Formula Strategi Pada Perusahaan Startup Manufaktur Tekstil, Studi Kasus: PT. X

Dian Eko Wicaksono, A.J. Tjahjo Anggoro

Abstract


Perusahaan manufaktur tekstil yang berfokus pada produksi sarung tangan berjuang untuk bisa terus bersaing walau masih dalam kategori perusahaan startup. Untuk bisa bersaing dengan perusahaan lain yang sudah eksis maka perlunya formula strategi yang tepat dan sesuai. Tujuan dari penelitian untuk melakukan analisis dan merumuskan visi dan misi perusahaan, analisis eksternal dan internal perusahaan guna merumuskan strategi yang sesuai dengan kondisi PT. X saat ini. Terdapat empat langkah merumuskan formula strategi, dimana dengan dilakukan analisi tipe strategi, analisis visi dan misi, analisis internal dan eksternal, dan perumusan formula strategi yang dilakukan dengan analisis IFE, EFE, CPM, SWOT, STAGE, BCG, IE, Grand Strategy dan QSPM. Hasil yang didapatkan bahwa strategi yang tepat yaitu strategi pengembangan produk, strategi pengembangan pasar, strategi diversifikasi, strategi penetrasi pasar, backward integration. Selain itu adanya penyusunan tagline dan visi serta misi yang baru untuk perusahaan PT. X sesuai dengan kondisi saat ini, untuk bisa bertahan dan mengembangkan jangkauan bisnisnya.

Keywords


Startup, manufaktur tekstil, formula strategi, visi dan misi, tagline

References


Athoillah, A. S., Firdaus, M., & Sanim, B. (2019). Competititve strategy of taxi company in facing environmental changes. BISMA (Bisnis Dan Manajemen), 12(1), 66. https://doi.org/10.26740/bisma.v12n1.p66-87

Daft, R. L. (2008). Organization Theory and Design 12th Ed. In Cengage Learning (Vol. 2, Issue 1).

David, F. R., & David, F. R. (2017). Strategic Management. In Strategic Management A Competitive Advantage Approach, Concepts and Cases, 16th Edition. https://doi.org/10.1007/978-3-322-84457-6

David, M. E., David, F. R., & David, F. R. (2017). The quantitative strategic planning matrix: a new marketing tool. Journal of Strategic Marketing, 25(4), 342–352. https://doi.org/10.1080/0965254X.2016.1148763

Fuertes, G., Alfaro, M., Vargas, M., Gutierrez, S., Ternero, R., & Sabattin, J. (2020). Conceptual Framework for the Strategic Management: A Literature Review - Descriptive. Journal of Engineering (United Kingdom), 2020. https://doi.org/10.1155/2020/6253013

Ghorbani, A., Raufirad, V., Rafiaani, P., & Azadi, H. (2015). Ecotourism sustainable development strategies using SWOT and QSPM model: A case study of Kaji Namakzar Wetland, South Khorasan Province, Iran. Tourism Management Perspectives, 16, 290–297. https://doi.org/10.1016/j.tmp.2015.09.005

Hitt, M. A., Ireland, R. D., & Hoskisson, R. E. (2016). Strategic Management: Competitiveness & Globalization Concepts and Cases, 12e. In Musical Times (Vol. 143, Issue 1878). https://doi.org/10.2307/1004421

Mei, N., Strategi, F., Pengembangan, U., & Naufal, A. F. (2017). Pasar Industri Semen Di Jawa Timur ( Studi Kasus Perusah Aan “ a ”). 11(2), 124–138.

Miles, M. B., & A. Michael Huberman, Johnny Saldaña, A. (2014). Qualitative data analysis: a methods sourcebook. SAGE Publications.

Pazouki, M., Jozi, S. A., & Ziari, Y. A. (2017). Strategic management in urban environment using SWOT and QSPM model. Global Journal of Environmental Science and Management, 3(2), 207–216. https://doi.org/10.22034/gjesm.2017.03.02.009

Tanwar, R. (2013). Porter’s Generic Competitive Strategies. IOSR Journal of Business and Management, 15(1), 11–17. https://doi.org/10.9790/487x-1511117

Thompson, A. A., Peteraf, A., Strickland, A. J., & Gamble, J. E. (2016). Crafting and executing strategy 17th edition.

Zulkifli, Z., & Wandebori, H. (2018). Formulating Business Strategy: a Case of Tutoring Agency in Indonesia. Jurnal Aplikasi Manajemen, 16(2), 271–284. https://doi.org/10.21776/ub.jam.2018.016.02.10

Neraca. 2020. Industri tekstil siap keluar dari tekanan global. https://kemenperin.go.id/artikel/21508/Industri-Tekstil-Siap-Keluar-dari-Tekanan-Global., diakses Tanggal 01 Februari 2021




DOI: https://doi.org/10.21107/jsmb.v8i2.12196

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Dian Eko Wicaksono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis
by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2460-3775 (Online) dan ISSN: 2355-9543 (Print)