Analisis Faktor-Faktor Pada Perilaku Pembelian Konsumen Terhadap Produk Makanan dan Minuman Lokal di Kota Surabaya

Widhayani Puri Setioningtyas, Sutama Wisnu

Abstract


Surabaya merupakan kota terbesar kedua di Indonesia yang memiliki respon serta perkembangan yang baik terhadap industri perdagangan khususnya dalam bidangmakanan dan minuman. Kondisi tersebut ditunjukkan dengan banyaknya produsen atau pengusaha lokal yang memproduksi berbagai macam makanan dan minuman baru sehingga memicu peningkatan persaingan pada industri tersebut.Tak heran jika berbagai cara dilakukan oleh produsen untuk menawarkan produknya agar dapat menarik minat beli konsumen. Namun tingginya persaingan menyebabkan banyak produk tidak dapat berkembang maupun bertahan di pasaran. Selan jutnya terdapat beberapa faktor yang diketahui mampu memberikan pengaruh pada perilaku pembelian konsumen terhadap produk makanan dan minuman lokal antara lain, yaitu : (a) Aktualitas produk, (b) Kualitas dan Masalah Kesehatan, (c) Penampilan Produk, (d) Kesegaran dan Rasa, (e) Rasa Ingin Tahu dan Gengsi. Berikutnya variabel terikat yakni Perilaku Pembelian Konsumen merupakan faktor terpenting yang harus diraih oleh produsen agardapat mempertahankan eksistensi serta mengembangkan produknya dalam pasar di Kota Surabaya.

Objek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen yang gemar atau berulangkali membeli produk makanan dan minuman lokal di Kota Surabaya. Tahap berikutnya adalah analisis data dengan menggunakan analisis regresi linier multiple dengan instrumen kuesioner.


Keywords


Perilaku Pembelian Konsumen, Aktualitas Produk, Kualitas dan Masalah Kesehatan, Penampilan Produk, Kesegaran dan Rasa, Rasa Ingin Tau dan Gengsi, Produk Makanan dan Minuman Lokal.

Full Text:

PDF

References


Brosekhan, AA., Velayutham, CM. (2014). Consumer Buying Behaviour – A Literature Review : IOSR Journal of Business and Management (IOSR-JBM). E-ISSN : 2278-48X, p-ISSN : 2319-7668, PP 08-16. www.iosrjournals.org

Davies, D. Eddison, J. S. C, and Kirk, J. (2000). Does farm business marketing behaviour effect livestock channel utilisation. Agricultural Economics Society Conference. Manchester, April, 14-17, 2000. Pp 1-22.

Khaniwale, M. (2015). Consumer Buying Behaviour. International Journal of Innovation and Scientific Research. ISSN 2351-8014, Vol.14, No. 2 Apr. 2015, pp.278-286.

Kotler, P. (1994). Marketing Management – Analysis, Planning, Implementation, and Control. Prentice-Hall Inc, Englewood Clifts, 1-801 pp.

Koutroulou, A. and Tsourgiannis, L. (2016). Factors Affecting Counsumers Purchasing Behaviour Towards Local Foods in Greece : The Case of the Prefectyre of Xanthi. Scientific Bulletin – Economic Sciences, Vol. 10. 2016 / Issue 2.

Lazaridis, P. (2003). Household meat demand in Greece: A Demand system approach using microdata. Agribusiness, 19. 43-59.

Michalopoulos, V. G,. & Demoussis, M. P. (2001). Greek household consumption of food away from home: A microeconometric approach. European Review of Agricultural Economics, 28, 421-432.

Murray, K., Cullinane, S. Eddison J. and Kirk J. (1996). Agriculture in the far south west. Seale Hayne Faculty of Agriculture, Food Land Use, University of Plymouth, 1-102 pp.

Nisar, W. (2014). Beverage Brands of Pakistan : International Journal of Academic Research in business and Social Sciences. Vol.4, No.8. ISSN : 2222-6990.

OECD (2000). Oecd Agricultural outlook 2000-2005. OECD, 29-93 pp.

Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Surabaya 2016-2021.

Sdrali, D,. & Apostolopoulos, K. (2002). The role of the economic and demographic characteristics of the household in greek rural area on food expenditures: The case of prefecture of Fthiotida. Proceedings of the 7th Greeek National Conference of Agricultural Economy, Ministry of Agricultural Development and Food, Athens.

Shih, SP., Yu, S. Tseng, HC. (2015). The Study of Consumers’ Buying Behaviour and Consumer Satidfaction in Beverages Industry in Tainan Taiwan : Journal of Economics, Business and Management. Vol. 3, No.3, March 2015.

Tsourgiannis., L. Eddison., J and Warren, M. (2008). Factors affecting te marketing channel choice of sheep and goat farmers in the region of East Macedonia in Greece regarding the dustribution of their milk production. Small Ruminant Research.




DOI: https://doi.org/10.21107/jsmb.v4i2.6596

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Widhayani Puri Setioningtyas, Sutama Wisnu

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis
by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.