Teknologi Augmented Reality sebagai Strategi Pemasaran Syariah di Era Digitalisasi

Pera Wibowo Putro, Muhammad Yoga Aditia, Agus Eko Sujianto, Mashudi .

Abstract


Augmented Reality  merupakan tegnologi digital yang bisa dijadikan salah satu inovasi yang tersedia sebagai sarana mempromosikan produknya kepada konsumen dan calon konsumen. Objek virtual dalam augmented reality dapat digabungkan dengan lingkungan nyata dalam bentuk teks, animasi, model 3D maupun  video yang memungkinkan pengguna untuk dapat merasakan objek virtual diwujudkan di lingkungan tersebut. Dari semua aplikasi yang di gunakan oleh perusahaan tersebut ternyata mempunyai manfaat yang banyak dan sesuai dengan karakteristik pemasaran syariah. Tegnologi augmented reality memberikan gambaran kepada konsumen untuk melihat produk yang akan di beli secara virtual dengan konsep 3D sehingga konsumen akan merasa bahwa sesuatu yang ditampilkan sesuai dengan kenyataan namun dalam gambaran dunia maya. Hal ini sesuai dengan karakteristik teistis. Selain itu dengan pemasaran ini produsen melakukan pemasaran dengan mengedepankan etika pemsaran karena berbicara sesuai dengan kenyataan dan relistis tidak ada yang di tambah maupun di kurangi. Tegnologi augmented reality akan menjadikan perusahaan ternama untuk saling bersaing secara sehat dalam memuaskan layanan kepada pelanggan sehingga tercermin karakter humanistic.

Keywords


Augmented Reality, Teknologi, Pemasaran, Inovasi

References


Afzalurrahman. (1997). Muhammad Sebagai Seorang Pedagang. Jakarta : Yayasan Swarna Bhumy.

Albi, K. (2020). Pengaruh Pemasaran Digital Dan Suasana Toko Terhadap Minat Beli Di Kedai Kopi S. Jurnal Manajemen Strategi Dan Aplikasi Bisnis, Vol 3, No 1.

Alma,Bukhari dan Priansa, Donni Juni. (2009). Manajemen Bisnis Syariah .Bandung: Alfabeta.

----------------. (2014), Manajemen Bisnis Syariah: Menanamkan Nilai dan Praktis Syariah dalam Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta.

Benefita. (2023). Apa Itu Augmented Reality? Ketika AI Masuk Kamera Gadget. Terdesia di: https://www.niagahoster.co.id/blog/augmented-reality-ada-lah/#:~:text=Singkatnya%2C%20perbedaan%20augmented%20reality%20(AR,tempat%20Anda%20berada%20saat%20ini. Di akses 30 Mei 2023.

Buchory, Herry Achmad dan Saladin, Djaslim., (2006). Dasar-Dasar Pemasaran Bank, Bandung: Linda Karya.

Carmigniani, J. et al. (2011). “Augmented reality technologies, systems and applications,” Multimedia Tools and Applications, vol. 51, no.1.

Creswell, J. W. 2010, Research Design : Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches, 3th, terjemahan Achmad Fawaid, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

CNN Indonesia. (2019), artikel CNN Indonesia "60 Persen Pembeli Sepatu Salah Ukuran, Nike Bikin Aplikasi, Tersedia di: https://www. cnnindonesia.com/teknologi/20190510203314 185 -393906/60-persen-pembeli-sepatu-salah-ukuran nike-bikin-aplikasi. Diakses 05 Maret 2023.

Departemen RI. (2014). Al-Quran Terjemah dan Tajwid. Bandung: Sygma.

Fadilah, Nur & Kalimah,Siti. (2018). “Marketing Syariah : Studi Analisis Produk Kenzie di Gudo Jombang”. Jurnal An-nisbah Ekonomi Syariah. Vol. 4, No. 2.

Fathony, Alvan. (2018). “Optimalisasi Peran Dan Fungsi Lembaga Amil Zakat Dalam Menjalankan Fungsi Sosial”. Jurnal Kajian Hukum Islam dan Hukum Ekonomi Islam. Vol. 2, No.1.

Flynn, Jack.(2023). 20 Vital Smartphone Usage Sta-tistics [2023]: Facts, Data, And Trends On Mobile Use In The U.S. Tersedia di: https://www.zippia.com/advice/smartphone-usage-statistics/. Diakses 30 Mei 2023.

Gitosudarmo, Indriyo. (2014), Manajemen Pemasaran, Edisi II. Makasar : BPFE.

Hasan,Ali. (2010). Marketing Bank Syariah. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kertajaya, Hermawan., dan Sula,Muhammad Syakir. (2006). Syariah Marketing. Bandung: Mizan.

Kotler, Philip. (2002). Manajemen Pemasaran, Jilid I, Edisi Milenium. Jakarta: Prehallindo.

Manalac,A. (2022). Toyota Accessories Augmented Reality (Taar) App. Tersedia di: https://www.virtualrealitymarketing.com/case-studies/toyota-accessories-augmented-reality-taar-app/. Diakses 11 Maret 2023.

Manalac,A. (2019). Adidas Ar Sneakers Try-On App Marketing, Retail / Ecommerce. Terse-dia di: https://www.virtualrealitymarketing.com/case-studies/adidas-ar-sneakers-try-on-app-2/. Diakses 11 Maret 2023.

Manuri, F., & Sanna, A. (2016). A Survey on Applications of Augmented Reality. Advances in Computer Science: An International Journal, Vol. 5, Issue 1, No.19.

Muali, Chusbul., & Nisa, Khoirun. (2019). ”Pemasaran Syariah Berbantuan Media Sosial: Kontestasi Strategis Peningkatan Daya Jual”. Jurnal An-Nisbah. Vol 5. No 2.

M.C.Nanda. (2021). Gucci Is Selling $12 (Virtual) Sneakers. Tersedia di: https:// www.businessoffashion.com/articles/technology/gucci-is-selling-12-virtual-sneakers/. Diakses 11 Maret 2023.

Nisa. (2022), Manfaat Augmented Reality (AR) sebagai Strategi Marketing yang Efektif dan Contohnya. Tersedia di: https://inmarketing.id/augmented-reality-untuk-marketing.html. Diakses 10 Maret 2023.

Norvadewi. (2015). Bisnis Dalam Perspektif Islam (Telaah Konsep, Prinsip dan Landasan Normatif). Jurnal Al-Tijary, Vol. 01, No. 01.

Shah, Saqib. (2021), Amazon is opening a hair salon with an AR color bar. Tersedia di: https://www.engadget.com/amazon-hair-salon-ar-color-bar-121013314.html. Diakses 11 Maret 2023.

Stefano A, Stefano W. (2019). Memakai Teknologi AR, Nike Bantu Pelanggan Agar Bisa Mengukur Ukuran Kaki Lewat Aplikasi, Tersedia di: https://www.whiteboardjournal.com/ living/sports/memakai-teknologi-ar-nike-bantu-pelanggan-agar-bisa-mengukur-ukuran-kaki-lewat-aplikasi/. Diakses 11 Maret 2023.

Suyanto,M. (2004). Analisis dan Desain Aplikasi Multimedia untuk Pemasaran. Yogyakarta: Andi Ofset.

Swastha, Basu. (2002). Azas-Azas Marketing,Cet V. Yogyakarta: Liberty Yogyakarta.

Tijono, Rachel Chrysilla., dkk. (2015). Penerapan Teknologi Augmented Reality Sebagai Sara-na Promosi Produk ”Sarana Sejahtera Wil-son’S Office Chair” Berbasis Android, Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, Vol.3, No.4.

Usman , Abdul Halim. (2015). Manajemen Strategis Syariah. Jakarta: Zikrul Hakim.

Zainal, Veithzal Rivai, dkk. (2017). Islamic Marketing Manajement: Mengembangkan Bisnis dengan Hijrah ke Pemasaran Islami Mengikuti Praktik Rasulullah SAW, Cet.1. Jakarta: Bumi Aksara.

https://www.dailydot.com/debug/ikea-place-app/. Diakses 10 Maret 2023.

https://www.youtube.com/watch?v=xBnyWWECHac&t=6s. Diakses 11 Maret 2023.

https://www.target.com/c/virtual-makeup-try-on/-/N-3726b. Diakses 11 Maret 2023.




DOI: https://doi.org/10.21107/jsmb.v10i1.20442

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 PERA WIBOWO PUTRO, Muhammad Yoga Aditia, Agus Eko Sujianto, Mashudi .

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis
by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2460-3775 (Online) dan ISSN: 2355-9543 (Print)