Desain Strategi Pengembangan Model Bisnis Pariwisata Pantai Gili Labak, Sumenep

Sirojul Lutfi

Abstract


Saat ini antar pariwisata di Indonesia berlomba-lomba menawarkan nilai yang lebih baik, sehingga menuntut pengambil keputusan untuk lebih jeli dan kreatif memanfaatkan dan mengeksploitasi nilai pariwisatanya. Termasuk pada pariwisata pantai Gili Labak, sebuah destinasi pariwisata yang baru muncul beberapa tahun ini dan menjadi euforia baru bagi wisatawan karena potensi alam yang dimilikinya, untuk berbenah diri dan memformulasikan gagasan inovatif desain strategi pengembangan model bisnis. Tujuan penelitian ini untuk membaca persaingan, mendesain model bisnis masa depan yang tepat dan berkelanjutan dengan pendekatan Business Model Canvas, SWOT Analisys, Blue Ocean Strategy dan Analytical Hierarchi Process. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk desain model bisnis masa depan yang tepat bagi pariwisata pantai Gili Labak adalah dengan meningkatkan kategori production, platfrom promotion dan network-related pada elemen key activities, karakterisktik fixed cost pada elemen cost structures, dan nilai tambah convenience pada elemen value proposition; dan menciptapkan nilai tambah performance, penyediaan produk khas, nilai tambah convenience, penerapan prinsip pariwisata halal, serta nilai tambah newness, penerapan konsep pariwisata berbasis budaya lokal sebagai miniatur kebudayaan daerah pada elemen value proposition.

Keywords


Pariwisata, manajemen strategi, model binis, business model canvas, SWOT analisys, blue ocean strategy dan analytical hierarchy process

References


Azhar, R. M., Suparno, O., & Djohar, S. (2018). Pengembangan Model Bisnis pada Lokawisata Baturaden Menggunakan Business Model Canvas. MANAJEMEN IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 12(2), 137.

Casadesus-Masanell, R., & Ricart, J. E. (2010). From Strategy to Business Models and onto Tactics. Long Range Planning, 43(2–3), 195–215. https://doi.org/10.1016/j.lrp.2010.01.004

Datukramat, H. P., Kumurur, V. A., & Sela, R. L. . (2017). Faktor-Faktor Penyebab Tidak Terkelolanya Objek Wisata Pantai Batu Pinagut Bolaang Mongondow Utara. Spasial, 4(1), 1–12.

Hanik, U., & Mas’ud, M. I. (2019). Perencanaan Inovasi Pengembangan Agrowisata Bukit Flora dengan Pendekatan Metode Bisnis Model Kanvas. 6(3), 91–100.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. (2020). Siaran Pers: Kearifan Lokal Potensial sebagai Modal untuk Membangun Pariwisata Berkelanjutan. https://pedulicovid19.kemenparekraf.go.id/siaran-pers-kearifan-lokal-potensial-sebagai-modal-untuk-membangun-pariwisata-berkelanjutan/

Kim, W. C., & Mauborgne, R. (2016). Blue Ocen Strategy: Menciptakan Ruang Pasar Tanpa Pesaing dan Menjadikan Persaingan Tidak Relevan. Noura Books.

Kinasih, G. (2018). Perancangan Model Bisnis dengan Pendekatan Blue Ocean Strategy pada PT. Herman Jaya Putra. In Tesis. Institut Teknologi Sepuluh November.

Kurniawan, F., Adrianto, L., Bengen, D. G., & Prasetyo, L. B. (2016). Patterns of Landscape Change on Small Islands: A Case of Gili Matra Islands, Marine Tourism Park, Indonesia. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 227, 553–559.

Kurniawan, F., Darus, R. F., & Rizaki, I. (2017). Kebutuhan Pengelolaan Wisata Baru di Pulau Gili Labak, Sumnep: Euforia Destinasi Wisata Baru. Coastal and Ocean Journal (COJ), 1(1), 7–15.

Osterwalder, A., Pigneur, Y., & Tucci, C. L. (2005). Clarifying Business Models: Origins, Present, and Future of the Concept. Communications of the Association for Information Systems, 16. https://doi.org/10.17705/1CAIS.01601

Rifa’i, R., Purnomo, M. R. A., & Immawan, T. (2017). Perancangan Model Bisnis Cinderamata Sebagai Implementasi Social Entrepreneurship. Teknoin, 23(3), 289–306.

Rosita, R. (2017). Upaya Dinas Pariwisata , Kebudayaan , Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sumenep dalam Meningkatkan Pelayanan Publik terhadap Wisatawan. 5(3), 1–8. http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67632

Subarkah, A. R. (2018). Potensi dan Prospek Wisata Halal Dalam Meningkatkan Ekonomi Daerah (Studi Kasus: Nusa Tenggara Barat). Jurnal Sosial Politik, 4(2), 49.

Tim Analisis Kebijakan Kementerian Perencanaan Pembangunan. (2015). Strategi Kebijakan Perencanaan Pembangunan Pariwisata di Pulau-Pulau Kecil. Bapennas/Kementerian Perencanaan Pembangunan.

Wirtz, B. W., Göttel, V., & Daiser, P. (2016). Business Model Innovation: Development, Concept and Future Research Directions. Journal of Business Model, 4(1), 1–28.




DOI: https://doi.org/10.21107/jsmb.v9i2.15079

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Sirojul Lutfi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis
by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.