Strategi Pengembangan Home Industri Hanger Kayu sebagai Peluang Wirausaha Industri Kreatif di Desa Nagarakasih.

Durisa Delas Agustin, Virna Indri Cahyani, Sri Hardianti Sartika

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan strategi pengembangan industri kreatif di industri rumahan. Hanger Kayu Bapak Isman di Desa Nagarakasih Kecamatan Cibeureum kota Tasikmalaya sebagai Peluang Wirausaha dalam menghadapi industry kreatif saat ini serta menjelaskan bagaimana strategi pemasaran yang digunakan dalam home industry tersebut, berbagai faktor pendukung keberhasilan dalam pengembangan ekonomi kreatif yang bisa digunakan dalam perusahaan tersebut, dan peluang berwirausaha di bidang home industry hanger kayu ini dalam menghadapi industry kreatif. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif, dan pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap subjek. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil kajiannya adalah (1) Strategi pemasaran yang diterapkan oleh industri rumahan gantungan kayu milik Pak Isman (2) pengembangan ekonomi kreatif berbasis industri rumahan  yang dilakukan oleh Home Industri Hanger bapak Isman melalui pembentukan grup industry rumah tangga (3) serta faktor internal maupun eksternal yang akan menjadi pendukung di dalam pengembangan yang dilakukan oleh Bapak Isman, (4) Peluang berwirausaha di bidang home industry Hanger Kayu ini dalam menghadapi Industri Kreatif.

Keywords


Home Industri; Hanger; Pengembangan; Wirausaha

References


El Hasanah, L. L. N. (2018). Pengembangan Wirausaha Muda Ekonomi Kreatif Berbasis Budaya di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Studi Pemuda, 4(2), 268. https://doi.org/10.22146/studipemudaugm.36812

Kemenparekraf. (2014). Kekuatan Baru Indonesia Menuju 2025. 1–279.

Khairil Hamdi. (2019). Pengembangan Usaha Kuliner Home Industri Sebagai Peluang Kaum Perempuan Menuju Industri Kreatif. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3, 43–49. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v3i2.2867

Kiki Joesyiana, SE., M. (2017). STRATEGI PENGEMBANGAN INDUSTRI RUMAH TANGGA DI KOTA PEKANBARU (Studi Kasus Usaha Tas Rajut Industri Pengolahan Kreatifitas Tali Kur). Jurnal Valuta Vol. 3 No 1, April 2017, 3(2502–1419), 159–172.

KRESENTIA, M., & DEVINASARI, N. (2018). Pengembangan desain produk hanger untuk peningkatan kreativitas desain umkm eka di surabaya. LPPM- Universitas Negeri Surabaya, 1336–1345.

No Title. (2019). Open Data Kota Tasikmalaya.

S.Fadhilah, N. (2014). PENGEMBANGAN EKONOMI KREATIF BERBASIS INDUSTRI RUMAH TANGGA DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN MASYARAKAT (Studi Pada Kelompok Usaha Rumah Tangga Binaan Yayasan EcoNatural Society di Kabupaten Kepulauan Selayar).

Sumar’in, S., Andiono, A., & Yuliansyah, Y. (2017). Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Wisata Budaya: Studi Kasus pada Pengrajin Tenun di Kabupaten Sambas. Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Kewirausahaan, 6(1), 1. https://doi.org/10.26418/jebik.v6i1.20721

Widayati, E., Yunaz, H., Rambe, T., Siregar, B. W., Fauzi, A., & Romli, R. (2019). Pengembangan Kewirausahaan Dengan Menciptakan Wirausaha Baru Dan Mandiri. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 6(2), 98–105. https://doi.org/10.35794/jmbi.v6i2.26181

Zuhri, S. (2013). Analisis Pengembangan Usaha Kecil Home Industri Sangkar Ayam Dalam Rangka Pengentasan Kemiskinan. Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 2(3), 74




DOI: https://doi.org/10.21107/jsmb.v9i1.14669

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Durisa Delas Agustin, Virna Indri Cahyani, Sri Hardianti Sartika, M.Pd.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis
by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.