Program Ladit (Lapak Digital) : Optimalisasi Media Digital sebagai Wadah dalam Pengembangan Umkm di Madura

Fajrin Purnomo

Abstract


Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peran penting dalam sektor ekonomi pada umumnya untuk masyarakat, proses pemerataan dan peningkatan pendapatan masyarakat, mendorong pertumbuhan ekonomi, dan mewujudkan stabilitas nasional. Madura adalah salah satu daerah di Provinsi Jawa Timur yang perekonomiannya didukung oleh sektor UMKM. Namun, selain banyak kontribusi UMKM untuk pembangunan ekonomi, UMKM memiliki masalah, yaitu: Kesulitan dalam mengakses modal, Kesulitan dalam pemasaran, dan informasi asimetris. Jadi perlu mengembangkan potensi UMKM melalui program yang efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat konsep dalam bentuk program yang efektif yang bertujuan untuk memudahkan pengusaha UMKM untuk mendapatkan modal sementara dan akses pemasaran yang lebih luas. Penelitian ini memiliki tinjauan literatur: Pemasaran, Pemasaran Digital, dan UKM. Sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian: daerah Madura. Jenis data adalah data sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan perpustakaan penelitian atau kumpulan bahan yang diambil dari perpustakaan penelitian yang terkait dengan metode penelitian dan analisis data menggunakan reduksi data. Bentuk Program LADIT (Lapak Digital) adalah aplikasi LADIT, ladit education center, Pelatihan, dan Pendampingan. Dari konsep program tersebut, diharapkan dapat memberikan kemudahan dan mendorong kemandirian UMKM di Pulau Madura, serta pihak-pihak terkait.

Keywords


Economy; Madura; UMKM

Full Text:

PDF

References


Anggraeni Dwi Feni,Hardjanto Imam & Hayat Ainul. 2013. Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm)Melalui Fasilitasi Pihak Eksternal Dan Potensi Internal (Studi Kasus Pada Kelompok Usaha “Emping Jagung” Di Kelurahan Pandanwangi Kecamatan Blimbing, Kota Malang). Jurnal Administrasi Publik.Vol.1 No.6. hlm 1287.

Hendrawan, Andi, dkk. 2019. Pengaruh Marketing Digital Terhadap Kinerja Penjualan Produk Umkm Asti Gauri Di Kecamatan Bantarsari Cilacap.

Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan.Vol.4 No.1. hlm 52-54

Nelsi Islamiyati. 2017. 5 Permasalahan Utama yang Dihadapi Para Pelaku UMKM. https://www.jagoanhosting.com/blog/5-permasalahan-utama-yang-dihadapi-para-pelaku-umkm/. Diakses pada tanggal 27 November 2018 pukul 19.34.

Riyanto, Andi Dwi. 2019. Hootsuite (We are Social): Indonesian Digital Report 2019. https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2019/. Diakses pada tanggal 5 November 2019 pukul 14.38.

Rosalina, Sherly, Subagio Hartono.2016. Analisa Pengaruh Product Image Terhadap Purchase Intention Dengan Trust Sebagai Variabel Intevening Pada Blesscon Pt. Superior Prima Sukses. Korespondensi penulis.Vol.1 No.1. hlm 3

Supratman, Lucy Pujasari. 2018. Pengguna Media Sosial oleh Digital Native. Jurnal Ilmu Komunikasi. 15 (1): 48.

Wilantara, Rio F dan Rulli Indrawan. 2016. Strategi dan Kebijakan Pengembangan UMKM. https://rullyindrawanblog.files.wordpress.com/2017/12/editor-strategi-dan-kebijakan-pengembangan-umkm.pdf. Diakses pada tanggal 24 November 2018 pukul 19.18.

Yuwono, Robby dan R. R. Retno Ardianti. 2013. Analisa Faktor-faktor Penghambat Pertumbuhan USAha Mikro dan Kecil pada Sektor Formal di Jawa Timur. Jurnal Agora. Vo. 1 No. 3. Hlm. 2.




DOI: https://doi.org/10.21107/jsmb.v6i2.6687

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Fajrin Purnomo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis
by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2460-3775 (Online) dan ISSN: 2355-9543 (Print)

Indexed by: