PENGARUH STRATEGI SEGMENTASI PASAR DALAM PENINGKATAN JUMLAH NASABAH DI BMT MANDIRI SEJAHTERA JAWA TIMUR CABANG DUKUN GRESIK

Darul Islam

Abstract


Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui Apakah segmentasi pemasaran demografis, geografis, psikografis, dan prilaku secara parsial dan simultan berpengaruh terhadap peningkatan jumlah nasabah di BMT mandiri sejahtera. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Random Sampling mengunakan rumus slovin, dengan hasil sampel adalah 95 nasabah di koperasi simpan pinjam dan pembiayaan syari’ah BMT Mandiri Sejahtera Jawa Timur cabang Dukun Gresik. Kemudian dilaksanakan analisis terhadap data yang diperoleh dengan menggunakan analisis kuantitatif. Analisis kuantitatif meliputi uji validitas, uji reabilitas, analisis regresi linier berganda, analisis koefisien determinasi (R2) dan koefisien korelasi ganda, uji F, uji T, uji autokorelasi, uji multikolinearitas, dan uji heteroskidastisitas. Variabel penelitian ini adalah demografis, geografis, psikografis, dan prilaku sebagai variabel bebas, dan Jumlah Anggota sebagai variabel terikat. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Segmentasi demografis, geografis, psikografis, dan prilaku berpengaruh secara simultan signifikan terhadap peningkatan jumlah anggota Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syari'ah BMT mandiri sejahtera jawa timur cabang dukun gresik, selain itu Segmentasi demografis, geografis, psikografis, dan prilaku sama-sama berpengaruh secara parsial signifikan terhadap peningkatan jumlah anggota Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syari'ah BMT Mandiri Sejahtera Jawa Timur cabang Dukun Gresik

Kata kunci : Demografis, Geografis, psikografis, Prilaku, dan Jumlah Anggota


References


Ahmadi, N. K., & Herlina. (2017). Analisis Segmentasi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Eiger di Bandar Lampung. Jurnal Manajemen Magister, Vol 03. No.01, Januari 2017, 03(01), 75–95.

Alifudin, M. Z., Yunus Zamrozi, M., Kunci, K., Pasar, S., & Nasabah, J. (2021). Strategi Segmentasi Pasar Untuk Peningkatan Jumlah Nasabah Di Bmt Sidogiri Capem Sempu. Jurnal Ekonomi Syariah Darussalam, 2(I), 2745–8407.

Hery, S. E. M. S. C. R. P. R. S. A. C. (2019). Manajemen Pemasaran. Gramedia widiasarana indonesia. https://books.google.co.id/books?id=-cSZDwAAQBAJ

Philip Kotler Gary Armstrong. (2017). Principles of Marketing. In Pearson (sixteenth). https://doi.org/10.1007/978-1-84628-377-2_3

Said, L. R. (2021). Manajemen Pemasaran Umkm Di Era Digital. In UMKM 5.0; Strategies and Innovation to Digital Business Transformation (Issue September).

Sugiono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (26th ed.) (2017th ed.). Alfabeta.

Tiris Sudrartono. (2019). Pengaruh Segmentasi Pasar Terhadap Tingkat Penjualan Produk Fashion Umk. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 10(1), 53–64. https://doi.org/10.32670/coopetition.v10i1.40

Wahyudi, H. (2013). ISSN 2303-1174 Hari Wahyudi, Segmentasi Pasar Berdasarkan... Jurnal Ekonomi, 1(3), 302–310.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Darul Islam, S.E., M.M.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Competence : Journal of Management Studies 
by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2541-2655 (Online) dan ISSN: 1907-4824 (Print)


Indexed by: