PENGARUH HARGA, PROMOSI, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK BATIK TENUN IKAT DI CV. SILVI MN PARADILA PARENGAN MADURAN LAMONGAN
Abstract
Batik merupakan salah satu hal yang dilirik dalam industri fashion. Hal tersebut dapat mempengaruhi keputusan pembelian dalam membeli batik. Dalam hal ini di daerah Lamongan tepatnya di Desa Parengan, Kecamatan Laren juga terdapat industri batik yang dikelola oleh CV Silvi MN Paradila merupakan salah satu industri batik yang menyediakan kain batik tenun ikat, adapun songket, batik tradisional, pakaian jadi, dan sarung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, promosi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian produk batik tenun ikat di CV. Silvi MN Paradila Parengan Maduran Lamongan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sample yang berjumlah 100 responden. Metode ini menggunakan kuantitatif dengan pendekatan explanatory reseach yang menggunakan analisis data dengan uji validitas dan reabilitas, analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik, uji koefisiensi determinasi, serta uji t dan uji f. Kemudian hasil R square sebesar 95,4%. Menunjukkan 3 variabel independen terhadap variabel dependen sebesar 95,4%. Sedangkan sisanya sebesar 4,6% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diajukan dalam penelitian ini.
Batik is one thing that is ogled in the fashion industry. This can affect purchasing decisions in buying batik. In this case, in the Lamongan area, precisely in Parengan Village, Laren District, there is also a batik industry managed by CV Silvi MN Paradila is one of the batik industries that provides ikat batik cloth, as for songket, traditional batik, apparel, and sarongs. This study aims to determine the effect of price, promotion and service quality on purchasing decisions of ikat batik products at CV. Silvi MN Paradila Parengan Maduran Lamongan. The sampling technique used is a purposive sample of 100 respondents. This method uses a quantitative explanatory research approach that uses data analysis with validity and reliability tests, multiple linear regression analysis, classical assumption test, coefficient of determination test, and t test and f test. Then the result of R square is 95.4%. Shows 3 independent variables to the dependent variable of 95.4%. While the remaining 4.6% is explained by other variables not proposed in this study.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustina Intan. dkk. (2018), Pengaruh Harga, Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian, Proceding Progress Conference, Vol. 1 No.1 Agustus 2018. http://proceedings.stiewidyagamalumajang.ac.id/index.php/progress/article/view/45. Diakses pada 5 April 2021.
Ansari Harahap Dedy. dkk. (2018). Effect Of Product Completeness and Price on Consumer Purchasing Decision. Jurnal Manajemen. Volume 22 No. 1 Februari 2018: 47-61. http://www.ecojoin.org/index.php/EJM/article/view/312. Diakses pada 19 April 2021.
Efendi Nasution Asrizal dam Taufik Lesmana Muhammad. (2018). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Alfamartdi Kota Medan), Prosiding Seminar Nasional Vokasi Indonesia, Volume 1 83-88. https://www.researchgate.net/publication/328926736_Pengaruh_Harga_dan_Kualitas_Pelayanan_Terhadap_Keputusan_Pembelian_Konsumen_Studi_Kasus_pada_Alfamart_di_Kota_Medan.
Fazrir Arfan Muhammad. dkk. (2019). The Effect of Promotion, Price Perception and Product Quality on Purchasing Weaving Decisions. International Journal of Research and Review, Vol.6 Issue: 7 July 2019: 349-360. https://www.academia.edu/download/63583574/IJRR004320200610-10339-1egfmvo.pdf. Diakses pada 9 April 2021.
Felica Angelika Pasaribu Ruth. dkk. (2019). Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen. Volume 5 Nomor 1 Juni 2019:45-52. http://www.ejournal.lmiiemedan.net/index.php/jm/article/view52.
Lusiana Siregar Jesika. dkk. (2019). Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Akrab Juara. Volume 4 Nomor 1 Februari 2019:97-108. http://www.akrabjuara.com/index.php/akrabjuara/article/view/468. Diakses pada 6 April 2021.
Ustman D. Y Mohammad dan Wahyuati Aniek. (2020), Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian di Tokopedia, Jurna Ilmu dan Riset Manajemen. Vol.9 No. 6 Juni 2020: 2461-0593. http://jurnalmahasiswa.stiesa.ac.id/index.php/jirm/article/view/3074. Diakses pada 5 April 2021.
Rochyatun, E. (2007) Pemantauan Kadar Logam Berat Dalam Sedimen Di Perairan Teluk Jakarta. Jurnal Makara Sains. Vol. 11 No. 1, 28-36.
Klimoski, R., & Palmer, S. (1993). The ADA and the hiring process in organizations. Consulting Psychology Journal: Practice and Research, 45, 10-36.
Wolchik, S. A., West, S. G., Sandler, I. N., Tein, J., Coatsworth, D., Lengua, L., et al. (2000). An experimental evaluation of theory-based mother and mother-child program for children of divorce. Journal of Consulting and Clinical Psychology, 68, 843-856.
Wolchik, S. A., West, S. G., Sandler, I. N., Tein, J., Coatsworth, D. (2000). An experimental evaluation of theory-based mother and mother-child program for children of divorce. Journal of Consulting and Clinical Psychology, 58(1, Serial No. 231).
DOI: https://doi.org/10.21107/kompetensi.v15i2.12511
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Martha Laila Arisandra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.