City Branding : Pengaruhnya Terhadap Keputusan Berkunjung wisatawan Ke Kota Batu Melalui City Image Sebagai Variabel Moderating
Abstract
Di Indonesia banyak daerah yang sudah mempunyai penanaman merek daerahnya sendiri, yaitu city branding dan city image. Jika suatu daerah meningkatkan dua faktor tersebut, maka dapat berpengaruh terhadap keputusan berkunjung di suatu tempat wisata. Penelitian ini, city branding dan city image digunakan untuk mengetahui bagaimana pengaruhnya terhadap keputusan berkunjung wisatawan ke kota Batu. Jenis yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Wisatawan yang sudah berkunjung dan berwisata ke kota Batu adalah populasi dari penelitian ini. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan random sampling dan rumus slovin , sebanyak 100 responden. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu bahwa city branding memiliki pengaruh langsung dan signifikan terhadap city image. Begitu sama halnya city branding memiliki pengaruh langsung dan signifikan terhadap keputusan berkunjung, kemudian city image tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung dan city branding terhadap keputusan berkunjung melalui city image tidak berpengaruh dan tidak signifikan.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Alvianna, S., & Alviandra, R. (2020). Pengaruh Destinasi Wisata dan Kepuasan Wisatawan Terhadap Minat Berkunjung Kembali di Kampung Wisata Topeng Malang Pengaruh Destinasi Wisata dan Kepuasan Wisatawan Terhadap Minat Berkunjung Kembali di Kampung Wisata Topeng Malang. December.
Alvianna, S., Earlike, F., Sani, A., Lasarudin, A., & Hidayatullah, S. (2020). The Impact of Visitor Satisfaction Mediation from the Relationship between Marketing Information Systems , Tourist Destinations and Service Quality towards Returning Interest in Malang Topeng Village Tourism Destinations. 4413(12), 332–338. https://doi.org/10.36349/easjmb.2020.v03i12.003
Alvianna, S., & Hidayatullah, S. (2020). PENGARUH KUALITAS HARGA LAYANAN DAN KEPUASAN TERHADAP KESETIAAN USIA MILLENIAL BERKUNJUNG KE TEMPAT WISATA. Media Wisata.
Alvianna, S., Patalo, R. G., Hidayatullah, S., & Rachmawati, I. K. (2020). Pengaruh Attraction , Accessibillity , Amenity , Ancillary Terhadap Kepuasan Generasi Millenial Berkunjung ke Tempat Wisata. 4, 53–59. https://doi.org/10.34013/jk.v4i2.41
Amelia, R. (2020). The Effect of Instagram Engagement to Purchase Intention and Consumers ’ Luxury Value Perception as the mediator in the Skylounge Restaurant. 5(4), 958–966.
Ananda Derista Pratama, Y., Alvianna, S., Zuhria Sugeha, A., Paramita Anggraini, D., Hidayatullah, S., Destinasi Wisata Unmer Malang, M., & Destinasi Wisata Unmer Malang, D. (2021). Pengaruh City Branding terhadap Keputusan Bekunjung Wisatawan ke Kota Yogyakarta melalui City Image. Seminar Nasional Kepariwisataan #2, 2(1).
Anholt, S. (2006). The Anholt-GMI City Brands Index: How the world sees the world’s cities. Place Branding. https://doi.org/10.1057/palgrave.pb.5990042
Hanif, A., Kusumawati, A., & Mawardi, M. (2016). PENGARUH CITRA DESTINASI TERHADAP KEPUASAN WISATAWAN SERTA DAMPAKNYA TERHADAP LOYALITAS WISATAWAN (Studi pada Wisatawan Nusantara yang Berkunjung ke Kota Batu). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya.
Hidayatullah, S., Ardianto, Y. T., & H, A. O. (2020). Performance Expectancy, Effort Expectancy, Social Influence on Behavioral To Use Through Behavioral Intention in Using Mobile Banking in Malang. December.
Hidayatullah, S., Patalo, R. G., Firdianjah, A., Waris, A., Malang, U., & Malang, P. (2019). Pengaruh sistem informasi pemasaran, kualitas pelayanan dan loyalitas terhadap keunggulan bersaing jatim park group. Senasif, September, 1652–1660. https://jurnalfti.unmer.ac.id/index.php/senasif/article/view/226/186
Hidayatullah, S., Rachmawati, I. K., Aristanto, E., Waris, A., & Patalo, R. G. (2020). Peran Sistem Informasi Pemasaran , Kualitas Pelayanan dan Entrepreneurial marketing serta Kepuasan Terhadap Loyalitas Generasi Milenial Berkunjung ke Tempat Wisata. https://doi.org/10.32812/jibeka.v14i1.148
Hidayatullah, S., Waris, A., & Devianti, R. C. (2018). Perilaku Generasi Milenial dalam Menggunakan Aplikasi Go-Food. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 6(2), 240–249. https://doi.org/10.26905/jmdk.v6i2.2560
Hidayatullah, S., Windhyastiti, I., Patalo, R. G., & Rachmawati, I. K. (2020). Citra Destinasi : Pengaruhnya terhadap Kepuasan dan Loyalitas Wisatawan yang Berkunjung ke Gunung Bromo. 8(1), 96–108.
IVANI, S. Z. N. (2015). Pengaruh City Branding " Enjoy Jakarta " Terhadap Citra Kota Dan Keputusan Berkunjung Youth Traveler Ke Jakarta Jurusan Manajemen. Manajemen, Jurusan Ekonomi, Fakultas Bisnis, D A N Syarif, U I N Jakarta, Hidayatullah.
Kotler, P. (2012). Kotler On Marketing. In Kotler On Marketing.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Kotler & Armstrong, Principles of Marketing | Pearson. In Pearson.
Macrae, C. (1998). ‘Strategic brand management.’ Journal of Brand Management. https://doi.org/10.1057/bm.1998.36
Maulani, T. S., & Prasetyo, M. H. (2019). Kajian Brand Equity dan City Branding terhadap Keputusan Mengunjungi Objek Wisata. Jurnal Manajemen Dan Bisnis: Performa. https://doi.org/10.29313/performa.v0i0.4425
Miladiyah, U. R., & Slamet, S. (2016). STRATEGI COMPETITIVE ADVANTAGE UNTUK MEMBANGUN CITY BRANDING KOTA BATU SEBAGAI KOTA WISATA. IQTISHODUNA. https://doi.org/10.18860/iq.v10i2.3582
Rachmawati, I. K., Bukhori, M., Majidah, Y., Hidayatullah, S., & Waris, A. (2020). Analysis Of Use Of Mobile Banking With Acceptance And Use Of Technology ( Utaut ). 9(08).
Riandi, M. H., Respati, H., & Hidayatullah, S. (2021). Conceptual Model of User Satisfaction as Mediator of E-Learning Services and System Quality on Students’ Individual Performance. International Journal of Research in Engineering, Science and Management, 4(1), 60–65. https://doi.org/10.47607/ijresm.2021.466
Sandrio, L., Hidayatullah, S., Supriadi, B., & Patalo, R. G. (2020). Effect Of Tourism Satisfaction As A Mediator Variable Of Images Of Destination And Facilities To Loyalties On Millenial Generation To Visit Bromo Tengger Semeru. 9(05), 183–187.
Saputri, A. F., & Irawan, A. (2018). PENGARUH CITY BRANDING TERHADAP CITY IMAGE DAN KEPUTUSAN BERKUNJUNG KE KOTA WISATA BATU ( Survei pada Wisatawan yang Berkunjung ke Kota Wisata Batu ). Administrasi Bisnis.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. In METODE PENELITIAN ILMIAH.
Sutikno, S., Hidayatullah, S., Alvianna, S., & Rachmawati, I. K. (2021). JOURNAL OF EVENT , TOURISM AND INTEREST IN TRAVELLING AND PROMOTION : THE CASE OF. Journal of Event, Tourism and Hospitality Studies, 1(1), 143–162.
Tjiptono, F. & G. C. (2017). pemasaran strategik. In Andi.
Wandari, L. A., Kumadji, S., & Kusumawati, A. (2014). Pengaruh City Branding “ Shining Batu ” Terhadap City Image Dan Keputusan Berkunjung Wisatawan Ke Kota Batu Tahun 2014. Jurnal Administrasi Bisnis.
DOI: https://doi.org/10.21107/jsmb.v9i1.14213
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Stella Alvianna, Syarif Hidayatullah, Singgih Adi Pratama, Eko Aristanto, Abdul Waris
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.