Analisis Kualitas Website Dan Reputasi Vendor Terhadap Keputusan Pembelian Online Dengan Kepercayaan Konsumen Sebagai Variabel Intervening ( Studi Pada Pembeli Online Tokopedia Di Kabupaten Lamongan )
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keputusan pembelian online di Tokopedia. Penelitian ini menggunakan variabel kualitas website dan reputasi vendor sebagai variabel independent. Selain itu, Penelitian ini juga menggunakan kepercayaan konsumen sebagai variabel intervening untuk menganalisis pengaruh tingkat kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian online di Tokopedia.
Jenis penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pembeli online tokopedia di Kabupaten Lamongan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis SEM (Structural Equation Modelling) yang dioperasikan melalui program AMOS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan dari variabel kualitas website terhadap kepercayaan konsumen, terdapat pengaruh positif dari variabel reputasi vendor terhadap kepercayaan konsumen dan terdapat pengaruh positif dari variabel kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian. Dalam penelitian ini variabel kualitas website memberikan pengaruh secara langsung yang lebih besar terhadap kepercayaan konsumen apabila dibandingkan dengan pengaruh reputasi vendor. Untuk pengaruh tidak langsung / variabel intervening dalam analisisnya menggunakan standardized indirect effects yang menghasilkan bahwa variabel kualitas website memberikan pengaruh tidak langsung yang lebih besar terhadap keputusan pembelian dibandingkan dengan variabel reputasi vendor.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Apriadi, Deni dan Saputra, Arie Yandi. 2017. E-Commerce Berbasis Marketplace Dalam Upaya Mempersingkat Distribusi Penjualan Hasil Pertanian. Jurnal Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi.1(2). 131 – 136
Chang, Kuo-Chien, et al.2014. The Impact of Website Quality and Perceived Trust on Customer Purchase Intention in the Hotel Sector: Website Brand and Perceived Value as Moderators. International Journal of Innovation, Management and Technology,5(4).255-260.
Chau, Patrick Y.K, et al.2007.Examining customers’ trust in online vendors and their dropout decisions: An empirical study. Electronic Commerce Research and Applications. 6 .171–182
Colquitt, J. A & Rodell, J. B. 2011. Justice , Trust , and Trustworthiness : a Longitudinal Analysis Integrating Three Theoretical Perspectives. Academy of Management Journal. 54(6). 1183–1206
Eka, Ebong.2014.start me up!. Solo .Tiga Serangkai Offset.
Firmansyah,Gugus .2012. Pengaruh Harga, Reputasi Vendor, Dan Ulasan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Di Tokopedia (Studi pada Masyarakat Kabupaten Kebumen). lib.stieputrabangsa.ac.id. 1-20
Ganguly, Boudhayan, et al.2010. The effects of website design on purchase intention in online shopping: the mediating role of trust and the moderating role of culture. Int. J. Electronic Business. 894(5).302-330
Ghozali, Imam. 2011. Model persamaan Struktur: Konsep dan Aplikasi dengan Program AMOS 21.0. Semarang Diponegoro.
Ghozali, imam & Fuad. 2014.Structural Equation Modeling Teori, konsep dan aplikasi dengan program LISREL 9.10 Edisi 4.Badan Penerbit – Universitas Diponegoro , Semarang.
Han, Sung Ho. 2015. Consumer-based chain restaurant brand equity, brand reputation, and brand trust. International Journal of Hospitality Management 50.84-93.
Herwin & Ferryal Abadi.2018. Pengaruh Reputasi Perusahaan Dan Reputasi Vendor Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Dengan Kepercayaan Konsumen Sebagai Variabel Antara. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT.3(3). 353 - 364
Kassim, Norizan & Abdullah, Nor Asiah. 2010. The effect of perceived service quality dimensions on customer satisfaction, trust, and loyalty in e-commerce settings: A cross cultural analysis. Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics. 22(3).351-371.
Kotler dan Gary Amstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi ke 12. Jakarta. Erlangga
Kusumo, Verena.W.2018. Peubah-Peubah Yang Memengaruhi Pembeli Menggunakan Gerai Virtual Fesyen. Journal Of Business & Applied Management,11(1).1-115
Kusumah, Ryan.2015. Analyze The Effect Of Trust, Price, Quality And Perceived Risk Toward Consumer Purchase Behavior In Online Shops Instagram. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi . 15(05).355-366
Kurniawan, Rizky.2018. Pengaruh Kualitas Website (Webqual 4.0) Terhadap Kepercayaan Dan Dampaknya Pada Keputusan Pembelian Pada Website E-Commerce (Studi pada Konsumen PT. B). Jurnal Administrasi Bisnis. 62(1).198-206
Kurniawati, Rizka Amalia. dkk.2018. Analisis Pengaruh Kualitas Website Terhadap Kepuasan Pelanggan Mister Aladin Dengan Menggunakan Webqual 4.0. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer.2(3). 1151-1160.
Mahkota ,Andy Putra, dkk. 2014.Pengaruh Kepercayaan Dan Kenyamanan Terhadap Keputusan Pembelian Online (Studi Pada Pelanggan Website Ride Inc). Jurnal Administrasi Bisnis.8(2).1-7.
Murwatiningsih & Apriliani, Erin Puri. 2013.Apakah Kepercayaan Konsumen Lebih Efektif Daripada Risiko Dan Harga?. Jurnal Dinamika Manajemen .4(2).180-187
Nurkinan, 2017.Dampak Media Online Terhadap Perkembangan Media Konvensional. Jurnal Politikom Indonesiana,2(2).28-42.
Park ,Jongchul, et.al.2014. Corporate social responsibilities, consumer trust and corporate reputation: South Korean consumers' perspectives. Journal of Business Research 67. 295–302.
Piarna ,Rian .2014. Pengaruh Sumber Informasi dan Kualitas Website terhadap Kepercayaan Pelanggan dalam Menentukan Keputusan Bertransaksi pada E-commerce (Studi pada PelangganE-commerce di Indonesia). Jurnal Aplikasi Manajemen TERAKREDITASI SK DIRJEN DIKTI NO. 66b/DIKTI/KEP/2011.12(1).10-21
Pratiwi ,Hana Dian.2012. Pengaruh Reputasi Perusahaan Dan Kualitas Websiteterhadap Tingkat Kepercayaan Konsumen Dalam Bertransaksi Secara Online (Studi pada Konsumen Ongisnadestore.com)”. Jurnal Hasil Riset. 1-23
Sfenrianto, et al. 2018. Assessing the Buyer Trust and Satisfaction Factors in the E-Marketplace. Journal of Theoretical and Applied Electronic Commerce Research.13(2). 43-57.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Bisnis. Bandung. Alfabeta
Sujana ,Kadek Ciptadi & Ni Wayan Sri Suprapti.2016. Peran Kepercayaan Dalam Memediasi Pengaruh Kualitas Situs Terhadap Niat Konsumen Untuk Berbelanja Di Situs Zalora. E-Jurnal Manajemen Unud.5(1). 595-622.
Suharsaputra, Uhar. 2012. Metode penelitian. Bandung. PT Refika Aditama.
Suprihatini, L. 2013. Analisis Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Terhadap Pembelia Produk Fashion Yang Ditawarkan Melalui Social Networking (Studi kasus Pada User Facebook Di Kota Tanjungpinang). JEMI, 4(1).33-44
Walsh, G., Evanschitzky, G & Wunderlich, M. 2008. Identification and analysis of moderator variables Investigating the customer satisfaction-loyalty link. European Journal of Marketing. 42.
Wardoyo, Andini Intan.2017. Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Mahasiswa Universitas Gunadarma. Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya,19(1).12-26
Wang,Liang, et al.2015. Impact of hotel website quality on online booking intentions: eTrust as a mediator. International Journal of Hospitality Management.47.108-115
Williams, Martin, et al.2012. Relating Word-of-Mouth to Corporate Reputation. Public Communication Review. 2(2).3-16
DOI: https://doi.org/10.21107/jsmb.v6i1.6673
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Nanto Purnomo, Mohammad Arief, Pribanus Wantara
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.