Analisis Pengaruh Brand Image, Promosi, Harga, dan Lokasi Terhadap Keputusan Konsumen Memilih Menginap Dihotel Sala View Solo

Jumiati Jumiati, Sudarwati Sudarwati, Rochmi Widayanti

Abstract


Semakin banyak pembangunan hotel di kota solo membuat persaingan semakin ketat dalam merebut pangsa pasar, perusahaan harus mampu menciptakan strategi pemasaran yang gencar, baik dalam menciptakan brand image perusahaan, meningkatkan promosi penjualan, menciptakan strategi harga, dan pemilihan lokasi yang strategis untuk menarik daya para konsumen. Keputusan konsumen untuk membeli sebuah produk merupakan keinginan dan harapan sebuah perusahaan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh brand image, promosi, harga, dan lokasi terhadap keputusan konsumen memilih menginap dihotel sala view solo.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dan teknik analisis regresi linier berganda, dengan jumlah sampel yang digunakan adalah 94 responden berdasarkan rumus arikunto (2010). Penelitian ini menunjukan hasil dari variabel brand image, promosi, harga dan lokasi secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen memilih menginap di hotel sala view solo. Secara parsial variabel brand image, promosi, harga dan lokasi juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen memilih menginap di hotel sala view solo.

Keywords


Brand Image, promosi, harga, lokasi, keputusan mengina

Full Text:

PDF

References


Aaker, David A. And Alexander, L. Biel. 2009. Brand equity and Advertising: Advertising Role in Building Srong Brands. Hillsdale: Lawrence Equilibrium Associates, Inc.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: suatu pendekatan praktis, edisi revisi 2010. Jakarta: Rineka Cipta.

Buchori, A. 2009. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Efrianto, Arga dan Suwito. 2016. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Volume 5. No. 9.

Gitosudarmo, Indriyo. 2000. Manajemen Pemasaran edisi kedua cetakan keenam. Yogyakarta: BPFE.

Kotler, P, dan G. Armstrong. 2004. Dasar-dasar pemasaran. Alih Bahasa Alexander Sindoro.Edisi 9. Jakarta: Indeks.

. 2011. Manajemen Pemasaran. Edisi Milenium. PT. Prehallindo. Jakarta.

. dan K. L. Keller. 2008. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jilid 1 dan 2. PT Macanan Jaya Cemerlang. Jakarta.

Limakrisna, N. dan Purba, Parulian. 2017. Manajemen Pemasaran: teori dan aplikasi dalam bisnis edisi kedua. Jakarta: Mitra Wacana Media

Lupiyoadi, R. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktek. Jakarta Salemba Empat.

Mawardi, KM, dkk. 2016. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Volume 35. No. 2.

Simamora, Henry. 2000. Manajemen Pemasaran Internasional. Jakarta: Salemba.

Sudaryono. 2016. Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi. Yogyakarta: Andi.

Sugiyono, Prof. Dr. 2015. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulastiyono, Agus. 2016. Manajemen Penyelenggara Hotel : Seri Manajemen Usaha Jasa Sarana Pariwisata dan Akomodasi. Bandung : Alfabeta

Sutisna dan T, Pawitra. 2001. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Swastha, Basu dan Irawan. 2001. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty yogyakarta.

Wulandari, W. 2012. Malang. Jurnal Manajemen dan Akuntansi.1.3.




DOI: https://doi.org/10.21107/jsmb.v4i2.6599

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jumiati, Sudarwati, Rochmi Widayanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis
by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.