Pengaruh Model Think Talk Write Berbantuan Media Gambar Seri Terhadap Keterampilan Menulis Teks Ekposisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kedungadem Kabupaten Bojonegoro

Devi Novia Andriani, Albitar Septian Syarifudin

Abstract


Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan yang dialami oleh siswa yang masih kesulitan dalam mengungkapkan ide, pokok pikiran, pendapat, informasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Think Talk Write berbantuan media gambar seri terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kedungadem Kabupaten Bojonegoro. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif model eksperimen menggunakan desain Quasi Experimental Design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes awal (pretest), kemudian diberi perlakuan (treatment) dengan menerapkan model Think Talk Write berbantuan media gambar seri dan selanjutnya diberikan tes terakhir (posttest) pada akhir pembelajaran di kelas eksperimen. Hasil penelitian adalah  penerapan model Think Talk Write berbantuan media gambar seri pada keterampilan menulis teks eksposisi bertema lingkungan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kedungadem Kabupaten Bojonegoro, dengan hasil uji hipotesis (uji t) menggunakan taraf signifikan 0,05 diperoleh hasil t-hitung 4,056 > t-tabel 1,67739 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara model Think Talk Write berbantuan media gambar seri dengan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kedungadem Kabupaten Bojonegoro. 

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suhasimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Darmawan, D. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syarifudin, Albitar Septian. 2020. Implementasi Pembelajaran Daring untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Sosial Distancing. Metalingua Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. vol. 5 (1) hlm 31-34.




DOI: https://doi.org/10.21107/jell.v1i1.19388

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Journal of Educational Language and Literature



Creative Commons License

Journal of Educational Language and Literature by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by: