Penguatan Pemasaran Digital UMKM Menggunakan Metode Design Thinking (Studi Kasus: UMKM Keripik Cap Rumah Adat Minang, UD Rezeki Baru)

Elisabeth Yohana Rotua Pardede, Mariana Simanjuntak

Abstract


UMKM merupakan usaha perdagangan yang dikelola oleh perorangan ataupun badan usaha dan sesuai dengan kriteria usaha dalam lingkup mikro, kecil atau menengah. Persaingan bisnis setiap UMKM, membuat setiap pengusaha UMKM memikirkan cara untuk bersaing di pasar. Salah satu cara yang dapat dimanfaatkan pada saat ini adalah dengan menerapkan pemasaran digital. UMKM Keripik Cap Rumah Adat Minang UD Rezeki Baru saat ini sedang mengembangkan pemasaran digital. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan rancangan platform pemasaran digital yang tepat dan dapat meningkatkan penjualan UMKM. Perancangan platform pemasaran digital dengan menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan tools design thinking dengan lima tahapan, yaitu empathize, define, ideate, prototype dan test.  Benchmarking juga digunakan sebagai tools pendukung dalam penelitian ini. Pada penelitian ini dirancang platform digital, diantaranya Instagram, Tiktok, Tiktok Shop, Whatsapp khusus penjuaan, shopee dan tampilan website. Dengan menggunakan platform pemasaran digital UMKM Cap Rumah Adat Minang menjangkau konsumen lebih luas dan meningkatkan penjualan.

Keywords


UMKM; Pemasaran Digital; Strategi Pemasaran; Design thinking

References


Abdullah, R., Malik, E., Adan, L. H., & Dja’wa, A. (2021). Penerapan Strategi Pemasaran Sebagai Upaya Meningkatkan Usaha Kecil Dan Menengah Di Desa Wawoangi Kec. Sampoiawa Ditengah Pandemic Covid-19. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 76–80. https://doi.org/10.31004/cdj.v2i1.1455

Abdurrohman, M. H., Setiawan, D., & Trisnawati, L. (2021). Model Rancangan Aplikasi Promosi Usaha Rempah Menggunakan Design Thinking. Journal Of Information System And Informatics Engineering, 5(1), 29–36.

Afrilia, A. M. (2018). Digital Marketing Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran “Waroenk Ora Umum” Dalam Meningkatkan Jumlah Konsumen. Jurnal Riset Komunikasi, 1(1), 147–157. https://doi.org/10.24329/jurkom.v1i1.21

Aliyani Firdaus, S., Fadilah Ilham, I., Putri Aqidah, L., Aliyani Firdaus, S., Agung Dwi Astuti, S., & Buchori, I. (2020). Strategi UMKM untuk Meningkatkan Perekonomian selama Pandemi Covid-19 pada saat New Normal. OECONOMICUS Journal of Economics, 5(1), 46–62. https://doi.org/10.15642/oje.2020.5.1.46-62

Astuti, M., MM, M. O. S., Matondang, N., Kom, S., & MM, M. T. (2020). Manajemen Pemasaran: UMKM dan Digital Sosial Media. Deepublish.

Azhari, S., & Ardiansah, I. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Sosial TikTok Sebagai Platform Pemasaran Digital Produk Olahan Buah Frutivez (@ hellofrutivez ) Effectiveness the Use of TikTok Social Media as Digital Marketing Platform on Processed Fruit Product Frutivez (@ hellofrutivez ). JUSTIN (Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi), 10(1), 222–229. https://doi.org/10.26418/justin.v10i1.45284

Aziz, H., Pujianto, T., & Selly, P. (2021). PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING PADA CV. ASRI RAHAYU. 5, 974–984.

Banjarnahor, A. R., Hariningsih, E., Hasyim, H., Putri, D. M. B., Sari, O. H., Nasution, S. P., Rismayani, R., Martina, S., Simarmata, H. M. P., & Sahir, S. H. (2022). Social Media Marketing dan Bisnis Modern. Yayasan Kita Menulis.

Firli, O. M., Sukoco, I., & Muftiadi, A. (2021). Penerapan Design Thinking Dalam Inovasi Tempat Bertransaksi Jual Beli Barang Pada Toko Online Thrifter.Things. Entrepreneur: Jurnal Bisnis Manajemen Dan Kewirausahaan, 2(2), 288–292. https://doi.org/10.31949/entrepreneur.v2i2.1169

Goenawa, F. M. F. (2021). Perancangan Media Promosi Instagram Pada Galeri De La Macca Di Kota Makasar. Desain Komunikasi Visual, 8, 153–160.

Kosasih, V. A. (2017). Perencanaan Strategi Pemasaran Online untuk End-User Pant of Shoes Berdasarkan SWOT. PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 2(2), 183–190. https://journal.uc.ac.id/index.php/performa/article/view/451

Lewrick, M., Link, P., & Leifer, L. (2020). The design thinking toolbox: a guide to mastering the most popular and valuable innovation methods. John Wiley & Sons.

Mani, J. (2018). Pengaruh Peran Nilai Pelanggan Dan Citra Merek Terhadap Kinerja Pemasaran. Jurnal Mandiri, 2(2), 263–280. https://doi.org/10.33753/mandiri.v2i2.43

Nasution, A. (2021). Strategi Pemasaran Bisnis Kuliner Menggunakan Influencer Melalui Media Sosial Instagram. Jurnal Bisnis Corporate, 6(1), 11–18. https://doi.org/10.46576/jbc.v6i1.1484

Nugroho, R. B. T., Praptono, B., & Dellarosawati, M. (2021). GETRANKE MENGGUNAKAN METODE BENCHMARKING DESIGN IMPROVEMENT OF MARKETING COMMUNICATION GETRANKE Pendapatan / Penjualan Getranke. 8(2), 2278–2285.

Oktaviani, F., & Rustandi, D. (2018). Implementasi Digital Marketing dalam Membangun Brand Awareness. PRofesi Humas : Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 3(1), 1. https://doi.org/10.24198/prh.v3i1.15878

Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17. https://doi.org/10.21009/jpmm.001.1.01

Raja Ainya Alfatiha, & Sukoco, I. (2021). Penerapan Metode Design Thinking terhadap Pemasaran Produk pada Coffee Shop Rimbun. Bahtera Inovasi, 5(1), 49–56. https://doi.org/10.31629/bi.v5i1.3710

Simanjuntak, M. (2022). Riset Pemasaran. Yayasan Kita Menulis.

Simanjuntak, M., Banjarnahor, A. R., Sari, O. H., Jamaludin, J., Hasibuan, A., Hutabarat, M. L. P., Ismail, M., Rahayu, P. P., Hendra, H., & Praptiwi, R. N. (2021). Kewirausahaan Berbasis Teknologi. Yayasan Kita Menulis.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun. (2008). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008. 1.

Widodo, A. C. (2020). Penerapan Metode Pendekatan Design Thinking dalam Rancangan Ide Bisnis Kalografi. https://journal.uii.ac.id/AUTOMATA/article/download/19552/11568

Wijoyo, H., Ariayanto, A., Wongso, F., Indrawan, I., Musnaini, Akbar, M., Anggraini, S., Suryanti, & Devi, W. (2021). Strategi Pemasaran UMKM di Masa Pandemi.




DOI: https://doi.org/10.21107/jsmb.v9i2.15946

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Elisabeth Yohana Rotua Pardede, Mariana Simanjuntak

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis
by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.