Analisis Penciptaan Loyalitas Melalui Pengaruh Penerapan Strategi Pemasaran Rasional, Emosional, dan Spiritual Terhadap Kepuasan Nasabah PT. Bank Sumut Syariah Cabang Utama Medan

Endang Sulistya Rini, Yeni Absah

Abstract


Dewasa ini bank syariah menjadi salah satu sektor industri yang berkembang pesat di Indonesia. Bisnis perbankan syariah semakin dinamis sehingga memacu para pengelola perbankan untuk dapat berpikir secara kreatif dan inovatif agar selalu memberikan yang terbaik bagi pelanggannya dengan menyediakan produk dan jasa yang lebih unggul dibandingkan para pesaingnya. Bank perlu mengembangkan strategi pemasaran yang efektif sehingga dapat memberi kepuasan dan loyalitas konsumen. Strategi tersebut antara lain adalah strategi pemasaran rasional, emosional dan spiritual. PT. Bank Sumut Syariah Cabang Utama Medan menghadapi persaingan yang sangat ketat dengan bank konvensional dan bank syariah yang semakin meningkat jumlahnya. Selain itu, persepsi yang selama ini ada di benak masyarakat adalah perbankan konvensional selalu lebih menguntungkan secara finansial dibandingkan perbankan syariah karena sistem bunganya. Sistem bagi hasil yang diterapkan bank syariah masih dianggap sama saja dengan bunga pada bank konvensional. Masalah lain adalah kurangnya pengetahuan masyarakat terhadap sistem perbankan syariah. Banyak masyarakat mengira bank syariah hanya untuk Kaum Muslim saja dan masih ragu terhadap prinsip Syariah yang diterapkan. Populasi pada penelitian ini adalah nasabah Bank Sumut Syariah Cabang Utama Medan, dengan sampel sebanyak 100 nasabah. Responden ditentukan dengan metode Sampel Random Sistematik (Systematic Random Sampling). Alat analisis inferensial yang digunakan adalah Path Analysis (Analisis Jalur). Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran emosional dan spiritual berpengaruh langsung secara positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah, sedangkan strategi pemasaran rasional berpengaruh tidak signifikan terhadap kepuasan nasabah. Kepuasan nasabah berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah Bank Sumut Syariah Cabang Utama Medan.

References


Bloemer, J. (1999). Linking Perceived Service Quality and Service Loyalty: a Multi-Dimensional Perspective. European Journal of Marketing, Vol. 33 No.11, pp. 1082-1106.

Bontis, Nick dan Lorne D. Booker. (2007), The Mediating Effect of Organizational Reputation on Customer Loyalty and Service Recomendation in Banking Industry, Management Decion, Vol. 45 No. 9, pp. 1426-1445.

Calik, Nuri dan N. Figen Balta. (2006). Consumer Satisfaction and Loyalty Derived from the Perceived Quality of Individual Banking Services: A Field Study in Eskisehir from Turkey, Journal of Financial Service Marketing, Vol. 10 No. 4, pp 135-149

Caruana, A. (2002). Service Loyalty: The Effects of Service Quality and the Mediating role of Customer Satisfaction. European Journal of Marketing, Vol. 36 No.7, pp 811-828.

Dimitriades, Zoe S. (2006). Customer Satisfaction, Loyalty and Commitment in Service Organizations. Management Research News, Vol. 29 No. 12, pp. 782-800.

Griffin, Jill. (2002). Customer Loyalty How to Earn it, How to Keep It I, Kentucky: Mc Graw Hill.

Mussry, Jack, Michael Hermawan, Taufik, Yuswohady Hasan, Paul Patty, Suryo Soekarno, dan Alexander Mulya. (2007). Markplus on Marketing, The second Generation, Jakarta: Ikrar Mandiriabadi.

Kartajaya, Hermawan. (2003). Marketing in Venus, Jakarta: SUN

---------------------------, (2004). Marketing 3.01

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2009). Manajemen Pemasaran, edisi 13, Jakarta: Erlangga.

Liu, Tsug-Chi dan Li Wei Wu. (2007), Customer Retention and Cross-Buying in the Banking Industry: An Integration of Service Attributes, satisfaction and trust. Journal of Financial Service Marketing, Vol. 12 No. 2, pp. 132-145.

Mittal, V., dan Kamakura, W.A. (2001). Satisfaction, Repurchase Intent, and Repurchase Behavior: Investigating the Moderating Effect of Customer Characteristics. Journal of Marketing Research, Vol. 38 No.1, pp 131-142.

Mosahab, Rahim, Osman Mahamad, dan T.Ramayah. (2010). Service Quality, Customer Satisfaction and Loyalty: A Test of Mediation. International Business Research, Vol. 3, No. 4; October 2010, pp 72-80.

Oliver, Richard L. (1999). Where Common Loyalty?, Journal of Marketing, Vol.63

Rini, Endang Sulistya, (2007). Pengaruh Economic Content, Resource Content, dan Social Content terhadap Kepercayaan, Kepuasan dan Komitmen serta Relationship Intention Debitur Bank Sumut di Sumatera Utara. Disertasi, Universitas Airlangga, Surabaya

SWA, (2014). Cara Perbankan Tingkatkan Loyalitas Nasabah. Manajalah SWA, Februari 2014.

Waringin, Tung Desem (2011). Sinergi antara rational, emotional, dan spiritual marketing. http://economy.okezone.com/read/2011/04/03

Zachra, P.B, Ellyzar. (2011). Raih Konsumen dengan Keintiman Emosional. (Swa.co.id)

file:///C:/Users/USER/Documents/pemasaran%20rasional,%20emosional%20dan%20spiritual/Marketing%203.0%20by%20%20Hermawan%20Kartajaya.htm Posted by pengusahadunia on July 21st, 2012

http://ilmumanajemenpemasaran.wordpress.com/2009/11/10/definisi-loyalitas-pelanggan/

http://www.republika.co.id/berita/ekonomi/syariah-ekonomi/13/04/25/mlsk7m-bi-kantor-bank-syariah-sumut-terus-bertambah.




DOI: https://doi.org/10.21107/jsmb.v2i1.1504

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Endang Sulistya Rini, Yeni Absah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis
by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.