Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Pasien pada Rumah Sakit Fatma Medika Kabupaten Gresik

Dian Islamiyah Putri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan konsumen pada Rumah Sakit Fatma Medika Gresik. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probabillity sampling. Penelitian ini menggunkan 50 (lima puluh) responden. Teknik pengujian instrumen dalam penelitian ini adalah uji validitas dan uji reliabillitas, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis linear berganda, dan uji asumsi klasik.

Keywords


kualitas pelayanan; Fasilitas; Kepuasan Konsumen

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2005. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta, Jakarta.

Cronin. Jr. J. Joseph and Steve Taylor. 1992. Measuring Service Quality - A Reexamination And Extension.

Chandra, E. dan Fandy Tjiptono. 2012. Pemasaran Strategik. Yogyakarta: CV Andi.

Garvin D.A. 1996. Managing Quality. New York, Free Press.

Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS (Edisi Ke 4). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Vol.100-125.

Hasan, Iqbal. 2004. Analisis Data Penelitian dengan Statistik. PT Bumi Aksara, Jakarta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Manajemen Cetakan Le-3, Bandung: CV. Alfabet.

Jaya, I dan Syarifudin, I. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Unit Gedung A-RSCM Jakarta. Jurnal Ilmiah Manajamen Fakltas Ekonomi. 1(1), 37-41.

Kotler, P dan Gary, A. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller, 2016. Manajemen Pemasaran. Edisi ke 15, Jilid ke 1, Jakarta: Erlangga.

Lovelock, C dan Laurent K. Wright. 2007. Manajemen Pemasaran Jasa, Jakarta: PT Macanan Jaya Cemerlang.

Mauludin, Hanif. 2001. Analisis Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Image (Studi Pada Penderita Rawat Inap RSUD DR. R. Koesma Tuban). Jurnal Penelitian Akuntansi, Bisnis dan Manajemen. Vol. 7, No. 1 (April) : 37-5.

Martomodjo, Soebri. 2014. Pengaruh Fasilitas dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pelanggan Pada SPBU Pertamina di Sidoarjo. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen, Vol. 3, No. 8. Surabaya: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA).

Nursalam. 2002. Manajemen Keperawatan. Rineka Cipta, Jakarta.

Nursalam. 2011. Manajemen Keperawatan; Aplikasi Dalam Praktik Keperawatan Profesional. Edisi 4. Salemba Medika, Jakarta.

Setyaningsih, I. 2013. Analisis Kualitas Pelayanan Rumah Sakit Terhadap Pasien Menggunakan Pendekatan Lean Serveerf (Lean Service Dan Service Performance). Spektrum Industri. 11(2), 133-148.

Santoso, Singgih. 2012. Statistik Parametik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Umum.

Situmorang, Syafrizal Helmi, Lutfi, Muslich. 2015. Analisis Data : Untuk Riset Manajemen dan Bisnis. Medan : USU Press.

Sugiyono. 2003. Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta, CV, Bandung:

Sunyoto, Danang. 2012. Konsep Dasar Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Yogyakarta: CAPS.

Supartiningsih, S. 2017. Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pasien Rumah Sakit: Kasus Pada Pasien Rawat Jalan. Jurnal Medicoeticolegal dan Manajemen Rumah Sakit. 6(1), 9-14.

Tjiptono, F. 2002. Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi Offset.

Tjiptono, Fandy. 2005. Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia.

Tjiptono, Fandy. 2007. Strategi Pemasaran. Edisi Pertama. Yogyakarta: Andi Ofset.

Tjiptono, F. 2012. Service Manajemen, Mewujudkan Layanan Prima, Andi Offset, Yogyakarta.

Umar, Husein. 2005. Metode Penelitian Untuk Tesis Dan Bisnis, Grafindo Persada, Jakarta.

Yamit, Zulian. 2010. Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Penerbit Ekonisia, Yoyakarta.




DOI: https://doi.org/10.21107/jsmb.v6i2.6683

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Dian Islamiyah Putri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis
by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2460-3775 (Online) dan ISSN: 2355-9543 (Print)

Indexed by: