Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Smartphone (iPhone)

Meriyana Dhamayanti Rachman, Yohanes Ferry Cahaya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Word of Mouth dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian Smartphone iPhone, Jakarta Selatan. Desain penelitian yang digunakan adalah asosiatif, sedangkan jenis penelitiannya adalah data subyek (self report data). Populasi penelitian adalah mahasiswa/i ABFII Perbanas fakultas ekonomi dan bisnis angkatan 2011-2013; sedangkan penentuan sempel dengan menggunakan rumus Slovin. Data penelitian yang digunakan adalah data primer, yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada sempel atau responden penelitian sebanyak 100 orang responden, yang dilakukan dengan teknik aksidental sampling (convenience sampling). Alat analisis yang digunakan adalah uji korelasi, regresi dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Word Of Mouth nilai Thitung untuk variabel sebesar 2,443 dengan tingkat signifikan sebesar 0,016 dengan menggunakan batas signifikan α= 5% (0,05) dan Ttabel sebesar 1.984. hasil uji tersebut menunjukkan bahwa Thitung (2.443) lebih dari Ttabel (1.984) dan nilai signifikan tersebut berada dibawah taraf 5%; dengan demikian (H1) diterima. (2) Gaya Hidup nilai Thitung untuk variabel sebesar 14.826 dengan tingkat signifikan sebesar 0,000 dengan menggunakan batas signifikan α= 5% (0,05) dan Ttabel sebesar 1.984. Hasil uji tersebut menunjukkan bahwa Thitung (14.826) lebih dari Ttabel (1.984) dan nilai signifikan tersebut berada dibawah taraf 5%; dengan demikian H2 diterima. (3) Word Of Mouth dan Gaya Hidupberpengaruh positif dan kuat terhadap Keputusan Pembelian, dibuktikan dengan nilai persamaan regresi linear berganda sebesar Y = 0,915 + 0,137 X1 + 0,828 X2, dan hasil uji hipotesis dengan nilai Fhitung lebih dari Ftabel (360.720 lebih dari 3.09); dan oleh karena nilai ρ = 0,000 kurang dari α = 0,05, karena nilai probabilitas jauh di bawah nilai alpha menunjukkan bahwa model regresi tersebut layak digunakan untuk meramalkan semua variabel bebas terhadap variabel terikat.

References


Ahmad, N., Omar, A. dan Ramayah, T. (2010). Consumer lifestyles and online shopping continuance intention. Business Strategy Series. Vol. 11 No. 4, pp. 227-243.

Anonim. (2011). Pemasaran Produk MID: Berlomba Mengandalkan Gaya Hidup. Diakses dari: http://ciosociety.co.id (27 Mei 2011).

Agusty Ferdinand. (2006). Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian Untuk Penulisan Skripsi, Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Basu Swashta dan Hani Handoko. (2009). Manajemen Pemasaran: Analisis Perilaku Konsumen, Yogyakarta : BPFE.

Budi Wahyono. (2012). Pengertian Komunikasi Word of Mouth (WOM). Diakses dari: http://www.pendidikanekonomi.com/2012/07/pengertian-komunikasi-word-of-mouth-wom.html (20 Juli 2012)

Diah Erna, S.S., M.M. (2015). Kepala Bagian Akademik ABFII Perbanas. Jakarta.

Djakarta, Deka I. (2012). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Indonesia Seller Perusahaan E-Commerce E-Bay). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro, Vol.1. No.1.

Fang, C., Lin, T. M. Y., Liu, F., dan Lin, Y. H. (2011). Product type and word of mouth: a dyadic perspective. Journal of Research in Interactive Marketing. Vol. 5, pp. 189-202.

Gartner Report. (2014). Gartner says sales of smartphone grew 20 percent in third quarter of 2014. Egham, UK. Diakses dari: http://www.gartner.com/newsroom/id/2944819

Ghozali, Imam. (2009). Aplikasi Analisis Multivariet dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Hasan, Ali. (2010). Marketing dari Mulut ke Mulut: Word of Mouth Marketing. MEDPRESS, Yogyakarta.

Hedwigis Esti, dkk. (2010). Pedoman Penulisan dan Bimbingan Skripsi. Jakarta: ABFII Perbanas.

Herr, P.M., Kardes, F. R., Kim, J.(2012). Effect Of Word-Of-Mouth And Product Attribute Information On Persuasion: An Accessibility-Diagnosticity Perspective. Journal of Consumer Research, Inc., Vol. 17.

Ivane Eka Chriesmaya. (2012). Pengaruh Gaya Hidup Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Memilih Minimarket Alfamart di Malang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya. Vol.1.No.1.

Ketut Krisna Wijaya. (2014). Laporan penjualan smartphone Q3 2014. Diakses dari: http://id.techinasia.com/laporan-penjualan-smartphone-q3-2014/(16 Desember 2014).

Kotler, P. dan Gary Amstrong. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi ke 12, Jilid 2,Erlangga, Jakarta.

____________________. (2010). Principles of Marketing, 13th Edition. United States of America : Pearson Education, Inc.

Kotler, P. & Keller, K. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jilid 1, Terjemahan oleh Benyamin Molan. Jakarta.

_____________________. (2012). Marketing Management”, Global Edition, Prentice Hall, New Jersey.

Linda Indrayani. (2014). Peran Persepsi Kualitas Produk Dalam Memediasi Pengaruh Gaya Hidup Terhadap Niat Beli Handphone Samsung Galaxy di Kota Denpasar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana. Vol. 3.No. 4.

Lovelock, Christopher H., and Wirtz, Jochen. (2011). Service marketing: People, technology, strategy (7th. ed.). New Jersey: Prentice-Hall.

Lutfi Hermansyah. (2013). Pengaruh Strategi Pemasaran Word of Mouth Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Manajemen Bisnis Universitas Muhamadiyah Malang. Vol 3. No.1.

Ong, Ian Antonius dan Sugiono Sugiharto. (2013). Analisis Pengaruh Strategi Diferensiasi,Citra Merek, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan Di Cincau Station Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran. Vol.1, No.2. pp. 1-11.

Osman, M. A., Talib, A. Z., Sanusi, Z. A., Yen, T. S. dan Alwi, A. S. (2011). A Study the Trend of Smartphone and its Usage Behavior in Malaysia. International Journal on New Computer Architechtures and Their Applications. Vol. 2, pp. 289-300.

Park, Y. and Chen, J.V. (2007). Acceptance and adoption of the innovative use of smartphone. Industrial Management and Data. Vol. 107 No. 9, pp. 1349-65.

Peter, J.P., dan Olson, J.C. (2009). Consumer Behavior : Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Jilid 1 dan 2, Jakarta : Erlangga.

Puji Rahayu dan Muhammad Edward. (2014). Pengaruh Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Smartfren Andromax. Jurnal Pendidikan Tata Niaga. Journal of Management. Vol. 2. No.1.

Reska N. (2014). Indonesia pasar smartphone terbesar di Asia Tenggara. Diakses dari:http://tekno.kompas.com/read/2014/06/15/1123361/indonesia.pasar.smartphone.terbesar.di.asia.tenggara(15 Juni 2014)

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Sulaiman, Wahid. (2002). Jalan Pintas Menguasai SPSS. Yogyakarta : Andi

Yu, C. S. (2011). Construction And Validation Of An E-Lifestyle Instrument. Internet Research. Vol. 21 No. 3. pp. 214-235.




DOI: https://doi.org/10.21107/jsmb.v2i2.1493

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Meriyana Dhamayanti Rachman, Yohanes Ferry Cahaya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis
by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.