Analisis Pengembangan Usaha Prukades (Produk Unggulan Desa) Madulang Sampang Melalui Growth Hacking Marketing Strategy

Moh Syarif, - Musoffan

Abstract


Prukades (Produk Unggulan Desa) merupakan kemampuan suatu desa untuk menciptakan suatu produk yang bernilai, guna memanfaatkan sumber daya yang ada di desa, sehingga mendatangkan pendapatan bagi masyarakat maupun pemerintah desa.Setiap desa memiliki potensi-potensi yang dapat dikembangan secara nyata, namun tak semua desa mampu menciptakan produk unggulan yang ada di desanya. Desa madulang merupakan desa yang memiliki produk unggulan “Kripik Tette”.Kripik ini berjenis kripik singkong yang diolah secara tradisional dengan memadukan kearifan setempat (local wisdom).Dalam perkembangannya banyak tantangan-tantangan yang harus dilalui oleh desa agar produk yang dihasilkannya mampu menembus pasaran dengan baik, sehingga berbagi upaya harus dilakukan.Permasalahan yang kerap kali ditemui dalam pengembangan produk unggulan desa tersebut adalah pengembangan pemasaran usaha.Sehingga penelitian ini sangat di harapakan agar pengembangan usaha produk unggulan desa yang berbasis local wisdom ini tetap berkembang dan harapannya mampu menembus pasar komoditi internasional.


Keywords


Prukades, Strategi Pemasaran, Growth Hacking

Full Text:

PDF

References


Buku

Abdullah, Thamrin & Tantri, Francis.(2015). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Raja GrafindoPersada.

Ali Hasan, 2013, Marketing, Cetakan Pertama, Media Pressdindo Yogyakarta.

Ellis, Sean & Brown, Morgan (2017),“Srategies For Hacking Growth”, Customer RelationshipManagement.

Mullins, John W dan Walker Jr, Orville C. 2013.Marketing Management: A Strategic Decision-Making Approach, 8th Edition, McGraw-Hill International Edition.

Strauss, Anselm & Corbin Juliet (2015), “Dasar-dasar penelitian kualitatif”, Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Jurnal

Dewi J.M, Joko W dan Sutrisno Djaja. 2019 “Strategi Pemasaran Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Batik Magenda Tamanana Kabupaten Bondowoso”. Jurnal Pendidikan Ekonomi Volume 13 Nomor 1

Hartono, Hendry, dkk. 2012. Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Penjualan Pada Perusahaan” Dengan Menetapkan Alumni dan Mahasiswa Universitas Bina Nusantara Sebagai Objek Penelitian. Jurusan Manajemen. Universitas Bina Nusantara. Jakarta Barat.Jurnal (Online).

McLean, J, Graeme (2017), “Investigating The Online Customer Experience – a B2B Perspective”, Marketing Intelligence & Planing, vol. 35, no. 5, pp. 657-672.

Singh, Jaywant, Kalafatis, P, Stavros & Ledden, Lesley (2014),“Consumer Perception of Cobrands : The Role of Brand Positioning Strategies”, Marketing Intellingence & Planning, vol. 32, no. 2, pp. 145-159.

Shaltoni, Monim, Abdel (2017), “From Website to Social Media :Exploring The Adaption of Internet Marketing in Emerging Industrial Markets”, Journaal of Business & Industrial Marketing, vol. 32, no. 7, pp. 1009-1019.

Tambajong, Geraldy. 2013. Bauran Pemasaran Pengaruhnya Terhadap Penjualan Sepeda Motor Yamaha Di Pt. Sarana Niaga Megah Kerta Manado. Jurnal EMBA Volume 1 Nomor 3 September 2013.

Weinstein, Art (2014), “Target Market Selection in B2B Technology Markets”, Journal of Marketing Analytics, vol. 2, no. 1, pp. 59-69.

Fu, Q, Frank & Elliott, T, Michael (2013), “The Moderating Effect of Perceived Product Innovativeness and Product Knowlage on New Product Adoption : An Integrated Model”, Journal of Marketing Theory and Practice, vol. 21, no. 3, pp. 257-272.




DOI: https://doi.org/10.21107/kompetensi.v15i1.10562

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Moh Syarif, - Musoffan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.