Analisis Usaha Pengolahan dan Strategi Pemasaran Produk Salai Dari Baung Putih (Hemibagrus capitulum) di Desa Kota Bangun Ulu, Kecamatan Kota Bangun, Kabupaten Kutai Kartanegara

Firdaus Sheno Aji, Qoriah Saleha, Juliani Juliani

Abstract


ABSTRAK

Desa Kota Bangun Ulu mempunyai satu pengolah ikan salai yang bernama Busu Asru. Ikan salai baung Busu Asru ini sudah dikenal oleh banyak masyarakat dan usaha tersebut sudah berjalan selama 17 tahun. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menganalisis pendapatan dan kelayakan dengan kriteria invesasi R/C, BEP, ROI, dan PP serta mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan oleh pengolah ikan salai baung Busu Asru yang berada di Desa Kota Bangun Ulu Kecamatan Kota Bangun Kabupaten Kutai Kartanegara. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 1 orang dengan menggunakan Metode Sensus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendapatan usaha pengolahan ikan salai baung Busu Asru sebesar Rp. 4.803.754/bln dan usaha tersebut layak untuk dijalankan. Strategi pemasaran yang telah dilakukan dalam usaha pengolahan ikan salai baung Busu Asru yaitu, pengembangan produk dengan melakukan: pengecapan produk, cara pembungkusan dan penempelan etiket, jaminan dan jasa produk, teknik memperbesar penjualan dengan melakukan: penyampaian reklame harian, bentuk adverstising institutional adverstising, siasat harga dengan menerapkan: penetapan harga sesungguhnya (right price), pengaturan fisik dan cara-cara memperagakan barang secara close display.

Kata Kunci: Analisis Kelayakan, Ikan salai, Kota Bangun Ulu, Strategi Pemasaran

ABSTRACT

Kota Bangun Ulu village has one smoked catfish processor called Busu Asru smoked fish. Busu Asru smoked catfish is well known to many people and the business has been running for 17 years. This research was carried out with the aim of analyzing income and feasibility with investment criteria R/C, BEP, ROI and PP and knowing marketing strategy carried out by the Busu Asru smoked cattfish processor located in Kota Bangun Ulu Village, Kota Bangun District, Kutai Kartanegara Regency. This research was conducted from January 2022 to July 2023, located in Kota Bangun Ulu Village, Kota Bangun District, Kutai Kartanegara Regency. The sample in this study consisted of 1 person using the Census Method. The results of the research show that the revenue from the Busu Asru smoked fish processing business is IDR. 4,803,754/month and the business is feasible to run. The marketing strategy that has been carried out in the Busu Asru smoked fish processing business is product development by product tasting, packaging and affixing labels, product guarantees and services diversivikasi. Techniques for increasing sales by delivering daily advertisements, institutional advertising, pricing tactics by setting real prices (right prices), physical arrangements and ways of displaying goods in close displays.

Keywords: Feasibility Analysis, Marketing Strategy, Salai fish, Kota Bangun Ulu


References


Agustina, D. (2019). Proses Pengasapan Ikan Nila Dengan Sistem Sirkulasi Asap Terkontrol Ditinjau Dari Waktu Pengasapan Dan Kecepatan Laju Alir Udara. Politeknik Negeri Sriwijaya. Palembang.

Badan Pusat Statistik Kutai Kartanegara. (2021). Kecamatan Kota Bangun Dalam Angka 2021. Kabupaten Kutai Kartanegara.

Endaryati, E. (2022). Omzet Pendapatan UMKM dibawah Rp. 500 Juta Bebas Pajak. Universitas Sains dan Teknik Komputer. Semarang.

Fitrah. M & Lutfiyah. (2017). Metodologi penelitian: Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. CV. Jejak. Sukabumi.

Hasanah, R. 2015. Karakteristik Mutu Produk Ikan Baung (Mystus nemurus) Asap Industri Rumah Tangga dari tiga Kecamatan Kutai Barat, Kutai Kartanegara. Jurnal Akuatika, 2.

Justika, N. I., Gunawan, B. I., & Syafril, M. (2022). Analisis Finansial Usaha Pengolahan Manisan Rumput Laut Di Kelurahan Bontang Kuala Kecamatan Bontang Utara Kota Bontang. Jurnal Pembangunan Perikanan dan Agribisnis, 9(1), 147-170.

Martini, D. (2016). Akuntansi Keuangan Menengah Berbasis PSAK Buku 1. Edisi 2. Salemba Empat. Jakarta.

Rahmawati, A. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Jumlah Hunian Kamar Pada Hotel Bumi Senyiur Samarinda. IKIP PGRI Kalimantan Timur. Samarinda.

Rahim, A. & Hastuti, D.R.D. (2007). Ekonomika Pertanian. Penebar Swadaya. Jakarta.

Sari, Y. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Kopi Aceh (Studi Kasus) Merek Dhapu Kopi). Program Studi Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri AR-RANIRY Banda Aceh.

Soekartawi. (2006). Analisis Usaha Tani. Ui Press. Jakarta.

Soekartawi. (2003). Teori Ekonomi Produksi dengan Pokok bahasan Analisis Coob Douglas. PT. Rajagrafindo Persada. Jakarta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Syamsuddin, L. (2009). Manajemen Keuangan Perusahaan. PT. Rajagrafindo Persada. Jakarta




DOI: https://doi.org/10.21107/juvenil.v5i1.23055

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
 INDEXED BY:

           

       
ISSN: 2723-7583