ANALISIS DAMPAK PELABUHAN IKAN - PPN PRIGI TERHADAP EKONOMI WILAYAH KECAMATAN WATULIMO, KABUPATEN TRENGGALEK DENGAN METODE INPUT- OUTPUT ANALISIS

N Nurhadi, S Sumarsono

Abstract


Pembangunan pelabuhan perikanan mempunyai peranan penting dalam upaya untuk membangun masyarakat perikanan di sekitar pelabuhan. Dengan adanya pelabuhan perikanan di suatu daerah diharapkan mampu mewujudkan daerah tersebut berpotensi unggul dalam sektor perikanan dan industri terkait, sehingga mampu meningkatkan ekonomi kawasan tersebut.

Pelabuhan Perikanan Prigi adalah salah satu contoh pelabuhan yang dibagun dan memiliki berbagai pendukung industri dan fasilitas bagi sektor perikanan, serta hasil produksi yang cukup bersaing. Dengan analisa Input-Output (IO) dilihat seberapa besar produk-produk perikanan di pelabuhan Prigi mempengaruhi perkembangan ekonomi wilayah tersebut.

Dari hasil terlihat adanya keunggulan sektor perikanan yang kurang memiliki keterkaitan kebelakang, sehingga diperlukan upaya peningkatan pembinaan dan investasi bidang tersebut

References


Adhyaksa Dault, Abdul Kohar M dan Agus Suherman, Analisis keterkaitan sektor perikanan dengan sektor lain pada perkonomian Jawa Tengah, Jurnal Saintek Perikanan Vol. 4, No. 1, hal. 1-8, 2008.

Dahuri, R. (2003), Paradigma Baru Pembangunan Indonesia Berbasis Kelautan. Orasi Ilmiah Guru Besar Tetap Bidang Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Lautan. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Badan Pusat Statistik (2008), Kerangka Teori dan Analisis Tabel Input-Output, Jakarta.

Ermawan, Rifian Wilyadrin (2008),Kajian Sumberdaya Pantai untuk Kesesuaian Ekowisata di Pantai Prigi Kabupaten Trengalek Profinsi Jawa Timur. Skripsi. Fakultas Peikanan dan Ilmu Kelautan, Institut Petanian Bogor.

Soemarno, MS, Prof (2011), Tabel Input Output (I-O),Materi Kuliah Perencanaan Lingkungan dan Pengembangan Wilayah.

BPS Kabupaten Trenggalek, Kecamatan Watulimo dalam angka 2014, Katalog BPS Tahun 2014.

http://junaidi-dummy.blogspot.com/2009/05/bag-2-tip-trik-excel.html

http://pipp.djpt.kkp.go.id/profilpelabuhan/informasi/1178/kelembagaan

http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/tmp/MSEXCEL4DataAnalysis.pdf

http://trenggalekkab.bps.go.id/index.php?hal=publikasi_detil&id=57




DOI: https://doi.org/10.21107/jk.v10i2.3132

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.




 INDEXED BY: