Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa, Lokasi, Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Kursus Mengemudi Alif

Bayu Aji Catur Pamungkas, Pribanus Wantara

Abstract


The purpose of this study was to determine the effect of service quality, location and price on customer satisfaction with Alif driving course services. This research is a quantitative descriptive research. The research was conducted at the Alif Driving Course. The sample in this study amounted to 96 respondents. Sampling using incidental sampling technique and tested using multiple regression analysis method, F test and t test. Data collection techniques were carried out by questionnaire method. Data analysis using SPSS 22 shows that customer satisfaction with the Alif driving course service can be improved by taking into account the level of service quality, location, and price of the Alif driving course. service quality, location and price have a significant influence on customer satisfaction Alif driving course services.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2002. Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Bailia, J. F., Soegoto, A. S., & Loindong, S. S. R. (2014). Pengaruh kualitas produk, harga dan lokasi terhadap kepuasan konsumen pada warung-warung makan lamongan di kota Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 2(3).

Dede, A., & Noersanti, L. (2020). THE INFLUENCE OF PRICE, QUALITY OF SERVICE AND LOCATION ON CUSTOMER SATISFACTION AND CUSTOMER LOYALTY(Case Study at Pasar Jaya Klender SS). S1 Manajemen, 1-28

Dodds, William, B., Kent, B, Monroe, and Dhruv Grewal., 1991, Effects of Price, Brand, and Store Information on Buyers Product Evaluations, Journal of Marketing Research, Vol. 28, pp. 307-19.

Fadli, M. M. (2021). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA, DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (Studi Pada Cafe Black Semeru Di Candipuro).

Fadillah, A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Lokasi dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Hotel 101 Suryakencana Bogor. Jurnal Ilmiah Pariwisata Kesatuan, 1(1), 1-8.

Fairliantina, E., & NA, M. F. (2022). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PRESEPSI HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI HOTEL INDONESIA KEMPINSKI JAKARTA. Humantech: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(01), 204-222.

Firdiyansyah, I. (2017). Pengaruh kualitas pelayanan, harga, dan lokasi terhadap kepuasan pelanggan pada warung gubrak KEPRI mall Kota Batam. Jurnal Elektronik REKAMAN (Riset Bidang Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi). ISSN, 2598-8107.

Garoda, I. S. S. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Promosi dan Lokasi terhadap Kepuasan Konsumen Restoran Mcdonald’s Cijantung. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 6 (6), 2833-2841.

Gery, M. H. (2018). Pengaruh kualitas pelayanan, lokasi dan promosi terhadap kepuasan konsumen the aliga hotel padang. Menara Ilmu, 12(9).

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Hanifudin, F., Syaifuddin, T., & Hasiholan, L. B. (2017). Analisis Kualitas Pelayanan, Harga Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Makan Ayam Geprek Djogjakarto. Journal of Management, 3(3).

Haryanto, R., & Sitio, A. Effect of Price and Service Quality on Customer Satisfaction and Its Implications on Customer Loyalty PT. XYZ. Indikator, 4(2), 353514.

Handi, Irawan. 2004. 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Cetakan Kelima. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Haromain, I., & Suprihhadi, H. (2016). Pengaruh kualitas layanan, harga, dan lokasi terhadap kepuasan pelanggan di AHASS Z618. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 5(5).

Kotler dan Keller. 2016. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip (2009). Manajemen pemasaran, jilid I, Edisi kesebelas, Jakarta, P.T Indeks Gramedia.

Lupiyoadi (2001) Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktek, Salemba Empat, Jakarta.

Lumaksana, Argo. 2018. Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Harga dan Selebriti Pendukung terhadap Keputusan Pembelian Minyak Rambut Gatsby Styling Pomade pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Tulungagung: Skripsi.

Novandi, H. D. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Miss Laundry Di Kota Tegal (Doctoral dissertation, Universitas Pancasakti Tegal).

Pribowo, M. G. N. A., & Milinia, A. T. (2022). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA, DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI FRESH KAPUAS KOTA BENGKULU. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 1(9), 2281-2292.

Rahmadani, F., Suardana, I. M., & Samudra, H. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Produk, Harga Dan Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Ud. Eva Group Mataram. Valid: Jurnal Ilmiah, 16(1), 123-135.

Risnawati, H., Sumarga, H. E., & Purwanto, S. (2019). The Effect of Service Quality Prices and Location of Companies to Customer Satisfaction Implications on Customer Loyalty. International Review of Management and marketing, 9(6), 38.

Saradissa, C. N., & Sitohang, S. (2015). Pengaruh Harga, Promosi, Kualitas Pelayanan, dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 4(11).

Situmeang, L. S. (2017). Pengaruh kualitas pelayanan, harga dan lokasi terhadap kepuasan konsumen pada rumah makan istana hot plate Medan. Universitas Islam Negeri Sumetera Utara.

Subagiyo, R. and Adlan, M. A. (2017) ‘Pengaruh Service Quality, Marketing Mix dan Kepuasan Mahasiswa terhadap Customer Loyalty’, Jurnal Ekonomi Modernisasi, 13(1), p. 1. doi: 10.21067/jem. V 13i1.1567.

Sunyoto, Danang. 2012. Dasar-dasar manajemen pemasaran. Cetakan Pertama. Yogyakarta: CAPS.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan – Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supardi. 2005. Metode Penelitian Ekonomi dan Bisnis. Yogyakarta: UII Press.

Swastha, Basu dan Irawan. 2008. Manajemen Pewasaran Modern, Edisi 2, Penerbit Liberty, Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapan, Penelitian). Yogyakarta. Andi.

Ubaidillah, A. N. (2019). Pengaruh Harga, Promosi dan lokasi terhadap kepuasan pelanggan cafemilkmoo. J Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 6(3). ISSN, 2461-0593.

Wariki, G. M., Mananeke, L., & Tawas, H. (2015). Pengaruh Bauran Promosi, Persepsi Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Dan Kepuasan Konsumen Pada Perumahan Tamansari Metropolitan Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(2).

Zeithaml, Bitner. (2003). Reassement Of Expectations As A Compaison Standar In Measuring Service Quality: Implication For Futher Reseacrh. Journal Of Marketing. January (58) 111 – 124.




DOI: https://doi.org/10.21107/jkim.v3i4.18883

Refbacks

  • There are currently no refbacks.