FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMBENTUKAN PERILAKU NGOPI MASYARAKAT KOTA PONTIANAK – SEBUAH STUDI EKSPLORASI

Ahmadi -, Djunita Permata Indah

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ditujukan untuk mengetahui faktor-faktor pembentuk perilaku ngopi Masyarakat Kota Pontianak. Penelitian ini merupakan riset kualitatif dengan pendekatan eksploratori menggunakan kuesioner sebanyak 133 responden. Karakteristik responden pada penelitian ini didominasi oleh anak muda dengan kisaran umur 18-35 tahun. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis faktor (Exlploratory Factor Analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 23 variabel pembentuk perilaku ngopi yang dapat dikelompokan menjadi lima faktor yakni sikap terhadap budaya ngopi, produk dan lokasi, karakteristik personal, faktor sosial, dan harga dan promosi. Hasil penelitian ini masih perlu dilanjutkan dengan pendekatan konfrimatori agar semakin kuat dalam menjelaskan pembentukan perilaku ngopi masyarakat Kota Pontianak.

 

Kata Kunci: Budaya Ngopi, Warung Kopi, coffee shop, Perilaku Konsumen, Penelitian Eksplorasi, Exploratory Factor Analysis

 

ABSTRACT

The research is aimed at knowing the factors that form the ngopi behavior of Pontianak people. This research is a qualitative research with an exploratory approach using a questionnaire of 133 respondents. The characteristics of the respondents in this study were dominated by young people with an age range of 18-35 years. The data analysis technique used is exploratory factor analysis. The results showed that there were 23 variables forming ngopi behavior which could be grouped into five factors, namely attitudes towards coffee culture, product and location, personal characteristics, social factors, and prices and promotions. The results of this study still need to be continued with a confirmatory approach so that it is stronger in explaining the formation of ngopi behavior in the people of Pontianak.

 

Keywords: Ngopi Culture, Warung Kopi, Coffee Shop, Consumer Behaviour, Exploration Research, Exploratory Factor Analysis


Keywords


Ngopi Culture, Warung Kopi, Coffee Shop, Consumer Behaviour, Exploration Research, Exploratory Factor Analysis

References


Ajzen, I. (1991). The Theory Of Planned Behaviour. Organizational Behaviour and Human Decision Prosess, 179-211.

Anggana, R. F., & Idris. (2017). Analisis Pengaruh Kesadaran Merek, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Prabayar XL Di Kalangan Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa Universitas Diponegoro). Diponegoro Journal of Management, 6(1), 1-10.

Assael, H. (2004). Consumer Behaviour A Strategic Approach. Boston: Charles Hartford.

Aziz, M. L., & Sulistiono. (2020). Pengaruh Sikap Konsumen, Periklanan, dan Brand Image Terhadap Minat Beli Konsumen The Jungleland Adventure Theme Park Studi Kasus Pada Mahasiswa STIE Kesatuan. Jurnal Ilmiah Pariwisata Kesatuan, 1(1), 43-52.

Cooper, D. R., & Schindler, P. S. (2014). Business Research Methods. New York: The McGraw-Hill Companies, Inc.

Darmawan, D. (2019). Kualitas Produk, Kesadaran Merek Dan Harga Serta Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Administrasi Bisnis, 8(2), 75-88.

Fithriyyah, D., Wulandari, E., & Sendjaja, T. P. (2020). Potensi Komoditas Kopi Dalam Perekonomian Daerah Di Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung. Mimbar Agribisnis, 6(2), 700-714.

Hair Jr, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2019). Multivariate Data Analysis Eighth Edition. Hampshire: Cengage Learning, EMEA.

Hanggraito, A. A., Wiratama, A. S., & Saifuddien, R. A. (2020). Alternatif Strategi Bauran Pemasaran 7P Mueseum Batik Yogyakarta. Jurnal Kepariwisataan, 4(2), 72-83.

Hidayat, T. (2020). Analisis Pengaruh Produk, Harga, Promosi Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu Manajemen, 17(2), 95-105.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management Global Edition 15e. Essex: Pearson Education Limited.

Kussudyarsana. (2020). Pengaruh Pengetahuan Lingkungan Dan Sikap Konsumen Terhadap Niat Beli Produk Ramah Lingkungan Studi Pada Konsumen Air Mineral ADES di Kota Klaten. Jurnal Fokus, 10(1), 87-101.

Ningsih, D. D., & Maika, M. R. (2020). Strategi Bauran Pemasaran 4P Dalam Menentukan Sumber Modal Usaha Syariah Pedagang Pasar Di Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(3), 693-702.

Ölander, F., & Thøgersen, J. (1995). Understanding Of Consumer Behaviour as a Prerequiste For Environmental protection. Journal of Consumer Policy, 18, 345-285.

Pardana, D., Abdullah, R., Mahmuda, D., Malik, E., Pratiwi, E. T., Dja'wa, A., Hamid, R. S. (2019). Attitude Analysis In The Theory Of Planned Behaviour: Green Marketing Against The Intention To Buy Environmentally Friendly Products. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science (pp. 1-5). Indonesia: IOP Publishing.

Pemani, P. O., Massie, J. D., & Tielung, M. V. (2017). Pengaruh Faktor-Faktor Pribadi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 5(1), 68-77.

Priskila, M., & Tambunan, D. B. (2019). The Effect Of Personal Factor And Psychological Factor On Purchase Intention Of Prospective Wedding Invitation Customer In Surabaya. Internasional Journal of Scientific & Technology Research, 8(07), 602-606.

Puspita, R., & Yunus, M. S. (2017). Pengaruh Faktor Sosial, Citra Merek, Dan Kualitas Produk Terhadap Kepercayaan Merek Serta Dampaknya Pada Loyalitas Pelanggan Telepon Seluler (Studi Kasus Pada Pengguna Samsung Di Banda Aceh). Jurnal Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unsyiah, 1(1), 46-58.

Sodik, A., & Putri, R. R. (2019). Pengaruh Budaya Terhadap Desain Web Menggunakan Pendekatan Hostade. INTEGER: Journal of Information Technology, 4(2), 01-06.

Stern, P. C., Abel, T. D., & Guagano, G. A. (1999). A Value-Belief-Norm Theory of Support for Social Movements: The Case of Environmentalism. Research in Human Ecology, 6(2), 81-97.

Sunarsi, D. (2020). Pengaruh Bauran Pemasaran Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Giant Dept Store Cabang BSD Tangerang. E-Mabis: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 21(1), 7-13.

Suprihati, U. W. (2015). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Mobil Pribadi Di Kelurahan Gonilan Kabupaten Sukoharjo. Jurnal Paradigma, 13(01), 104-116.

Trandafilovic, I., Pašić, V., & Perunović, S. (2013). The Research Of Cognitive And Affective Behaviur During Shopping. Facta Universitatis, 10(2), 147-164.

Wu, S.-I., & Chen, J.-Y. (2014). A Model of Green Consumption Behavior Constructed by the Theory of Planned Behaviour. Internasional Journal of Marketing Studies, 6(5), 119=132.

Yakasai, A. B., & Jusoh, W. J. (2015). Testing the Theory of Planned Behavior in Determining Intention to Use Digital Coupon among University Students. Procedia Economics and Finanace, 186-193.




DOI: https://doi.org/10.21107/kompetensi.v16i1.14440

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ahmadi Ahmadi Ahmadi, Djunita Permata Indah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.