Pengembangan Media Pembelajaran Berbassis Masalah Menggunakan Articulate Storyline pada Materi TIK di SMKN 1 Tanjungbumi
Abstract
Beragam faktor menyebabkan rendahnya pemahaman peserta didik tentang materi teknologi informasi dan komunikasi, terutama pada materi microsoft excel. Hal tersebut meliputi kurangnya media pembelajaran yang menarik serta minimnya alat yang digunakan untuk melakukan praktik secara langsung. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis masalah pada materi teknologi informasi dan komunikasi dan mengetahui kelayakan serta respon pengguna dengan melibatkan peserta didik di SMKN 1 Tanjungbumi. Model yang digunakan adalah ADDIE (analysis, design, development, implementation, dan evaluation) dengan Hasil dari penelitian ini, media yang telah dikembangkan dilakukan uji kelayakan dengan menggunakan instrumen penelitian berupa angket ahli materi, angket ahli desain, angket ahli media dan angket respon siswa. Hasil perolehan ahli materi mendapat nilai 85%, ahli desain 88%, serta ahli media mendapat hasil 80% dimana hasil ketiganya mendapat kualifikasi tinggi. Selanjutnya dilakukan pengujian terhadap peserta didik dengan uji perorangan mendapat nilai 93% dengan kualifikasi sangat tinggi, uji kelompok kecil mendapat nilai 84% dengan kualifikasi tinggi dan uji kelompok besar mendapat nilai 86% dengan kualifikasi tinggi. Oleh karena itu, media pembelajaran berbasis masalah pada materi teknologi informasi dan komunikasi ini terbukti layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran, berdasarkan hasil uji ahli materi, uji ahli desain, uji ahli media, dan uji coba pada peserta didik.
Full Text:
PDFReferences
Andi Ibrahim, D. (2018). Metodologi Penelitian (I. Ismail (ed.)). Gunadarma Ilmu.
Anisa, I. A. S., & Budiarso, W. (2023). Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Literasi Sains Menggunakan Quiziz Untuk Mengukur Hots Pada Pembelajaran IPA Siswa SMP. 6356.
Harahap, A. I., Musdi, E., Asmar, A., Harahap, A. I., Musdi, E., & Asmar, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Problem Based Learning ( PBL ) Berbantuan Android Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Sosopan. 9(2), 371–383. https://doi.org/10.25273/jems.v9i2.10634
Hasan, M., Malwati, Darojat, Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., Rahmat, A., Masdiana, & Indra, M. (2021). Media Pembelajaran (T. Media (ed.)). Tahta Media Group.
Jampel, I. N., & Sudatha, I. G. W. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. 8, 32–45.
Kurniawan, D. (2020). Pembuatan media pembelajaran dengan Articulate storyline 3.
Kusmadi, C, W. E., Badrudin, I., & Putra, B. L. (2021). INFORMATIKA. https://www.smkn59jkt.sch.id/upload/file/70764605INFORMATIKASMK.pdf
Lamada, M. S., Riska, M., & R, M. F. W. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Aplikasi Construct 2 pada Materi Ekosistem Siswa MTS Tanah Gunung. 6(3), 132–137.
Mertasari, P. S., & Ganing, N. N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Powtoon Berbasis Problem Based Learning pada Materi Ekosistem Muatan IPA Kelas V Sekolah Dasar. 4, 288– 298.
Musthtofa, Wahyono, Asfarian, A., Ramadhan, D. A., Putro, H. P., Wisnubhadra, I., Saputra, B., & Pratiwi, H. (2021). Informatika (M. Falah (ed.)). Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. https://static.buku.kemdikbud.go.id/content/pdf/bukuteks/kurikulum21/Informatika- BS-KLS-X.pdf
Nurbayanti, A. (2022). Modul Ajar Kurikulum Merdeka Informatika (TIK). https://files1.simpkb.id/guruberbagi/rpp/258805-1673345879.pdf
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Journal of Education and Informatics Research
Pendidikan Informatika
Universitas Trunojoyo Madura
Jl. Raya Telang, Kamal - Bangkalan 69162
jedumatic@trunojoyo.ac.id
Tlp. 085226190457