Pengaruh Penggunaan Media Poster Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII MTS Darul Hikmah Mojokerto

Nadia Hasna Hamidah, Afiyah Nur Kayati

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan siswa dalam menulis puisi. Perlu menerapkan media pembelajaran yaitu media poster untuk mengurangi lemahnya kemampuan siswa dalam menulis. Tujuan penelitian yaitu mengetahui pengaruh media poster terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII MTS Darul Hikmah Mojokerto. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif quasi experimental dengan desain nonequivalent control design group. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling purposive. Sampel yang digunakan pada penelitian adalah Penelitian ini menggunakan sampel kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan VIII B sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket, wawancara, dan lembar observasi. Instrumen penelitian dalam penelitian ini adalah tes, angket, wawancara, dan lembar observasi. Uji prasyarat pada penelitian menggunakan uji homogenitas, uji normalitas dan Uji T. Dalam perhitungan uji homogenitas posttest 0,97  1,92 dan uji homogenitas pretest 1,70  1,92 dapat dikategorikan homogen. Pada perhitungan uji normalitas pretest kelas eksperimen 0,093  0,224 dan uji normalitas posttest kelas eksperimen 0,154  0,224. Sedangkan, uji normalitas pretest kelas kontrol 0,105  0,224 dan uji normalitas posttest kelas kontrol 0,153  0,224 dari perhitungan uji normalitas dapat dikategorikan berdistribusi normal. Pada perhitungan Uji T diperoleh Thitung (4,424)  Ttabel (2,042) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil perhitungan uji prasyarat bahwa adanya pengaruh penggunaan media poster dalam keterampilan menulis puisi. Dengan demikian, guru diberikan saran untuk memanfaatkan media poster pada keterampilan menulis puisi.

Full Text:

PDF

References


Adi, Triyo. 2017. Pengaruh Media Lagu Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pejagoan Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi diterbitkan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan: Univeritas Muhammadiyah Purworejo.

Al Ma’ruf, Ali Imron dan Farida Nugrahani. 2017. Pengkajian Sastra Teori dan Aplikasi. Surakarta: CV. Djiwa Amarta Press.

Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Garfindo Persada.

Bunda, Mentari Muliati. 2017. Kemampuan Menulis Puisi Bebas Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Pangsid Kabupaten Sidenreng Rappang. Skripsi diterbitkan. Fakultas Bahasa dan Sastra: Universitas Negeri Makkasar.

Dalman. 2016. Keterampilan Menulis. Depok: PT Rajagrafindo Indonesia.

Daryanto. 2016. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gaya Media.

Elisandra, Fitria dan Alimufi Arief. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Dengan Media Poster Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pemanasan Global. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), Vol 06. No 03 2017 (Online), (jurnalmahasiswa.unesa.ac.id) diakses 26 Mei 2022.

Gaol, Handayani Lumban. 2018. Pengaruh Teknik StoryBoard Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 07 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Skripsi diterbitkan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Hasibuan, Irfan. 2020. Pengaruh Media Gambar Karikatur Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VII SMP 08 Muhammadiyah Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Skripsi diterbitkan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Indrawan, Rully dan Poppy Yaniawati. 2016. Metodologi Penelitian. Bandung: PT. Refika Aditama

Marzuki, lib. 2013. Keterampilan Menulis dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Surabaya: CV ISTANA

Riduwan. 2013. Dasar – Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Sadiman, Arief S, dkk. 2010. Media Pendidikan: Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.

Sari, Tri Purnama. 2020. Penerapan Media Poster Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi Siswa kelas VII SMP Negeri 4 Siak Hulu Kabupaten Kampar Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi diterbitkan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan: Universitas Islam Riau Pekanbaru.

Siregar, Syofian. 2018. Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sudijono, Anas. 2014. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Garfindo Persada.

Sudjana, Nana dan hamad Rivai. 2010. Media Pengajaran. Jakarta: Sinar Baru Algensindo

Sugiyono, 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sundayana, Rostina. 2018. Statistik Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sutama, Made. 2016. Pembelajaran Menulis. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Tarigan, Henry Guntur. 2013. Menulis: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: CV Angkasa.




DOI: https://doi.org/10.21107/jell.v1i1.19389

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Journal of Educational Language and Literature



Creative Commons License

Journal of Educational Language and Literature by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by: