Puzzle Game Development as an Android-Based Edugame Containing Ethnomathematics on Flat Building Materials
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. PT. RAJAGRAFINDO PERSADA. www.rajagrafindo.co.id
Astuningtyas, E. L., Wulandari, A. A., & Farahsanti, I. (2017). Etnomatematika dan pemecahan masalah kombinatorik. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 3(2), 111-118.
Hasriani, H. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Puzzle Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas V SDN 72 Lamurukung Kecamatan Tellu Siattinge Kabupaten Bone (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar).
Prabawati, M. N. (2016). Etnomatematika masyarakat pengrajin anyaman rajapolah kabupaten tasikmalaya. Infinity Journal, 5(1), 25-31.
Qomaria, N., & Wulandari, A. Y. R. (2022). Etnomatematika Madura: Keraton Sumenep sebagai Sumber Belajar Matematika. Indiktika: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 5(1), 76-89.
Ramansyah, W. (2018). Model-Model Pengembangan Media Pembelajaran.
Rohmawati, I., Sudargo, S., & Menarianti, I. (2019). Pengembangan Game Edukasi Tentang Budaya Nusantara “Tanara” Menggunakan Unity 3D Berbasis Android. Jurnal SITECH: Sistem Informasi dan Teknologi, 2(2), 173-184.
Saputra, B., & Herliana, A. (2023). Pengembangan Game Edukasi Matematika Untuk Anak Sekolah Dasar Menggunakan Unity. Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi (JNKTI), 6(3).
Sari, T. A. M., Sholehatun, A. N., Rahma, S. A., & Prasetyo, R. B. (2021). Eksplorasi Etnomatematika pada Seni Batik Madura dalam Pembelajaran Geometri. Journal of Instructional Mathematics, 2(2), 71-77.
Setyosari. (2020). Desain Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Siwi, F., & Puspaningtyas, N. D. (2020). Penerapan Media Pembembelajaran Kognitif Dalam Materi Persamaan Garis Lurus Menggunakan Video di Era 4.0. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(1), 7-10.
Sulistyowati, S., Gunawan, E., & Rusdiana, L. (2022). Aplikasi game edukasi matematika tingkat dasar berbasis android. Jurnal Teknoinfo, 16(1), 107-112.
Tegeh, Imade, dkk.(2014). Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Utomo, N.F., Mutmainah, M. and Mamonto, I.P. (2022) ‘Pengembangan Media Puzzle pada Mata Pelajaran Fikih Materi Sholat Fardu di MTs Al-Inayah Manado’, Jurnal Ilmiah Iqra’, 16(2), p. 213. Available at: https://doi.org/10.30984/jii.v16i2.2096.
Wati, L. L., Mutamainah, A., & Setianingsih, L. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Pada Batik Gedog. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 3(1), 27-34.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Journal of Education and Informatics Research
Pendidikan Informatika
Universitas Trunojoyo Madura
Jl. Raya Telang, Kamal - Bangkalan 69162
jedumatic@trunojoyo.ac.id
Tlp. 085226190457