Upaya Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia melalui Strategi Persaingan Usaha Ekonomi Kreatif Menuju New Normal (Studi Kasus Pegadaian Cabang Pelayanan Syariah (CPS) Bangkalan)

Ismawati Ismawati, Mochammad Isa Anshori

Abstract


The objectives of this study include knowing how to develop the quality of human resources, the extent to which the competitive strategy in improving the quality of services will be applied towards the new normal, how to improve the quality of human resources and performance competition strategies in the new normal era. The method used in this research is descriptive qualitative research method. The results showed that CPS Bangkalan Pegadaian to improve or develop the quality of human resources through increasing creative economic strategies by means of improving several products and CPS Bangkalan Pegadaian systems, including the Digital Sharia Pawnshop Application (PSD), Amanah Financing, Gold Savings and Arrum. The product and system of the CPS Bangkalan Pegadaian that is in great demand by customers is gold savings. This product is in great demand because it is easy to access, the process is fast, and there are fewer requirements to fulfill. The obstacles faced are the lack of socialization to customers, the many requirements.

Full Text:

PDF

References


Akbar Dwi Yulianto. 2017. Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Kentucky Fried Chicken (KFC) Surabaya. Vol. 3, No.1

Afandi, P. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Konsep dan Indikator). Riau: Zanafa Publishing.

Agus Dwiyanto. 2006. Mewujudkan Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Yogyakarta.. Universitas Gajah Mada

Daulay, Zul Asfi Arroyhan. 2018. Strategi Pengembangan Ekonomi Kreatif Dengan Metode Triple Helix (Studi Pada Umkm Kreatif Di Kota Medan). Tansiq 1.

Dr. Hj. Azizah, S.H., M.H. 2020. Hukum Persaingan Usaha di Indonesia. Penerbit: malang.

David, Fred R. 2011. Strategic Management, Consepts and Cases. Edition 13th Pearson Education.

Herman Sofyandi, 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan Kedua, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Habibah, Ummu dan Sumiati. 2016. Pengaruh Kualitas Produk dan harga Keputusan pembelian Produk Kosmetik Wardah di Kota Bangkalan Madura. Jurnal Ekonomi & Bisnis, Hal 31-48.

Handoko, T. Hani, 2008. Manajemen Personalia Sumber Daya Manusia, Edisi Kedua, Yogyakarta, Penerbit: BPFE.

Hasibuan, Malayu SP, 2014). Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan

Keempat belas, Jakarta ,Penerbit : Bumi Aksara.

Hasibuan, Malayu. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.

Herman Maulana Muhammad. 2020. Strategi Perusahaan Mengelola Sdm Menuju New Normal Studi Kasus Pada Perusahaan Properti Menengah di Jobotabek. Prosiding Seminar Stiami. Volume 7, No. 2

Inka Janita Sembiring Suharyono Andriani Kusumawati, 2014. Pengaruh Kualaitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan ( Studi Pada Mc Donald’s MT. Haryono Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB),Vol. 15 No. 1

Mulyadi dan Johny Setiawan, 2001. Sistem Perencanaan dan Pengendalian Manajemen. Jakarta: Salemba Empat.

Mayang Rosana. 2019. Eksistensi Pegadaian Syariah Dalam Upaya Peningkatan Ekonomi Usaha Mikro Kecil Menengah. Volume 7, Nomor 1

Randi Saputra, Kasyful Mahalli. 2014. Analisis Potensi Dan Kendala Pengembangan Pengadaian Syariah Di Kota Medan. Jurnal Ekonomi dan Keuangan Vol.2 No.4.

Rahayu Puji Suci, 2009. Peningkatan kinerja melalui orientasi kewirausahaan, kemampuan Manajemen, dan strategi bisnis (studi pada industri kecil menengah bordir di jawa timur). Jurnal manajemen dan kewirausahaan, vol.11(1).

Rangkuti, Freddy. 2013. Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT Cara Perhitungan Bobot, Rating, dan OCAI. Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Robbins, Stephen P & Mary Coulter. 2010. Manajemen Jilid 1/ Stephen P Robbins dan Mary Coulter diterjemahkan oleh Bob Sabran, Wibi Hardani. –Ed.10, Cetakan 13. Jakarta: Erlangga.

Siti Rahayu dkk., 2020. Covid-19: The Nightmare Or Rainbow. Jakarta: Mata Aksara.

Sedarmayanti.2009. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: CV Mandar Maju.

Slamet Heri Winarno. 2010. Pengembangan Soft Skill Dan Hard Skill Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan. Cakrawala, Vol. X. No. 2




DOI: https://doi.org/10.21107/jkim.v1i1.10598

Refbacks

  • There are currently no refbacks.