Pincuk Sebagai Metode Penetapan Harga Jual (Studi Fenomenologi Pada Penjual Nasi Pecel Di Blitar)

Endah Masrunik, Agustyas Retno Hernani

Abstract


Penelitian ini bertujuan guna mengetahui fenomena-fenomena yang terjadi atau yang dilakukan oleh penjual nasi pecel dalam menentukan harga pokok penjualan nasi pecel. Pincuk sendiri merupakan wadah yang terbuat dari daun pisang yang di bentuk kerucut dan digunakan untuk membungkus nasi. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan sumber data primer. Dimana penelitian ini berfokus pada analisa terhadap tindakan-tindakan atau tingkah laku penjual nasi pecel dalam menetapkan harga jual. Dari hasil penelitian ini menunjukkah bahwa penetapan harga jual bukan hanya cerminan dari harga pokok penjualan, namun terdapat fenomena-fenomena lain yang menciptakan ciri khas seperti dalam penggunaan metode pincuk dalam penetapan sebuah harga jual dengan memanfaatkan insting manusia untuk menakar serta menimbang menggunakan tangan semua komponen disetiap pincuknya saat proses peracikan. Sehingga unsur-unsur cost produksi dalam setiap pincuknya berbeda, namun harga jual per pincuknya sama.


Keywords


Kualitatif, Penetapan Harga Jual, Metode Pincuk

References


agustina, vivani. (2019). Penentuan Harga Jual Nasi Krawu Buk Tiban dan Buk Wiwik Dengan Jumput Tangan Kabupaten Gresik : Sebuah Studi Fenomenologi,. Αγαη, 8(5), 55.

Amaliah, T. H., & Sugianto, S. (2018). Konsep Harga Jual Betawian dalam Bingkai Si Pitung. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 9(1), 20–37. https://doi.org/10.18202/jamal.2018.04.9002

Efendi, R. A. (2018). Analisis Strategi Penetapan Harga Jual Ditinjau Dari Harga Pokok Produksi pada Perusahaan Alif Catering. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 3(3), 1–8.

Ilmiyati, B. N. (2018). Tinjauan Hukum Islam Terhadap Penetapan Harga Sistem Prasmanan Di Rumah Makan Sederhana Sanparto Cindaga Kec. Kebasen Kab …. http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4482/

Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif, cet. In XI. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyadi. (2010). Akuntansi biaya (5th ed.). UPP STIM YKPN.

Prayogi, R., & Danial, E. (2016). Pergeseran Nilai-Nilai Budaya Pada Suku Bonai Sebagai Civic Culture Di Kecamatan Bonai Darussalam Kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau. Humanika, 23(1), 61. https://doi.org/10.14710/humanika.23.1.61-79

Utami, S. (2018). Kuliner Sebagai Identitas Budaya: Perspektif Komunikasi Lintas Budaya. CoverAge: Journal of Strategic Communication, 8(2), 36–44. https://doi.org/10.35814/coverage.v8i2.588

Wahyudi, A., & Masrunik, E. (2019). PENENTUAN HARGA JUAL DENGAN METODE ENTONG PADA PENJUAL JENANG (Studi Fenomenologi Pada Penjual “Jenang” Desa Ngembul Kecamatan Binangun). AKUNTABILITAS: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Ekonomi, 12(1), 72–81. https://doi.org/10.35457/akuntabilitas.v12i1.772




DOI: https://doi.org/10.21107/jsmb.v8i2.12597

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Endah Masrunik, Agustyas Retno Hernani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis
by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2460-3775 (Online) dan ISSN: 2355-9543 (Print)