Analisis Kualitas Website Dan Reputasi Vendor Terhadap Keputusan Pembelian Online Dengan Kepercayaan Konsumen Sebagai Variabel Intervening ( Studi Pada Pembeli Online Tokopedia Di Kabupaten Lamongan )

Nanto Purnomo, Mohammad Arief, Pribanus Wantara

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keputusan pembelian online di Tokopedia. Penelitian ini menggunakan variabel kualitas website dan reputasi vendor sebagai variabel independent. Selain itu, Penelitian ini juga menggunakan kepercayaan konsumen sebagai variabel intervening untuk menganalisis pengaruh tingkat kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian online di Tokopedia.Jenis  penelitian yang  dipakai  dalam  penelitian  ini  adalah  penelitian  kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pembeli online tokopedia di Kabupaten Lamongan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis SEM (Structural Equation Modelling) yang dioperasikan melalui program AMOS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan dari variabel  kualitas website  terhadap  kepercayaan konsumen, terdapat pengaruh positif dari variabel  reputasi vendor  terhadap  kepercayaan konsumen dan terdapat pengaruh positif dari variabel kepercayaan konsumen terhadap  keputusan pembelian. Dalam penelitian ini variabel kualitas website memberikan pengaruh secara langsung yang lebih besar terhadap kepercayaan konsumen apabila dibandingkan dengan pengaruh reputasi vendor. Untuk pengaruh tidak langsung / variabel intervening dalam analisisnya menggunakan standardized indirect effects yang menghasilkan bahwa variabel kualitas website memberikan pengaruh tidak langsung yang lebih besar terhadap keputusan pembelian dibandingkan dengan variabel reputasi vendor. 

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keputusan pembelian online di Tokopedia. Penelitian ini menggunakan variabel kualitas website dan reputasi vendor sebagai variabel independent. Selain itu, Penelitian ini juga menggunakan kepercayaan konsumen sebagai variabel intervening untuk menganalisis pengaruh tingkat kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian online di Tokopedia.

Jenis  penelitian yang  dipakai  dalam  penelitian  ini  adalah  penelitian  kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pembeli online tokopedia di Kabupaten Lamongan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis SEM (Structural Equation Modelling) yang dioperasikan melalui program AMOS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan dari variabel  kualitas website  terhadap  kepercayaan konsumen, terdapat pengaruh positif dari variabel  reputasi vendor  terhadap  kepercayaan konsumen dan terdapat pengaruh positif dari variabel kepercayaan konsumen terhadap  keputusan pembelian. Dalam penelitian ini variabel kualitas website memberikan pengaruh secara langsung yang lebih besar terhadap kepercayaan konsumen apabila dibandingkan dengan pengaruh reputasi vendor. Untuk pengaruh tidak langsung / variabel intervening dalam analisisnya menggunakan standardized indirect effects yang menghasilkan bahwa variabel kualitas website memberikan pengaruh tidak langsung yang lebih besar terhadap keputusan pembelian dibandingkan dengan variabel reputasi vendor.


Keywords


kualitas website; reputasi vendor; keputusan pembelian dan kepercayaan konsumen

Full Text:

PDF

References


Apriadi, Deni dan Saputra, Arie Yandi. 2017. E-Commerce Berbasis Marketplace Dalam Upaya Mempersingkat Distribusi Penjualan Hasil Pertanian. Jurnal Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi.1(2). 131 – 136

Chang, Kuo-Chien, et al.2014. The Impact of Website Quality and Perceived Trust on Customer Purchase Intention in the Hotel Sector: Website Brand and Perceived Value as Moderators. International Journal of Innovation, Management and Technology,5(4).255-260.

Chau, Patrick Y.K, et al.2007.Examining customers’ trust in online vendors and their dropout decisions: An empirical study. Electronic Commerce Research and Applications. 6 .171–182

Colquitt, J. A & Rodell, J. B. 2011. Justice , Trust , and Trustworthiness : a Longitudinal Analysis Integrating Three Theoretical Perspectives. Academy of Management Journal. 54(6). 1183–1206

Eka, Ebong.2014.start me up!. Solo .Tiga Serangkai Offset.

Firmansyah,Gugus .2012. Pengaruh Harga, Reputasi Vendor, Dan Ulasan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Di Tokopedia (Studi pada Masyarakat Kabupaten Kebumen). lib.stieputrabangsa.ac.id. 1-20

Ganguly, Boudhayan, et al.2010. The effects of website design on purchase intention in online shopping: the mediating role of trust and the moderating role of culture. Int. J. Electronic Business. 894(5).302-330

Ghozali, Imam. 2011. Model persamaan Struktur: Konsep dan Aplikasi dengan Program AMOS 21.0. Semarang Diponegoro.

Ghozali, imam & Fuad. 2014.Structural Equation Modeling Teori, konsep dan aplikasi dengan program LISREL 9.10 Edisi 4.Badan Penerbit – Universitas Diponegoro , Semarang.

Han, Sung Ho. 2015. Consumer-based chain restaurant brand equity, brand reputation, and brand trust. International Journal of Hospitality Management 50.84-93.

Herwin & Ferryal Abadi.2018. Pengaruh Reputasi Perusahaan Dan Reputasi Vendor Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Dengan Kepercayaan Konsumen Sebagai Variabel Antara. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT.3(3). 353 - 364

Kassim, Norizan & Abdullah, Nor Asiah. 2010. The effect of perceived service quality dimensions on customer satisfaction, trust, and loyalty in e-commerce settings: A cross cultural analysis. Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics. 22(3).351-371.

Kotler dan Gary Amstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi ke 12. Jakarta. Erlangga

Kusumo, Verena.W.2018. Peubah-Peubah Yang Memengaruhi Pembeli Menggunakan Gerai Virtual Fesyen. Journal Of Business & Applied Management,11(1).1-115

Kusumah, Ryan.2015. Analyze The Effect Of Trust, Price, Quality And Perceived Risk Toward Consumer Purchase Behavior In Online Shops Instagram. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi . 15(05).355-366

Kurniawan, Rizky.2018. Pengaruh Kualitas Website (Webqual 4.0) Terhadap Kepercayaan Dan Dampaknya Pada Keputusan Pembelian Pada Website E-Commerce (Studi pada Konsumen PT. B). Jurnal Administrasi Bisnis. 62(1).198-206

Kurniawati, Rizka Amalia. dkk.2018. Analisis Pengaruh Kualitas Website Terhadap Kepuasan Pelanggan Mister Aladin Dengan Menggunakan Webqual 4.0. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer.2(3). 1151-1160.

Mahkota ,Andy Putra, dkk. 2014.Pengaruh Kepercayaan Dan Kenyamanan Terhadap Keputusan Pembelian Online (Studi Pada Pelanggan Website Ride Inc). Jurnal Administrasi Bisnis.8(2).1-7.

Murwatiningsih & Apriliani, Erin Puri. 2013.Apakah Kepercayaan Konsumen Lebih Efektif Daripada Risiko Dan Harga?. Jurnal Dinamika Manajemen .4(2).180-187

Nurkinan, 2017.Dampak Media Online Terhadap Perkembangan Media Konvensional. Jurnal Politikom Indonesiana,2(2).28-42.

Park ,Jongchul, et.al.2014. Corporate social responsibilities, consumer trust and corporate reputation: South Korean consumers' perspectives. Journal of Business Research 67. 295–302.

Piarna ,Rian .2014. Pengaruh Sumber Informasi dan Kualitas Website terhadap Kepercayaan Pelanggan dalam Menentukan Keputusan Bertransaksi pada E-commerce (Studi pada PelangganE-commerce di Indonesia). Jurnal Aplikasi Manajemen TERAKREDITASI SK DIRJEN DIKTI NO. 66b/DIKTI/KEP/2011.12(1).10-21

Pratiwi ,Hana Dian.2012. Pengaruh Reputasi Perusahaan Dan Kualitas Websiteterhadap Tingkat Kepercayaan Konsumen Dalam Bertransaksi Secara Online (Studi pada Konsumen Ongisnadestore.com)”. Jurnal Hasil Riset. 1-23

Sfenrianto, et al. 2018. Assessing the Buyer Trust and Satisfaction Factors in the E-Marketplace. Journal of Theoretical and Applied Electronic Commerce Research.13(2). 43-57.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Bisnis. Bandung. Alfabeta

Sujana ,Kadek Ciptadi & Ni Wayan Sri Suprapti.2016. Peran Kepercayaan Dalam Memediasi Pengaruh Kualitas Situs Terhadap Niat Konsumen Untuk Berbelanja Di Situs Zalora. E-Jurnal Manajemen Unud.5(1). 595-622.

Suharsaputra, Uhar. 2012. Metode penelitian. Bandung. PT Refika Aditama.

Suprihatini, L. 2013. Analisis Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Terhadap Pembelia Produk Fashion Yang Ditawarkan Melalui Social Networking (Studi kasus Pada User Facebook Di Kota Tanjungpinang). JEMI, 4(1).33-44

Walsh, G., Evanschitzky, G & Wunderlich, M. 2008. Identification and analysis of moderator variables Investigating the customer satisfaction-loyalty link. European Journal of Marketing. 42.

Wardoyo, Andini Intan.2017. Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Mahasiswa Universitas Gunadarma. Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya,19(1).12-26

Wang,Liang, et al.2015. Impact of hotel website quality on online booking intentions: eTrust as a mediator. International Journal of Hospitality Management.47.108-115

Williams, Martin, et al.2012. Relating Word-of-Mouth to Corporate Reputation. Public Communication Review. 2(2).3-16




DOI: https://doi.org/10.21107/jsmb.v6i1.6673

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Nanto Purnomo, Mohammad Arief, Pribanus Wantara

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis
by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2460-3775 (Online) dan ISSN: 2355-9543 (Print)