Puzzle Game Development as an Android-Based Edugame Containing Ethnomathematics on Flat Building Materials

Nurul Komaria, Puji Ningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media game puzzle sebagai edugame berbasis android bermuatan etnomatematika pada materi bangun datar. Penelitian ini dapat membantu guru dan peserta didik dalam memiliki media pembelajaran yang lebih inovatif dan interaktif berkaitan beberapa dengan budaya Madura berupa artefak bangunan bersejarah yang ada di daerah Bangkalan , sehingga siswa belajar menggunakan media game ini untuk memahami materi serta pengetahuan bersejarah dalam proses pembelajaran di kelas. Pada penelitian ini menggunakan metode ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan. Pembuatan game ini berbantuan unity. Kelayakan media game ini dapat ditinjau dari penilaian validasi oleh ahli media serta ahli materi dan soal. Selain itu dalam penelitian ini juga menggunakan angket respon siswa yang terbagi menjadi 3 golongan yaitu perorangan, kelompok kecil, dan kelompok besar yang digunakan untuk mengetahui tanggapan peserta didik dalam penggunakan media game puzzle berbasis android pada saat proses pembelajaran. Hasil penilaian kelayakan media game oleh ahli media pada penelitian ini memperoleh persentase 87% sedangkan ahli materi dan soal memperoleh persentase 92%. Mengenai angket respon siswa yang dilakukan pada uji coba perorangan memperoleh persentase 100%, uji coba kelompok kecil memperoleh sebesar 97% dan uji coba kelompok besar memperoleh persentase 100%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa game puzzle sebagai edugame berbasis android bermuatan etnomatematika pada materi bangun datar dinyatakan layak digunakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. PT. RAJAGRAFINDO PERSADA. www.rajagrafindo.co.id

Astuningtyas, E. L., Wulandari, A. A., & Farahsanti, I. (2017). Etnomatematika dan pemecahan masalah kombinatorik. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 3(2), 111-118.

Hasriani, H. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Puzzle Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas V SDN 72 Lamurukung Kecamatan Tellu Siattinge Kabupaten Bone (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar).

Prabawati, M. N. (2016). Etnomatematika masyarakat pengrajin anyaman rajapolah kabupaten tasikmalaya. Infinity Journal, 5(1), 25-31.

Qomaria, N., & Wulandari, A. Y. R. (2022). Etnomatematika Madura: Keraton Sumenep sebagai Sumber Belajar Matematika. Indiktika: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 5(1), 76-89.

Ramansyah, W. (2018). Model-Model Pengembangan Media Pembelajaran.

Rohmawati, I., Sudargo, S., & Menarianti, I. (2019). Pengembangan Game Edukasi Tentang Budaya Nusantara “Tanara” Menggunakan Unity 3D Berbasis Android. Jurnal SITECH: Sistem Informasi dan Teknologi, 2(2), 173-184.

Saputra, B., & Herliana, A. (2023). Pengembangan Game Edukasi Matematika Untuk Anak Sekolah Dasar Menggunakan Unity. Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi (JNKTI), 6(3).

Sari, T. A. M., Sholehatun, A. N., Rahma, S. A., & Prasetyo, R. B. (2021). Eksplorasi Etnomatematika pada Seni Batik Madura dalam Pembelajaran Geometri. Journal of Instructional Mathematics, 2(2), 71-77.

Setyosari. (2020). Desain Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Siwi, F., & Puspaningtyas, N. D. (2020). Penerapan Media Pembembelajaran Kognitif Dalam Materi Persamaan Garis Lurus Menggunakan Video di Era 4.0. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(1), 7-10.

Sulistyowati, S., Gunawan, E., & Rusdiana, L. (2022). Aplikasi game edukasi matematika tingkat dasar berbasis android. Jurnal Teknoinfo, 16(1), 107-112.

Tegeh, Imade, dkk.(2014). Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Utomo, N.F., Mutmainah, M. and Mamonto, I.P. (2022) ‘Pengembangan Media Puzzle pada Mata Pelajaran Fikih Materi Sholat Fardu di MTs Al-Inayah Manado’, Jurnal Ilmiah Iqra’, 16(2), p. 213. Available at: https://doi.org/10.30984/jii.v16i2.2096.

Wati, L. L., Mutamainah, A., & Setianingsih, L. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Pada Batik Gedog. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 3(1), 27-34.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal of Education and Informatics Research 

Pendidikan Informatika

Universitas Trunojoyo Madura

Jl. Raya Telang, Kamal - Bangkalan 69162

jedumatic@trunojoyo.ac.id

Tlp. 085226190457