Pengembangan Media Pembelajaran Video Interaktif Kontekstual Untuk Menulis Teks Prosedur Kelas VII SMP

Jeany Putri Indria, Albitar Septian Syarifudin

Abstract


Penelitian ini membahas proses pengembangan media pembelajaran video interaktif kontekstual untuk menulis teks prosedur kelas VII SMP. Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi dengan terbatasnya media pembelajaran menulis teks prosedur yang menarik untuk kelas VII SMP. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media pembelajaran video interaktif kontekstual pada materi menulis teks prosedur kelas VII SMP, (2) mengetahui respons pengguna media pembelajaran video interaktif kontekstual pada materi menulis teks prosedur kelas VII SMP. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Implementasi produk ini dilakukan di kelas VII-9 SMP Negeri 2 Prambon Nganjuk dengan peserta didik 28. Hasil penelitian menunjukkan (1) proses pengembangan media pembelajaran video interaktif kontekstual pada materi menulis teks prosedur kelas VII SMP, dengan mendapat nilai persentase dari ahli materi 72% kategori “praktis” dari ahli desain 96% kategori “sangat praktis” dan ahli bahasa 96% kategori “sangat praktis”. (2) respons pendidik media pembelajaran video interaktif kontekstual pada materi teks prosedur kelas VII SMP memperoleh hasil 96% kategori “sangat praktis” dan respons peserta didik memperoleh hasil 81% kategori “sangat praktis”. Dari keseluruhan uji para ahli dan respons pengguna dapat dinyatakan media praktis dan layak digunakan untuk proses pembelajaran.


Keywords


Media pembelajaran, Video interaktif, kontekstual, teks prosedur.

References


Dalman. 2020. Keterampilan Menulis. Depok: PT Raja Gafindo Persada.

Kadir, Abdul. 2013. Konsep Pembelajaran Kontekstual di Sekolah. Dinamika Ilmu. Vol. 13, No. 3. Diakses pada tanggal 27 Juli 2023.

Niswa, Auliyah. 2012. Pengembangan Bahan Ajar Mendengarkan Berbasis Video Interaktif Bermedia Flash Kelas VII D SMP Negeri Kedamen. Jurnal bahasa dan sastra Indonesia. Vol.01 No. 01. Diakses pada tanggal 27 Juli 2023.

Suryani, dkk. 2019. Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wibawanto, Wardah. 2017. Desain dan Pemograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Jember: Cerdas Ulet Kreatif.




DOI: https://doi.org/10.21107/jell.v2i1.26693

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jeany Putri Indria

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Journal of Educational Language and Literature by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by: