IMPLEMENTASI DJI NAZA M-LITE PADA QUADCOPTER

Tri Bugo Prakoso

Abstract


Quadcopter adalah wahana pesawat terbang tanpa awak atau biasa disebut drone yang memiliki empat sisi sehingga quadcopter berbeda dari drone umumnya. Drone sendiri adalah pesawat tanpa awak yang dikendalikan dengan jarak jauh atau mampu mengendalikan dirinya sendiri sesuai dengan program yang dibuat. Sehingga dapat melakukan lepas landas, terbang bermanufer dan mendarat pada daerah yang sempit. Dalam penelitian ini membahas bagaimana mengoperasikan quadcopter menggunakan DJI NAZA M-LITE Flight Control. Quadcopter diterbangkan menggunakan empat motor brushless. Quadcopter tersebut dikontrol menggunakan remote control Turnigy 6 Channel. Setelah sistem quadcopter selesai dirakit, kemudian dilakukan kalibrasi antara flight control dan remot menggunakan komputer. Kalibrasi dilakukan untuk menyesuaikan pergerakan quadcopter terhadap perintah yang dikirim oleh remot. Pengujian dilakukan di ruang terbuka. Pengujian pertama adalah menguji seberapa jauh jangkauan antara remot dengan quadcopter. Pengujian kedua adalah menerbangkan quadcopter secara vertikal, pengujian ini berhasil menerbangkan quadcopter dengan baik. Pengujian ketiga adalah melakukan gerakan moving forward. Pada pengujian ini quadcopter berhasil bergerak dengan baik. Pengujian terakhir adalah melakukan gerak manuver dengan cara mengitari sebuah rintangan, hasil pengujian ini robot dapat ber manuver dengan baik. Hasil pengujian secara umum, quadcopter dapat bergerak dengan baik.

Keywords


quadcopter, dji naza m-lite, remote control, moving forward, manuver

References


Arjonadi, Dr. Maziar., “CLASSIFICATION OF UNMANNED AERIAL VEHICLES” Aeronautical Engineering, The Adelaide University, Australia, 2002.

Chmelai, Pavel., [2011], Building And Controlling The Quadcopter:Online:

http://pernerscontact.upce.cz/24_2011/Chmelar.pdf.

Markus, Achtelik, Dkk., [2010], Jurnal: Visual Tracking and Control of a quadcopter using a stereo camera system and internal sensors.

J. Miguel, [2009], “Quadrotor Prototype”, Lisboa: Technical University of Lisbon.

Tommaso Bresciani, “Modelling, Identification and Control of a Quadcopter Helicopter”. Department of Automatic Control Lund University, (2008, Oct).

Randal W. Beard , “Quadcopter Dynamics and Control”, Brigham Young University, (2008, oct).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.