçã, F. (2014). The elusive concept of innovation for Schumpeter, Marschak and the early econometricians. Research Policy, 43(8), 1442–1449. https://doi.org/10.1016/J.RESPOL.2014.02.002

Maradana, R. P., Pradhan, R. P., Dash, S., Gaurav, K., Jayakumar, M., & Chatterjee, D. (2017). Does innovation promote economic growth? Evidence from European countries. Journal of Innovation and Entrepreneurship, 6(1), 1–23.

Nicholson, Walther. 2002. Mikroekonomi Intermediate dan Aplikasinya. Edisi Kedelapan. Jakarta: Erlangga.

Pindyck, Robert S. and Rubinfeld, Daniel. 1999. Mikro Ekonomi. Jilid 1, Jakarta: Prenhallindo.

Samuelson, Paul A dan Nordhaus, William D. 2004. Ilmu Mikroekonomi. Jakarta: Media Global Edukasi.

Sukirno, Sadono. (2002). Pengantar Teori Ekonomi Mikro. Edisi ketiga. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.21107/kompetensi.v17i2.22118

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Alvin S Prasetyo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Competence : Journal of Management Studies 
by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2541-2655 (Online) dan ISSN: 1907-4824 (Print)


Indexed by: