ANALISIS PERAN PEMERINTAH DALAM MENINGKATKAN AKSESBILITAS MASYARAKAT DALAM BERPENDIDIKAN FORMAL DI MASA PANDEMI COVID 19

Alif Dewantara, M Roby Nur Akbar

Abstract


Penelitian yang dilakukan di provinsi kalimantan Timur ini ingin melihat  seberapa efektif belanja pemerintah dalam memberikan kontribusi akses pendidikan yang merata di provinsi kalimantan timur dimasa Pandemi Covid-19 dengan menggunakan sampel data survey sosial dan ekonomi nasional yang diambil dari sampel jumlah anak di usia sekolah dan dibagi kuantil pendapatan orang tua yang anaknya berusia sekolah dimana ada sejumlah 2821 rumah tangga yang anaknya berusia sekolah dan dibagi dalam anggaran yang diberikan oleh pemerintah berupa stimulus pendidikan hasil menunjukkan bahwa sebaran akses pendidikan formal di provinsi kalimantan timur dinikmati merata disetiap level pendapatan orang tua yang anaknya mengakses pendidikan baik pendidkan dasar, menengah pertama dan menengah ke atas dan hasil lain dari peran pemerintah efektif dimana anggaran yang diberikan pemerintah sudah memberikan kontribusi dalam akses pendidkan dan belanja pemerintah bersifat progresif di 3 jenjang pendidikan ini menunjukkan belanja pemerintah pro terhadap masyarakat miskin dan tentu saja peran pemerintah efektif dalam meningkatkan aksesbilitas masyarakat dalam berpendidikan formal di provinsi kalimantan Timur di Masa pandemi covid 19


Keywords


Covid 19, belanja pemerintah, progresif, usia bersekolah )

References


Asghar, Z, dan Zahra, M, 2012 “Benefit Incidence Analisis Of Publik Spending On Education In Pakistan Using PSLM Data” The Labore Journal Of Economic, PP 111-136

Badan Pusat Statistik. “Angka Partisipasi Sekolah Nasional Tahun 2018-2021” Https://www.bps.go.id/ diakses 18 oktober 2022

Badan Pusat Statistik. “Angka Partisipasi Murni Nasional Tahun 2018-2021” Https://www.bps.go.id/ diakses 18 oktober 2022

Badan Pusat Statistik. “Angka Partisipasi Sekolah Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2018-2021” Https://www.bps.go.id/ diakses 18 oktober 2022

Badan Pusat Statistik. “Angka Partisipasi Murni Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2018-2021” Https://www.bps.go.id/ diakses 18 oktober 2022

Demery, Lionel (2000), “Benefit incidence A practioner’s Guide”, Poverty and social development group Africa Region The world Bank, Http://info.worldbank.org

Demery, Lionel,2000. “The Effects of Taxation and Spending on Inequallity and poverty Chapter 15” 293-317

Fernandez, Luisa dan Velarde, Rashiel, 2012 “Who Benefit From Social Assistance In The Philippines: Evidence From The Latest National Household Surveys” The Word Bank Group No 4.

Gaddah, M, dan Munro, A, 2011. “The Rich Or The Poor: Who Gains From Public Education Spending In Ghana” National Graduate Institute For Policy Studies, volume 1, 1-34

Hall, David and Public Service Internasional. Budiarti. Indah (Editor) dan Tanto Supriyanto (Penerjamah) 2010. “Mengapa Kita Butuh Belanja Publik” PSIRU, Business School, Universitas of Greenwich, Park Row, London No SE109LS, UK

Hyman, David N, 2011. “Public Finance A contempory Application Of theory to Policy. 10th Edition”. Cangage Learning, USA

Juswanto, Wawan, 2010. Distribution of Foverment Expenditure and Demand for Education Service. “the case of Indonesia”,.2-24

Khusnaini, Moh,2018. “Keuangan Daerah”, UB Press, Malang.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia “ Anggaran dana BOS provinsi Kalimantan Timur” Https:// www.kemendikbud.go.id/ diakses 18 oktober 2022

Todaro, Micheal P, 2000. “Pembangunan Ekonomi Di Dunia Ketiga , Edisi Ketujuh”, Erlangga , Jakarta

Wiratha, I, Made, 2006. “Metode Penelitian Sosial Ekonomi”. CV Andi Offset, Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.21107/kompetensi.v16i2.18609

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Alif Dewantara

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Competence : Journal of Management Studies 
by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2541-2655 (Online) dan ISSN: 1907-4824 (Print)


Indexed by: