Kreativitas Dan Inovasi Dalam Islam Terhadap Keberlangsungan Umkm Di Masa Pandemi Covid-19 Di Indonesia
Abstract
Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) merupakan sektor riil ketiga dalam pasar output yang bersama-sama menghasilkan value added (diukur dalam GDP) dalam sebuah perekonomian. Akan tetapi di tahun 2020 ini, Indonesia juga mengalami bencana dunia yang disebabkan oleh Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kreativitas dan inovasi dalam Islam terhadap keberlangsungan UMKM di Indonesia di tengah-tengah merebakakunya Covid-
19, serta memberikan beberapa kiat-kiat untuk membangun dua aspek tersebut. Dalam penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi dan solusi bagi seluruh masyarakat, terutama umat muslim sebagai penduduk terbanyak di Indonesia dalam mengatasi guncangan ekonomi saat ini. Penelitian ini
merupakan penelitian kualitatif deskriptif berbasis data sekunder. Sebelum sesorang mendirikan sebuah bisnis usaha, haruslah mengetahui dan mengenal lingkungan usahanya baik dalam lingkup mikro maupun makro. Kemudian seorang pembisnis harus memiliki link atau hubungan kerjasama yang luas dengan pembisnis lainnya yang berperan sebagai penyalur atau dropsipper. Selanjutnya, seorang pembisnis harus dapat mengamati kondisi ekonomi yang tengah terjadi di masa Pandemi Covid-19 saat ini, Bagi seorang pelaku ekonomi
di sektor UMKM, kreativitas dan inovasi memang sangat dibutuhkan. Untuk dapat mengambangkan kedua aspek utama tersebut, Seorang pelaku UMKM
harus memiliki kiat-kiat agar dapat bertahan dan mampu bersaing di tengah-
tengah pandemi Covid-19.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al-Faizin, Abdul Wahid dan Nashr Akbar, 2018. Tafsir Ekonomi Kontemporer: Menggali Teori dari Ayat-Ayat Al-Qur’an. Jakarta: Gema Insani.
Astamaoen, Moko P., 2005. Enterpreneur dalam Perspektif Kondisi Bangsa Indonesia. Bandung: Alfabeta.
Aswar, Solusi Ekonomi dan Keuangan IslamSaat Pandemi, www.kemenkeu.go.id, 4 Mei 2020.
Awali, Husni dan Farida Rohmah, 2020. Urgensi Pemanfaatan E-Marketing pada Keberlangsungan UMKM di Kota Pekalongan di Tengah Dampak Covid-19. Balance: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, Vol. 2, No. 1.
Az-Zuhaili, 1998. Tafsir al-Munir fi al-Aqidah wa asy-Syari’ah wa al-Manhaj. Vol. 30. Beirut: Darul Fikr.
Baldwin, R. dan B. W. Mauro, 2020. Economics in the Time of Covid-19. CEPR Press VoxEU.org.
Darsono, dkk., 2018. Memberdayakan Keuangan Mikro Syariah Indonesia: Peluang dan Tantangan ke Depan. Jakarta: Tazkia Publishing.
Hadiwardoyo, Wibowo, 2020. Kerugian Ekonomi Nasional Akibat Pandemi Covid-19. Baskara: Journal of Business & Enterpreneurship, Vol. 2, No. 2.
Helmalia dan Afrinawati, 2018. Pengaruh E-Commerce terhadap Peningkatan endapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kota Padang. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, Vol. 3, No. 2.
Hendro dan Chandra, 2006. Be a Smart and Good Enterpreneur. Bekasi: CLA Publishing.
Karim, A. Adiwarman, 2015. Ekonomi Makro Islami. Edisi ketiga. Jakarta: Rajawi Pers.
McKibbin dan W. Fernando R., 2020. The Global Macroeconomic Impacts of Covid-19: Seven Scenarios. CAMA: Centre for Applied Macroeconomic Analysis, P 1-43.
Pusat Pengkajian dan Pengembangan Ekonomi Islam (P3EI), 2014. Ekonomi Islam. Jakarta: Rajawali Pers.
Rohmah, Siti Ngainnur, 2020. Adakah Peluang Bisnis di Tengah Kelesuan Perekonomian Akibat Pandemi Coronavirus Covid-19?. Adalah: Buletin Hukum & Keadilan, Vol. 4, No.1.
Suryana, 2013. Kewirausahaan: Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta: Salemba Empat.
Taufik, dan Eka Avianti Ayuningtyas, 2020. Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Bisnis dan Eksistensi Platform Online. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, Vol. 22, No. 01. www.google.co.id, diunduh 3 Desember 2020.
Zimmerer, T.W., dan N.M. Scarborough, 1996. Enterprneurship and The New Venture Formation. New Jersey: Prentice Hall International Inc.
DOI: https://doi.org/10.21107/kompetensi.v15i1.10556
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 R Gatot Heru Pranjoto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.