Citra Merek Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Bs Coffee & Donuts)

Mila Camelia, Budi Hartono

Abstract


Mempertahankan suatu usaha bukanlah hal yang mudah ditengah persaingan yang ketat dan adanya permasalahan yang timbul akibat sesuatu yang tidak terduga seperti bencana alam yang sedang dihadapi hampir seluruh bidang usaha di dunia yaitu permasalah yang timbul akibat pandemi covid-19 yang menimpulkan adanya peraturan pemerintah dalam pembatasan sosial dan juga adanya penurunan daya beli masyarakat yang juga mempengaruhi pendapatan suatu usaha. Untuk menghadapi itu sangat penting bagi seorang wirausaha untuk menetapkan strategi yang tepat untuk mempertahankan usahnya. Objek dalam penelitian ini adalah BS Coffee & Donuts yang mana cafe tersebut masih mampu bertahan dan menjalankan usaha ditengah pandemi covid-19 dan ketat persaingan terbukti dengan tidak pernah sepinya pengunjung yang melakukan pesanan dine-in maupun take away. Metode penelitian ini adalah analisis deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah orang yang pernah mengkonsumsi produk BS Coffee & Donuts dan bersedia untuk mengisi kuisioner yang disebarkan oleh peneliti. Penentuan sample pada penelitian ini didasarkan pada dua kriteria yaitu orang yang pernah membeli produk BS Coffee & Donuts yang berjumlah 41 orang. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa variabel citra merek dan promosi merupakan faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen BS Coffee & Donuts.

 

Maintaining a business is not easy in the midst of intense competition and there are problems that arise due to something unexpected such as natural disasters that are being faced by almost all business fields in the world, namely problems that arise due to the covid-19 pandemic which has led to government regulations in social restrictions. and also a decrease in people's purchasing power which also affects the income of a business. To deal with it, it is very important for an entrepreneur to set the right strategy to maintain his business. The object in this research is BS Coffee & Donuts, where the cafe is still able to survive and run a business in the midst of the covid-19 pandemic and tight competition as evidenced by the never empty visitors who order dine-in and take away. This research method is descriptive analysis. The population in this study were people who had consumed BS Coffee & Donuts products and were willing to fill out the questionnaire distributed by the researcher. Determination of the sample in this study is based on two criteria, namely people who have bought BS Coffee & Donuts products, amounting to 41 people. The results of this study indicate that brand image and promotion variables are factors that influence consumer purchasing decisions for BS Coffee & Donuts.


Keywords


citra merek, promosi, keputusan pembelian, usaha, wirausaha,bencana alam

Full Text:

PDF

References


Amilia, S. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan Unsam, 6(1), 660–669.

Bakti, S. (2016). Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Minat Beli Ulang Pada Kedai Kopi Black Canyon Mall Jamtos. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 5(1), 36–48. https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/3233

Ernestivita, G. (2016). Analisis Pengaruh Place, Promotion, Dan People Terhadap Keputusan Konsumen Melakukan Pembelian Produk Pasar Modal Dengan Menggunakan Jasa Equity Brokerage Di Pt Sucorinvers Central Gani Cabang Kediri. Jurnal Nusamba, 1(2).

Fandyanto, R., & Kurniawan, R. (2019). Pengaruh Kepercayaan Merek Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Ulang “Kopi Toraja” Di Coffee Josh Situbondo. Jurnal Ilmiah Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 7(1), 21–42.

Kuinang1, L. D., Moniharapon2, S., & Soegoto3, A. S. (2018). Pengaruh Kebutuhan, Gaya Hidup, Dan Citra Merek Terhadap Pengambilan Keputusan Konsumen Di Warung Kopi Van Ommen Coffee Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(3), 1238–1247. https://doi.org/10.35794/emba.v6i3.20180

Lasander, C. (2013). Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Promosi Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Makanan Tradisional. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(3), 284–293. https://doi.org/10.35794/emba.v1i3.2024

Lubis, D. I. D., & Hidayat, R. (2017). Pengaruh Citra Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma Medan. Jurnal Ilman, 5(1), 15–24. https://doi.org/10.4135/9781412983907.n1598

Malardy, M. A., & Sari, D. (2015). Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus Konsumen Siete Cafe & Garden Bandung). Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 2(2), 1–8.

Mulyawan, A., & Sidharta, I. (2013). ANALISIS DESKRIPTIF PEMASARAN JASA DI STMIK MARDIRA INDONESIA BANDUNG. Computech & Bisnis, 7(1), 1–8.

Pramezwary, A., Juliana, J., Winata, J., Tanesha, R., & Armando, T. (2021). Brand Trust dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Di Masa Covid-19. Jurnal Perspektif, 19(1), 24–31. https://doi.org/10.31294/jp.v19i1.9376

Qonita, A. (2018). Analisis Pengaruh Iklan, Celebrity Endorser, Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Wardah Kosmetik (Survei Pada Calon Konsumen Wardah Kosmetik Complek Pondok Pesantren Mulungan Wetan, Mlati, Sleman, DIY). Jurnal Ekobis Dewantara, 1(8).

Rudi, G. (2017). Studi Pustaka Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian : Harga, Promosi, Kepercayaan, Citra Merek Dan Kualitas Produk Pada Toko Online Gudanggrosiran.Com. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 21–25. https://doi.org/10.38035/JMPIS

Sholihat, A. (2019). Pengaruh Promosi Penjualan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Di Krema Koffie. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 4.

Suryani, H. W. (2016). Analisis Pengaruh Promosi Terhadap Peningkatan Penjualan Sparepart Pada Pt Aksara Motor Medan. Ilmiah Integritas, 2(1), 1–13.

Syamsidar, R., & Soliha, E. (2019). Kualitas Produk, Persepsi Harga, Citra Merek dan Promosi terhadap Proses Keputusan Pembelian. Jurnal Bisnis Dan Ekonomi, 26(2), 146–154.




DOI: https://doi.org/10.21107/kompetensi.v15i2.12516

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Mila Camelia, Budi Hartono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.