Strategi Word of Mouth Produk Sinom-Vac: Pembicara, Topik, Alat, Partisipasi dan Pengawasan

Kevin Reynaldi Bagaskara, Leonard Adrie Manafe, Viviana Sulistya Angraini, Mayrine Christiyah Nugrahini

Abstract


Penelitian ini dilakukan terkait penerapan Word of Mouth yang merupakan bagian dari strategi pemasaran produk Sinom-Vac. WOM memiliki elemen yang dikenal dengan 5T (Pembicara, Topik, Alat, Partisipasi, dan Pengawasan). Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan melibatkan 31 informan. Teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner,  wawancara langsung dilapangan serta dokumentasi foto. Hasil penelitian menunjukan Talker yang merupakan konsumen Sinom-Vac sendiri. Topic berhubungan dengan tambahan pemahaman akan suatu produk untuk para konsumen, yang berakhir dimana informan akan melakukan pembicaraan kembali terkait produk kepada partnernya. Diberikannya tester sebagai Tools untuk pembuktian kualitas produk yang ditawarkan, setelah itu pemberian pelayanan kunjungan yang prima dilakukan secara langsung atau tidak langsung merupakan bagian dari Taking Part, dan langkah berikutnya masuk dalam tahap Tracking pihak Sinom-Vac memberikan respon dengan membalas keluhan pelanggan dengan cepat untuk mengurangi WOM negatif.

Keywords


Alat; Partisipasi; Pembicara; Pengawasan; Topik; Word of Mouth.

References


A. Devito, Joseph. 2011. Komunikasi Antarmanusia. Tangerang Selatan: Karisma Publishing GroupA. Shimp, Terence. 2007. Periklanan Promosi (Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu).. Jilid I, edisi Terjemahan, Jakarta: Erlangga

Ali, Hasan, 2007. Marketing. Yogyakarta: Media Pressindo. Alma, Buchari. 2009. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta

Andi Prastowo. 2011. Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Devito, Joseph A. 2011. Komunikasi Antar Manusia. Jakarta: Karisma Publishing Group

Gurnelius, Susan. 2011. 30-minute Sosial Media Marketing, United States: McGraw-Hill Companies.

Harjanto. 2010. Onbee marketing reseacrh. Jakarta: majalah SWA

Kotler & Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I, Edisi ke 13. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kotler & Amsstrong. 2012. Manajemen Pemasaran, Jilid I dan II. Jakarta: PT. Indeks.

Kusrini. 2021. Strategi Komunikasi Word of Mouth (WOM) Sebagai Upaya Promosi SDIT Alami Biruni. Studi Komunika, Jurnal Ilmu Komunikasi. Vol. 4 No. 1 (28-32)

Lestari & Erawati. 2019. Proses Word of Mouth Communications Sebagai Media Promosi Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon. Jurnal Signal. Vol. 7 No. 2 (224-239)

Marius P,Angipora. 2002. Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Moleong, J, Lexy. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.Gramedia.

Peter J. Paul & Donnelly, James H. 2011. Marketing Management, Knowledge and Skill, Tenth Edition. New York: Mc Graw Hill.

Rakhmat, Jalaludin. 2007. Psikologi Komunikasi, bandung: Remaja Rosdakarya.

Rusady, Ruslan. 2004. Public Relation, Edisi Revisi ke-2. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sermovitz, Andi. 2012. Word of Mouth. New York: Kaplan

Solis, Brian. 2010. Engage: The Complete Guide for Brands and Business to Build, Cultivate, and Measure Success in the New Web. New Jersey: John Wiley & Sons Inc.

Sugiyono, 2005. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alpabeta

Toruan, Rialdo. 2018. Proses Implementasi Word of Mouth Dalam Strategi Komunikasi Pemasaran La Perla Plaza Senayan. Jurnal Pustaka Komunikasi. Vol. 1 No. 1 (155-166).




DOI: https://doi.org/10.21107/jsmb.v8i2.12539

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Leonard Adrie Manafe

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis
by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2460-3775 (Online) dan ISSN: 2355-9543 (Print)