Implementasi Permainan Guess The Word Melalui Gambar dan Gerakan Tubuh Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Siswa SD

Deva Recilia Septiani, Yudhi Arifani, Slamet Asari

Abstract


Penelitian ini meneliti tentang implementasi permainan guess the word melalui gambar dan gerakan tubuh dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris siswa SD di SDN 22 Gresik. Penelitian ini memakai metode deskriptif kualitatif dan menggunakan desain studi kasus. Berdasarkan hasil penelitian memaparkan bahwa proses penelitian ini terdiri dari tiga tahap yakni perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Keterampilan berbicara bahasa Inggris peserta didik dapat berkembang dengan baik melalui implementasi permainan guess the word melalui gambar dan gerakan tubuh, hal ini bisa dilihat dengan pengucapan peserta didik yang sudah sesuai dengan harapan. Peserta didik dapat menebak tebakan yang diberikan oleh pendidik. Permainan ini dinilai dapat menambah kosakata peserta didik yangmana berimbas pada kemampuan berbicara bahasa Inggris, dimana peserta didik tampak menyebutkan kosakata yang diperoleh dari gambar yang disediakan. Kosakata peserta didik tanpa disadari meningkat karena dalam pelaksanaannya peserta didik secara tidak sadar menebak dengan kosakata baru yang belum ia ketahui, bahkan terkadang menggabungkan kosakata baru dan kosakata yang dimilikinya. Akan tetapi masih terdapat kekurangan dan kelebihan dalam mengimplementasikan permainan guess the word ini. Adapun kelebihannya yakni penggunaan media gambar dan gerakan tubuh menarik perhatian peserta didik untuk menebak kata dalam bahasa Inggris, sehingga berbicara bahasa Inggris mereka meningkat dengan cepat. Disisi lain kekurangan dalam pengimplementasian permainan ini adalah keterbatasan fasilitas berupa tidak adanya kabel hdmi dan proyektor yang kurang memadai. Dalam hal ini guru menyikapinya dengan mengamati permainan guess the word yang ada dikertas.


Full Text:

PDF

References


Aisyiyah, S., Soegeng, A. & Prima, F., (2020). The Effectiveness of Guessing Word Learning Model Type towards the Elementary Students’ Natural Science Learning Outcomes, International Journal of Elementary Education, 4 (2), 200–207.

Amini, N., & Suyadi, S. (2020). Media Kartu Kata Bergambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Kosakata Anak Usia Dini. PAUDIA :Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 125.

Baxter, P., & Jack, S. 2008. Qualitative case study methodology: study design and implementation for novice researchers. The Qualitative Report, 13 (4), 544-559. http://www.nova.edu/ssss/QR/QR13-4/baxter.pdf.

Harmer, Jeremy. 2007. The Practice of English Language Teaching. Longman ELT; 4th edition

Harti, M. B., Sumarsih, S., & Suprapti, A. (2017). Penerapan Permainan Tebak Kata Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Anak (Penelitian Tindakan Kelas di Kelompok B PAUD Lestari Bengkulu Tengah). Jurnal Ilmiah Potensia, 2(2), 121–125.

Luoma, Sari. (2004). Assessing Speaking. Cambridge: Addison-Wesley Publishing.

Masrum dkk, Learning Design based on Educational Game Guessing Words: Increasing Concentration in Attention Deficit Hyperactivity Disorder Children. (2023). JournaI of Innovation in EducationaI and CuIturaI Research. 4 (1), 10-18.

Muliawan, Ungguh Jasa. (2016). 45 Model Pembelajaran Spektakuler. Yogyakarta: AR-Ruzz Media.

Nation, I.S.P., and Newton, Jonathan. (2009). Teaching ESL/EFL Listening and Speaking. New York: Routledge Taylor&Francis Group.

Tarigan, Henry Guntur. (1981). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Usman, M. (2015). Perkembangan Bahasa dalam Bermain dan Permainan: Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Deepublish Publisher.

VaIIenti gita & Suyadi. (2021). Penerapan Permainan Bahasa Guessing Games Berbasis Powerpoint DaIam Meningkatkan KeterampiIan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 12 (1). 7-18.

Walidin, W., Saifullah, & Tabrani. (2015). Metodologi penelitian kualitatif &

grounded theory. FTK Ar-Raniry Press.

Widyantari, K. N., Putra, M., & Wiarta, I. W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay Berbantuan Media Tebak Kata Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Penelitian dan Review Pendidikan Indonesia, 2 (2), 219–228.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal of Education and Informatics Research 

Pendidikan Informatika

Universitas Trunojoyo Madura

Jl. Raya Telang, Kamal - Bangkalan 69162

jedumatic@trunojoyo.ac.id

Tlp. 085226190457