Pengaruh Promosi Online Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Pada Ud. Bintang Sembilan)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi online dan word of mouth terhadap keputusan pembelian pada UD Bintang Sembilan. Bintang Sembilan sebagian atau bersamaan. Penelitian ini menggunakan data primer yaitu data yang diperoleh langsung dari konsumen UD. Bintang Sembilan Bintang Sembilan. Sampel menggunakan teknik non-probability sampling yaitu incidental sampling, dengan jumlah sampel 100 responden. Instrumen penelitian menggunakan angket dan dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan secara parsial promosi online berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dan word of mouth secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara simultan kedua variabel yaitu promosi online dan word of mouth berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian
Purpose of this study was to determine the effect of online promotion and word of mouth on purchasing decisions at UD Bintang Sembilan. The Nine Star partially or simultaneously. This study uses primary data, namely data obtained directly from consumers of UD. Bintang Sembilan Nine Star. The population of this research is consumers of UD. Bintang Sembilan using a non-probability sampling technique, namely incidental sampling, with a sample size of 100 respondents. The research instrument used a questionnaire and analyzed using multiple linear regression analysis with t test (partial) and f test (simultaneous).
The results of this study indicate partially online promotion has a significant effect on purchasing decisions and for word of mouth partially has a significant effect on purchasing decisions. Simultaneously, the two variables, namely online promotion and word of mouth, have a significant effect on purchasing decisions.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Taat Kuspriyono. (2017). Pengaruh Promosi Online dan Kemasan Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Merek Sariayu Martha Tilaar . Perspektif. Vol. XV, No. 2.
Rosida dan Intisari Haryanti. (2020), Pengaruh Promosi Online dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Nithalian Collection Bima). Journal of business and ecomnomics researh. Vol.1, No.2
Erna Susilawati dan Rani Puspita Dhaniawaty. (2020). Pengaruh Ict Dan Promosi Online Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Mahasiswa Prodi Sistem Informasi Unikom Pengguna Online Shop). Majalah ilmiah UNIKOM. Vol.17, No.1
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&D. Bandung: Peneribit Alfabeta.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung. Penerbit Alfabeta.
Narbuko, Cholid, Achmadi, H. Abu. (2015). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sumarwan, Ujang, Fachrodji, Achmad, Nursal, Adman, Nugroho, Arissetyanto, Nurzal, Erry Ricardo, Setadi, Ign. Anung, Suhayono, Alamsyah, Zeffry. (2014). Pemasaran Strategic: Perspective Value-Based Marketing. Bogor: IPB Press.
Tjiptono, Fandy. (2015). Strategi Pemasaran. Edisi 4. Yogyakarta: penerbit CV. ANDI OFFSET.
Wijayanti, Titik, (2012.) Managing Marketing Plan (Teori & Aplikasi). Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Alma, Bukhari. (2009). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Simon Hudson & Karen Thal. (2013). The Impact of Social Media on the Consumer Decision Process: Implications for Tourism Marketing. Journal of Travel & Tourism Marketing
Bagas Aji Pamungkas & Siti Zuhroh. (2016). Pengaruh promosi di media sosial dan word of mouth terhadap keputusan pembelian (studi kasus pada kedai bontacos, jombang). Jurnal komunikasi. Vol. X, No. 02
Andrew Tjenghar Widjaja. (2016). Pengaruh Word Of Mouth Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Purchase Intention: Sebuah Studi Kasus Mengenai Perilaku Konsumen Terhadap Jasa Ojek Online Gojek. Jurnal Bisnis dan Manajemen. Vol.53, No.12.
Kiki Joesyiana. (2018). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Media Online Shop Shopee Di Pekanbaru. Valuta. Vol. 4, No.1.
Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Edisi ketujuh. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Universitas Diponegoro.
Pribadi, W. (2010). 16 Cara Efektif Mendatangkan Pelanggan Lewat Internet: Mempromosikan Bisnis dan Menjaring Pasar Lebih Luas. Jakarta: Bukuné.
DOI: https://doi.org/10.21107/kompetensi.v15i2.12517
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Lukmanul Hakim, Bambang Setiyo Pambudi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.