HARGA, PROMOSI, KREDIBILITAS, KUALITAS WEBSITE, DAN KEMUDAHAN PENGGUNAAN TERHADAP MINAT BELI MAKANAN MENGGUNAKAN JASA GRABFOOD

Lauren Zahra Holdenianda, Andhatu Achsa

Abstract


ABSTRAK

The rapid development of technology is able to influence the market with the use of digital applications, such as GrabFood. The purpose of this study is to analyze the factors that influence the dependent variable, namely the interest in buying food for GrabFood service users in the community. Factors that are independent variables include price factors, promotion factors, restaurant credibility factors and ease of use. The population of this research is 89 teenagers who live in Larangan Village. The sampling technique used was purposive sampling totaling 73 respondents with the criteria of respondents who were users of the GrabFood by Grab application, had ordered food on the application, and were willing to be respondents to the questionnaire distributed by researchers. This research is a qualitative research through observation, interviews and literature study using factor analysis method. Based on the results of the research, it is known that the most dominant factor influencing the interest in buying food via GrabFood in the Larangan Village community is the price factor and the restaurant credibility factor with a percentage of 77.5% being the most dominant factor.

Keywords: Price, Promotion, Kredibility, Website Quality, Buying Interest

 

Perkembangan teknologi yang sangat cepat mampu mempengaruhi pasar dengan penggunaan aplikasi digital, seperti GrabFood. Tujuan dari penelitian ini untuk melakukan analisis faktor-faktor yang mempengaruhi variabel dependen yaitu minat beli makanan pada pengguna jasa GrabFood di kalangan masyarakat. Faktor-faktor yang merupakan variabel independen meliputi faktor harga, faktor promosi, faktor kredibilitas restoran  dan kemudahan penggunaan. Populasi dari penelitian ini merupakan 89 remaja yang tinggal di Desa Larangan. Teknik pengambilan sample yang digunakan adalah purposive sampling berjumlah 73 responden dengan kriteria responden yang merupakan penggguna aplikasi GrabFood by Grab, sudah pernah memesan makanan pada aplikasi tersebut, dan bersedia menjadi responden kuisioner yang disebar oleh peneliti. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif melalui observasi, wawancara dan studi pustaka dengan menggunakan metode analisis faktor. Berdasarkan perolehan hasil penelitian diketahui bahwa faktor yang paling dominan mempengaruhi minat beli makanan via GrabFood pada masyarakat Desa Larangan adalah faktor harga dan faktor kredibilitas restoran dengan presentase 77,5% merupakan faktor yang paling dominan.

Kata Kunci : Harga, Promosi, Kredibilitas, Kualitas Website, Minat Beli

 


Keywords


Price, Promotion, Kredibility, Website Quality, Buying Interest

References


Ahyar, H., Maret, U. S., Andriani, H., Sukmana, D. J., Mada, U. G., Hardani, S.Pd., M. S., Nur Hikmatul Auliya, G. C. B., Helmina Andriani, M. S., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (Issue March).

Amalia, Q. (2021). Persepsi Konsumen Terhadap Faktor yang mempengaruhi Niat Menggunakan aplikasi Go-Food di Masa Pandemi COVID-19. … Industrial Research Workshop and National Seminar, 4–5. https://jurnal.polban.ac.id/ojs-3.1.2/proceeding/article/view/2841/2220

Audina, M. (2019). Pengaruh Kredibilitas, Reputasi, Dan Kemampuan Persuasif Food Bloggers Terhadap Intensi Konsumen Dalam Memilih Sebuah Restoran. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 3(3), 1–8. https://doi.org/10.24912/jmbk.v3i3.4970

Barus, E. E., Suprapto, & Herlambang, A. D. (2018). Analisis Kualitas Website Tribunnews.com Menggunakan Metode Webqual dan Importance Performance Analysis. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 2(4), 1483–1491.

Dama, D. (2016). Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen Dalam Memilih Laptop Acer di Toko Lestari Komputer Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi , 16(1), 503–514.

Ernestivita, G. (2016). Analisis Pengaruh Place, Promotion, Dan People Terhadap Keputusan Konsumen Melakukan Pembelian Produk Pasar Modal Dengan Menggunakan Jasa Equity Brokerage Di Pt Sucorinvers Central Gani Cabang Kediri. Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis, 1(2), 10–20. https://doi.org/10.29407/nusamba.v1i2.455

Hasugian, P. S. (2018). Perancangan Website Sebagai Media Promosi Dan Informasi. Journal Of Informatic Pelita Nusantara, 3(1), 82–86.

Irda, Rosha, Z., & Titipan, W. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Desain Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kerajinan Perak Di Nagari Koto Gadang, Kabupaten Agam. Menara Ekonomi, 5(2), 44–52.

Jatmiko, Maharay, V. (2015). Pengaruh Kualitas Website. Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 3, 1–11.

KemenKeu. (2021). Merekam Pandemi Covid--19 dan Memahami Kerja Keras Pengawal APBN.

Kominfo. (2018). Pengguna Internet Indonesia Nomor Enam Dunia. Kominfo.Go.Id. https://kominfo.go.id/content/detail/4286/pengguna-internet-indonesia-nomor-enam-dunia/0/sorotan_media

Nurwibowo, R. W., & Indriani, F. (2017). ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELI KONSUMEN TERHADAP PRODUK FASHION ONLINE MELALUI JEJARING SOSIAL INSTAGRAM. 6, 1–9.

Prasetyo, Y. T., Tanto, H., Mariyanto, M., Hanjaya, C., Young, M. N., Persada, S. F., Miraja, B. A., & Redi, A. A. N. P. (2021). Factors affecting customer satisfaction and loyalty in online food delivery service during the COVID-19 pandemic: Its relation with open innovation. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 7(1), 1–17. https://doi.org/10.3390/joitmc7010076

Rachmadhani, A., Soenarno, P., Mukhammad, S., & Mawardi, K. (2015). ANALISIS PENGARUH KUALITAS INFORMASI DAN KREDIBILITAS SUMBER TERHADAP KEGUNAAN INFORMASI DAN DAMPAKNYA PADA ADOPSI INFORMASI (Studi pada Masyarakat Pengikut Akun Twitter Resmi iKaskus). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol, 25(1), 1–8.

Renny, Guritno, S., & Siringoringo, H. (2013). Perceived Usefulness, Ease of Use, and Attitude Towards Online Shopping Usefulness Towards Online Airlines Ticket Purchase. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 81, 212–216. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.06.415

Saidani, B., Lusiana, L. M., & Aditya, S. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Website dan Kepercayaan Terhadap Kepuasaan Pelanggan dalam Membentuk Minat Pembelian Ulang pada Pelanggan Shopee. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 10(2), 425–444.

Sinta, M., Dewi, E., & Achsa, A. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen : Studi Pada Online Shop Shopee. 20(1), 80–87.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. In Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents.

Utami, A. V., & Sari, D. (2020). Analisis Faktor Pendorong Niat Menggunakan Grab. E-Proceeding of Management, 7(2), 3396–3405.

Vania, S. (2021). Pengaruh Promo Shopeefood Terhadap Minat Beli Pengguna Shopee (Di Daerah Tangerang Selatan). Jurnal Administrasi Bisnis, 46–58.

Yasin, H. (2014). PENGARUH PROMOSI DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI PERUMAHAN OBAMA PT. NAILAH ADI KURNIA SEI MENCIRIM MEDAN. 14(02), 139.




DOI: https://doi.org/10.21107/kompetensi.v16i2.18341

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Lauren Zahra Holdenianda, Andhatu Achsa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.