Pengaruh Gaya Hidup Halal, Label Halal Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Ms Glow (Studi Pada Mahasiswi Universitas Trunojoyo Madura)

Yuliana Ulfidatul Hoiriyah, Yustina Chrismardani

Abstract


This study aims to see the effect of the halal lifestyle, the halal label, and the price of MS Glow’s product on the  purchase decision of students of Trunojoyo Madura University from 2017 to 2020. Sampling in this study used accidental sampling with a total of 100 respondent, and analyzed using multiple linear regressions analysis. Based on the partial analysis, the result show, that each variables (halal lifestlye, halal label and price) has a significant effect on the purchase  decision of MS Glow of the students of Trunojoyo Madura University.


Full Text:

PDF

References


_____.Permerintah Indonesia. (1999). Peraturan Pemerintah nomor 69 Tahun 1999 Tentang Label dan Iklan.

Adinugraha, Hendri H. Mila Sartika dan Ahmad Hasan Asy’ari Ulama’i. (2019). Halal Lifestyle Di Indonesia. An-Nisbah: Jurnal Ekonomi Syariah, 5(2), 57-81.

Adinugraha, Hendri H. Wikan Isthika. Mila Sartika. (2017). Persepsi Label Halal Bagi Remaja Sebagai Indikator Dalam Keputusan Pembelian Produk. As Qualitative Reserch. Perisai, 1(3), 180-195.

Aisyah, Muniaty. (2017). Consumers Demand On Halal Cosmetics And Personal Care Products in Indonesian. Jurnal Ekonomi Syariah, 9(1), 126-142.

Amri, Sirly, Dorojatun, Prihandono. (2019). Pengaruh Gaya Hidup, Etnosentrisme Konsumen, Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Niat Pembelian. Jurnal Analisis Manajemen, 8(1), 27.

Anitha, N. (2016). Pengaruh Gaya Hidup Terhadap Pengambilan Keputusan Konsumen Dengan Referensi Khusus Pada Format Eceran Terorganisasi Di Chennai. Jurnal Studi Perdagangan & Manajemen India, 7(1), 85.

Astini R, dan Yuyus Yustian K. (2020). Pengaruh Product Price, Individual Personality Differences,Environmental Friendliness Pada Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah Manajemen, 10(1), 141-149.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Universitas Diponegoro.

Global Islamic Economy Report. (2018). Published by Thomson Reuters and Dinar Standar.

Habibah, Umma dan Sumiati. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah Di Kota Bangkalan Madura. Jurnal ekonomi dan bisnis (JEB17), 1(1).

Haro, Andrian. (2019). Are Zoya Muslim Fashion Products as Halal Lifestyle in Consumer Purchase Decision?. Advances in Economics, Business and Management Research, 144, 201-204.

Hashim, Siti Nur Aafifah, Shereeza Mohammed Saniff. (2020). Aplikasi Konsep Gaya Hidup Halal Untuk Kesejahteraan Mental. Malaysian Journal of Social Science, 5(1), 58-65.

Hesti, A.A., Risky Dwi Afriadi, Ceasar Pratama dan Ade Lestari. (2019). Platform Halal Lifestyle Dengan Aplikasi Konsep One Stop Solution. Jurnal Ekonomi Syariah, 4(1), 57-67.

Humaniora, 2019. Indonesia, Pasar Potensial untuk Produk Perawatan Kulit. Mediaindonesia.com (https://m.mediaindonesia.com/read/detail/263774-indonesia-pasar-potensial-untuk-produk-perawatan-kulit)

Japarianto, E. dan Sugiono Sugiharto. (2011). Pengaruh Shopping Life Style Dan Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying Behavior Masyara Kat High Income Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 6(1), 36.

Jayasree. (2011). Gaya Hidup Untuk Memahami Perilaku Pembeli. Int. Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 5(1), 283-284.

Kotler, Philip dan Amstrong. (2015). Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid 1, Edisi Tiga Belas. Jakarta: Erlangga.

Majasoka, Lyra. Ujang, Sumarwan, Istiqlaliyah, Muflikhati. (2020). Perilaku Konsumen Gula Pasir: Keterkaitannya Dengan Pengetahuan Label, Bauran Pemasaran, Dan Kesadaran Merek. Jur. Ilm. Kel. & Kons, 13(3), 290.

Mayang, Sari. F., Andy Makhiran. Khairil Bundani. (2018). Pengaruh Label Halal Dan Harga Terhdap Keputusan Membeli Produk Kosmetik Wardah. Professional FIS UNIVED, 5(1), 26-30.

MS Glow.store. (2020). Sejarah Berdirinya MS Glow (Informasi). (https://ms-glow.store/blog/about-tentang-ms-glow).

Oktaniar, Finka, Erna Listyaningsih, and Bambang Purwanto. (2019). The Effect of Halal Labeling, Advertisement Creativity and Lifestyle on of Wardah Products (Case Study of Students of Universitas Malahayati). International Conference on Humanities, Education, and Social Sciences, 20, 692-700.

RedaksiIB. (2020). Data Populasi Penduduk Muslim 2020: Indonesia Terbesar di Dunia. Intimes.id (https://ibtimes.id/data-populasi-penduduk-muslim-2020-indonesia-terbesar-di-dunia-/)

Sahir, Atika Ramadhan. Eka Dewi Setia Tarigan. (2016). Pengaruh Gaya Hidup, Label Halal Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Medan Area Medan. Jurnal Konsep Bisnis dan Manajemen, 3(1), 3.

Samuel,H dan Julian Wibisono. (2019). Brand Image, Customer Satisfaction Dan Customer Loyaltyjaringan Supermarket Superindo Di Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 13(1), 28-29.

Tjiptono, Fandy. (2013) . Service Manajemen Mewujudkan Layanan Prima ( Edisi II). Yogyakarta: Andi offset.




DOI: https://doi.org/10.21107/jkim.v1i2.11590

Refbacks

  • There are currently no refbacks.